Penghitungan fisik persediaan atau stock dengan modul Stok Opname

08-11-2017 13:50:16, Dibaca: 110




Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Di ERZ4P untuk menggunakan modul Stock Opname ini ada  beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain :

 

Buat Formulir Stock Opname


Langkah pertama untuk melakukan Stock Opname yaitu anda terlebih dahulu harus membuat formulir stock opname, dan berikut adalah langkah - langkahnya :
 

  1. Setelah anda masuk ke akun erzap anda, kemudian akseslah menu Inventory > Stock Opnam > Buat Formulir SO


     
  2. Lalu, isilah informasi yang di butuhkan mulai dari gudang, grup, kategori, dan merk, kemudian bila anda ingin menghitung barang yang hanya memiliki stok saja pada gudang tersebut maka tandailah bagian 'Hanya yang memiliki stok di gudang'.



    Jika dirasa semua pengaturan telah lengkap, maka klik ikon cari (kaca pembesar) disebelah kiri untuk menampilkan list produk pada bagian 'Daftar Barang',



    Setelah itu jangan lupa untuk klik icon save yang berada di sebelah kiri yang sudah diberi tanda



     
  3. Dengan menyimpan hasil dari 'Pembuatan Formulir SO' maka setelahnya akan muncul formulir stok opname dari daftar produk, dengan begitu anda dapat mencetaknya dan hasil cetak tersebut kemudian diserahkan kepada pihak yang akan menghitung barang secara fisik.

 

Pengisian Hasil Stock Opname


Setelah anda melakukan pengisian formulir secara fisik maka langkah selanjutnya yaitu menginputkan data tersebut ke sistem, dengan menggunakan menu 'Pengisian Hasil SO'. berikut langkah - langkahnya :

  1. Akseslah menu inventory > Stock opnam > Pengisian Hasil (so)


     
  2. Anda akan diarahkan ke menu 'Daftar form stock opnam', menu ini menampilkan data - data formulir SO yang belum diproses. Pilihlah data yang anda buat sebelumnya lalu klik 'Proses'. Contoh seperti gambar di bawah ini


     
  3. Setelah itu, isilah informasi yang dibutuhkan seperti pelaksana dan tanggal pelaksanaan pada bagian atas, lalu berlanjut dengan menginputkan 'Stok Aktual' (stok yang telah dihitung secara fisik) pada bagian 'Daftar Barang'. 



    pada list 'Daftar Barang' ini sistem akan menampilkan 100 list data kebawah, maka jika data SO tersebut ada ribuan data, ERZ4P akan menampilkan 100 data per 1 halaman, jika anda menyelesaikan 1 halaman klik simpan sementara dengan ikon dua buah disket disebelah kiri.



    dan jika semua data telah terinput di setiap halaman maka klik simpan dengan ikon sebuah disket pada bagian sebelah kiri. 

     
  4. Jika sudah melakukan proses 'Simpan' pada modul 'Pengisian Hasil SO', maka akan muncul kembali formulir baru yaitu formulir 'Koreksi Stok Opnam'. Pada Formulir Koreksi Stok Opnam ini sistem akan menampilkan perbedaan data stok antara kenyataan hasil hitung dan stok di sistem, lalu untuk stok yang tepat jumlah hitungannya antara kenyataan dan hasil hitung tidak akan ditampilkan pada formulir ini, kemudian cetaklah hasil dari formulir itu, agar dapat diserahkan kepada pihak yang akan menghitung ulang kembali, guna untuk memastikan stok pada kenyataan.

 

Koreksi Hasil Stock Opnam


Tahap akhir dalam melakukan Stok Opnam pada ERZ4P yaitu 'Koreksi Hasil SO' karena pada tahap ini sistem benar - benar akan merubah stok pada sistem, jadi user diharapkan telah teliti dalam mencari tau produk tersebut jika ada perbedaan stok. Berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Akseslah menu inventory > Stock Opnam > Koreksi Stock Opnam


     
  2. Setelah itu anda akan diarahkan kehalaman 'Daftar form Stock Opnam' lalu pilihlah data yang sesuai kemudian klik 'proses', dan bila ada banyak data pada menu ini sehingga anda tidak dapat menenukan hasil yang diinginkan, anda dapat mencarinya dengan menggunakan tabel pencarian pada bagian kanan, seperti gambar dibawah ini


     
  3. Kemudian isilah informasi yang dibutuhkan seperti pengkoreksi dan tanggal koreksi, kemudian isilah jumlah koreksi pada tabel 'Daftar barang' untuk menentukan jumlah barang yang akan dicatat oleh sistem. Lalu klik simpan dengan ikon disket disebelah kiri seperti yang kami tandai apabila anda sudah selesai mengisi semuanya.



    *NOTE : Apabila dalam satu barang terdapat dua list jumlah koreksi, artinya barang tersebut memiliki lebih dari satu suplier yang memiliki harga modal yang berbeda, sehingga masukanlah stok tersebut sesuai dengan suplier yang diinginkan.

     
  4. Sehingga akan muncul formulir yang menampilkan informasi 'Hasil SO, Stok pada Sistem, dan produk yang telah di Koreksi'. Apabila anda ingin mengunduhnya anda bisa klik icon pdf yang berada di sebelah kiri

 

Melihat Hasil Formulir Stock Opnam


Langkah  -  langkah yang anda lakukan sebelumnya semua tercatat pada ERZ4P, dan hasil tersebut dapat ditampilkan pada modul 'Manajemen Data'. untuk mengakses menu tersebut ikutilah langkah - langkah berikut ini :

  1. Akseslah menu Inventory > Stock Opnam > Manajemen Data


     
  2. Anda akan diarahkan ke 'Daftar Form Stock Opnam' dan pada menu ini anda dapat melihat data - data yang telah dibuat. Dibagian kolom 'Formulir' andapun dapat mengkliknya untuk menampilkan formulir yang telah dibuat sehingga anda dapat mencetak dan mengunduh kedalam format pdf. Jika terdapat banyak list sehingga anda tidak menemukannya, anda dapat memanfaatkan kolom pencarian yang berada di sebelah kanan tabel.


     
  3. Berikut adalah hasil salah satu form yang telah di klik pada menu manajemen data, yaitu 'Formulir Daftar Perbedaan Stok Opnam'

 


Sekian tutorial "Penghitungan fisik persediaan atau stock dengan modul Stok Opname" dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Catering - Solusi Bahan dan Menu tanpa Stok

24-10-2017 - Dibaca: 204 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri Catering yang dimana user dapat menjual menu tanpa menggunakan stok serta dapat mencatat pembelian bahan ke Suplier.
Baca selengkapnya...

Tutorial Setting Printer

31-07-2017 - Dibaca: 683 kali.
Untuk melakukan proses mencetak menggunakan Printer Kasir dan Dot Matrix pada ERZAP sebelumnya anda harus menggunakan browser Mozilla Firefox versi 51.0 dan memasang Java pada unit Laptop / Komputer yang anda gunakan yang dimana tujuannya untuk memunculkan Qz Plugin (plugin printer). Qz Plugin akan muncul setiap kali membuka browser dan Qz Plugin harus di jalankan (run) jika tidak maka tampilan dari nota Printer Kasir dan Printer Dot Matrix tidak akan sempurna, dan di tutorial kali ini kami akan membahas bagai mana cara setting Printer di ERZAP.
Baca selengkapnya...

3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P

04-08-2017 - Dibaca: 613 kali.
3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P. 1. Buat data master produk anda dengan cara mengakses menu Data Master > Produk > Buat Satu Data.
Baca selengkapnya...

Upload / Export Data Produk ke ERZ4P

11-10-2017 - Dibaca: 111 kali.
Dengan mengupload data pada ERZ4P user akan dapat lebih mudah dalam mengedit data dengan jumlah banyak sekaligus secara mudah karena menggunakan aplikasi Microsoft Excel, userpun dapat memperbaiki data - data dengan barcode yang sama menggunakan fitur ini, jadi selama barcode maupun kode referensi yang di inputkan sama di Microsoft Excel maka ERZ4P akan otomatis memperbaharui data sesuai dengan apa yang di inputkan pada file Excel, untuk memulai menggunakan fitur ini maka anda dapat mengikuti tutorial dibawah
Baca selengkapnya...

PENGATURAN HAK AKSES

02-10-2017 - Dibaca: 216 kali.
Tipe user adalah kumpulan - kumpulan dari hak akses yang diberikan maupun tidak, sehingga 'Tipe User' ini nantinya akan muncul pada bagian edit user di manajemen data user, dengan adanya tipe user maka kita akan dipermudah dalam memberikan hak akses yang sesuai dengan bidangnya kepada user baru kedepannya : 1. Akseslah menu Akunting > User > Tipe User
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com