3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P

04-08-2017 16:03:30, Dibaca: 613


Untuk memulai aplikasi ERZ4P anda dapat mengikuti 3 tips jitu yang telah kami susun di bawah ini, berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Data Master Produk
  2. Transaksi Pembelian
  3. Transaksi Penjualan
  4. Contoh Nota / Invoce


Data Master Produk


Pertama membuat data master produk anda dengan cara mengakses menu Data Master > Produk > Buat Satu Data.


 

  • Isilah informasi yang dibutuhkan (informasi yang tidak bertandakan symbol bintang berwarna merah (*) dapat dilewati)
  • Isilah setiap informasi yang dibutuhkan pada tiap-tiap Tab Menu seperti gambar dibawah ini ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )


     
  • Simpan data produk yang telah dibuat dengan mengklik ikon disket disebelah kiri ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )


Transaksi Pembelian


Kedua mencatat pembelian anda agar stok bertambah dengan cara mengakses menu Pembelian > Faktur Pembelian > Buat Baru.

  • Isilah informasi umum pada bagian 1, lalu mengisi daftar Barang / Produk pada bagian 2, setelah itu mengisi bagian pembayaran pada bagian ke 3 ( Lihatlah ilustrasi gambar dibawah ini).


     
  • Untuk memproses transaksi yang telah dibuat anda dapat menyimpannya dengan mengklik ikon disket disebelah kiri ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )



Transaksi Penjualan


Ketiga Buat invoice penjualan agar pendapatan bertambah dan stok berkurang dengan cara mengakses menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat Baru.

  • Isilah informasi umum pada bagian 1, lalu mengisi daftar Barang / Produk pada bagian 2, setelah itu mengisi bagian potongan & uang muka jika transaksi tersebut diberikan potongan atau menggunakan uang muka saat bertransaksi pada bagian ke 3 ( Lihatlah ilustrasi gambar dibawah ini ).


     
  • Simpan dengan mengklik ikon disket disebelah kiri untuk memproses transaksi ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )


     
  • Setelah itu masukkan nominal pembayaran dan tentukan jenis pembayarannya ( ini tidak akan muncul jika penjualan menggunakan termin kredit ) lalu klik ‘Proses’.



    *Note :
    ERZ4P dapat melakukan dua metode pembayaran saat melakukan transaksi penjualan, jadi anda dapat mengisi pembayaran bagian pertama saja jika pelanggan melakukan satu jenis pembayaran. jika pelanggan ingin melakukan dua jenis pembayaran anda dapat mengisi pembayaran pada bagian kedua juga ( Lihatlah ilustrasi gambar diatas )

     
  • Setelah anda mengklik tombol 'Proses' maka akan muncul notifikasi 'Proses Cetak' disini anda dapat memilih fungsi yang disediakan, mulai dari mencetak nota, melihat nota, ataupun menutupnya ( Lihatlah ilustrasi gambar dibawah ini ).



    *Note :
    #Notifikasi 'Proses Cetak' tidak akan muncul jika anda menggunakan termin berupa kredit.

    #Berikut adalah fitur - fitur dari 'lihat Nota' pada gambar diatas :
        -  Kwintansi.
        - Cetak surat jalan.
        - Unduh Nota / Invoice kedalam bentuk Excel
        - Unduh Nota / Invoice kedalam bentuk ‘PDF’.
        - Kirim Nota / Invoice via Email.


    #Jika anda menggunakan Printer Kasir atau Printer Lx maka secara otomatis sistem akan mencetak nota penjualan di ikuti dengan notifikasi seperti dibawah ini setelah menyimpan transaksi.

 

Contoh Nota / Invoice


Contoh hasil print menggunakan Printer Epson TM - U220

    

 

 

Contoh hasil print menggunakan Printer Epson LX Series
berikut barang serta serial number

Contoh hasil print menggunakan Printer Epson LX Series
berikut barang yang jumlahnya 10 item

Contoh hasil print menggunakan Printer Epson LX Series
berikut barang yang lebih dari 10


Sekian tiga tips jitu menggunakan ERZ4P dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.

 

 

 

 

 

 

Tutorial Setting Printer

31-07-2017 - Dibaca: 682 kali.
Untuk melakukan proses mencetak menggunakan Printer Kasir dan Dot Matrix pada ERZAP sebelumnya anda harus menggunakan browser Mozilla Firefox versi 51.0 dan memasang Java pada unit Laptop / Komputer yang anda gunakan yang dimana tujuannya untuk memunculkan Qz Plugin (plugin printer). Qz Plugin akan muncul setiap kali membuka browser dan Qz Plugin harus di jalankan (run) jika tidak maka tampilan dari nota Printer Kasir dan Printer Dot Matrix tidak akan sempurna, dan di tutorial kali ini kami akan membahas bagai mana cara setting Printer di ERZAP.
Baca selengkapnya...

Penghitungan fisik persediaan atau stock dengan modul Stok Opname

08-11-2017 - Dibaca: 109 kali.
Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Di ERZ4P untuk menggunakan modul Stock Opname ini ada  beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain
Baca selengkapnya...

Tutorial Instalasi Driver Printer Ethernet

06-09-2017 - Dibaca: 96 kali.
Memasang driver printer yang menggunakan kabel Ethernet memang berbeda dari yang biasanya, oleh karena itu anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini yang meliputi.
Baca selengkapnya...

Penjualan Dengan Diskon Bertingkat

14-09-2017 - Dibaca: 78 kali.
Penjualan dengan diskon bertingakt biasanya di gunakan pada saat membuat sebuah promo yang dapat di isi pada saat pembuatan invoice / faktur penjualan.
Baca selengkapnya...

Melakukan Proses Multi Outlet Pada ERZAP

10-11-2017 - Dibaca: 86 kali.
Proses multi outlet di ERZ4P meliputi pada bagian - bagian berikut : Melakukan Penjualan Produk, Melihat Grafik Penjualan Produk, Melihat Laba Rugi Penjualan
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com