Penerapan proses KONSINASI Penjualan dan Pembelian pada ERZ4P - Study kasus industri Fashion

30-10-2017 13:32:04, Dibaca: 640




Konsinasi merupakan bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang/produk dengan penyalur (toko). Dimana pemilik produk nanti menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya.
 Untuk melakukan proses konsinasi pada erzap maka ikutilah langkah - langkah berikut ini :

 

Mengambil Barang Konsinasi


Untuk usaha yang akan mengambil barang Konsinasi ke pihak Suplier ataupun ke pihak lain di ERZ4P dapat dilakukan melalui Menu Pembelian, yang dimana perusahaan tidak akan mengeluarkan dana untuk pengambilan barang, tetapi stok akan bertambah sehingga dapat kita kontrol nantinya. dan untuk melakukan pengambilan barang Konsinasi anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut ini : 

  1. Setelah anda masuk ke akun erzap anda, maka akseslah menu Pembelian > Faktur Pembelian > Buat Baru


     
  2. Anda akan diarahkan ke halaman 'Pencatatan transaksi pembelian', lalu isilah informasi yang diperlukan, pada bagian termin pilih lah termin 'Konsinasi', kemudian pada bagian 'Daftar Barang' isilah nama produk yang sesuai, tak lupa menentukan jumlah, dan harga satuan.

  3. Jika dirasa sudah dilengkapi informasi beserta dengan data yang diperlukan maka simpanlah transaksi tersebut dengan cara mengklik ikon disket pada bagian kiri / atas layar (atau bisa juga dengan menekan tombol 'f2' yang berarti simpan).



     
  4. Setelahnya ERZ4P akan menampilan invoice pembelian dengan versinya, dan disini anda dapat mencetak, mengunduh (download) dalam format PDF, maupun melampirkannya sebagai email dengan cara memanfaatkan ikon ikon pada sebelah kiri / atas seperti yang kami tandai dibawah ini.


     
  5. Untuk melihat data konsinasi atau data pembelian yang anda sudah anda buat sebelumnya maka anda dapat mengaksesah menu Pembelian > faktur pembelian > Manajemen data.


     
  6. Pilih 'No Faktur' yang di inginkan lalu klik lihat, edit, maupun klik no fakturnya untuk menampilkan invoice langsung.

Penjualan konsinasi Ke Pelanggan


Untuk memberikan barang Konsinasi kepada seseorang ataupun ke partner bisnis anda dapat melakukannya pada menu penjualan di ERZ4P, berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. akseslah menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat baru


     
  2. Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman 'Pencacatan Transaksi Penjualan' kemudian inputkanlah informasi yang dibutuhkan, mulai dari pemilihan outlet, gudang, dan lainnya. jangan lupa untuk memilih termin 'Konsinasi', pilih juga pelanggan yang akan bertransaksi. Pada tabel 'Daftar Barang' pilihlah barang yang ingin di konsinasikan contoh pada digambar yaitu baju setelah itu tentukan jumlahnya.


     
  3. Jika dirasa sudah dilengkapi informasi beserta dengan data yang diperlukan maka simpanlah transaksi tersebut dengan cara mengklik ikon disket pada bagian kiri / atas layar (atau bisa juga dengan menekan tombol 'f2' yang berarti simpan).




     
  4. Setelah transaksi tersimpan maka akan tampil jendela baru yaitu 'Konfirmasi Penjualan Piutang', lalu klik proses. Dan setelahnya akan kembali pop up baru dengan judul 'Proses Cetak'. anda dapat mencetak invoice transaksi tersebut ataupun ingin melihatnya dengan mengkil 'Lihat Nota'


 

Melihat Konsinasi


Untuk melihat barang - barang konsinasi di ERZ4P dapat dilakukan dengan dua cara :

 

A. Dengan Menu Inventory

  1. Akseslah menu inventory > Lihat Stock


     
  2. Pada halaman 'Lihat Stok' gunakanlah kolom 'Pencarian' pada sebelah kanan panel, dan inputkan nama barang yang di konsinasikan dengan Suplier ataupun dengan Pelanggan. Jika dirasa sudah pas maka klik tombol 'Filter' atau anda dapat mengklik ikon dengan gambar kaca pembesar pada bagian sebelah kiri / atas.




     
  3. Jika produk yang dimaksudkan telah ditampilkan maka anda dapat melihat pada bagian 'Total Stok' dan disana telah diberikan informasi barang stok maupun barang yang berstatus konsinasi.

 

B. Dengan Menu Pelanggan

Melihat barang menggunakan modul Pelanggan berguna untuk melihat barang yang telah di konsinasikan kepada pelanggan dan berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Akseslah menu Pelanggan  > Manajemen Data  


     
  2. Kemudian pada menu daftar pelanggan carilah data pelanggan yang dimaksudkan menggunakan kolom 'Pencarian' di sebelah kanan, lalu klik tombol 'Filter' atau anda dapat mengklik ikon kaca pembesar yang terletak pada sebelah kiri / atas.



     
  3. Jika data yang anda inputkan telah ditampilkan maka klik 'Lihat', seperti gambar dibawah ini.


     
  4. Pada halaman 'Menampilkan Data Pelanggan' pergilah ke tab 'Konsinasi', dan disana akan ditampilkan informasi barang konsinasi berdasarkan pelanggan.


C. Dengan Menu Penjualan


Untuk melihat konsinasi anda juga bisa melihat melalui modul penjualan, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Akseslah menu Penjualan > Laporan > Laporan Rekap Konsinasi Penjualan. 

     
  2. Berikut ini tampilan awal dari halaman laporan rekap konsinasi penjualan.


     
  3. Pada bagian pojok kanan untuk melihat laporan konsinasi anda bisa melakukan pencarian laporan konsinasi sesuai dengan yang anda inginkan, dengan cara mengimputkan 'Nama Pelanggan' kemudian tentukan 'Outlet Penjualan' dan 'Gudang' setelah itu tekan/klik tombol 'Filter' yang sudah ditandai garis merah.


     
  4. Berikut ini contoh hasil laporan rekap konsinasi penjualan. 


Sekian tutorial 'Penerapan proses KONSINASI Penjualan dan Pembelian Pada Industri Fashion' dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


 

Tutorial Setting Printer EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310

15-12-2017 - Dibaca: 3759 kali.
Print Nota / Invoice di erzap bisa dilakukan, namun perlu beberapa settingan untuk mengatur ukuran kertas, dan berikut adalah tutorial yang membahas Setting Printer EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310 .
Baca selengkapnya...

MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK

24-01-2018 - Dibaca: 91 kali.
Memuat daftar barang yang akan digunakan dalam proses produksi. anda bisa memberikan informasi detil mengenai jenis bahan dan kuantitas yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah produk yang harus diproduksi pada surat order produksi.
Baca selengkapnya...

Sinkronisasi Produk antara ERZ4P dengan Online Web Store

27-01-2018 - Dibaca: 113 kali.
Sinkronisasi Produk antara ERZ4P dengan Online Web Store
Baca selengkapnya...

Melihat Laporan Buku Besar

12-01-2018 - Dibaca: 350 kali.
Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan akun yang ada dalam laporan keuangan. Buku ini mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing akun. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan ke Buku Besar secara berkala.
Baca selengkapnya...

Mengatur Hutang & Piutang

12-01-2018 - Dibaca: 55 kali.
Hutang adalah sesuatu yang dipinjam oleh seseorang atau badan usaha yang biasanya berbentuk materi, uang ataupun jasa.
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com