Tutorial Setting Printer Cetak Invoice Manual

15-12-2017 15:51:22, Dibaca: 165



Print Nota / Invoice di erzap tanpa Java bisa dilakukan, namun perlu beberapa settingan untuk mengatur ukuran kertas, dan berikut adalah tutorial yang membahas Setting Printer tanpa Java.

 


Setting Printer Dot Matrix Series


Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mengatur ukuran kertas Driver Printer Dot Matrix yang berada pada 'Control Panel' komputer anda, dan berikut adalah langkah - langkahnya.

  1. Bukalah 'Control Panel' pada Komputer anda kemudian akseslah 'Hardware and Sound' lalu klik 'Device and Printer'.


     
  2. Klik kanan pada printer lalu pilih 'Printer Preferences'.


     
  3. Pergilah ke bagian 'User Defined Paper' lalu buat baru nama dari pengaturan kertas yang di inginkan pada bagian 'New Name' sebagai contoh kami menggunakan nama profile 'Faktur A5' setelah itu atur ukuran kertas menjadi 'Width 25.67' dan 'Height 13.97' kemudian klik 'Save' seperti dibagian yang telah ditandai untuk menyimpan pengaturan tersebut lalu klik 'OK'


     
  4. Setelah pembuatan profile pengaturan kertas kini saatnya untuk menerapkannya ke beberapa bagian. Bukalah kembali 'Printer Preferences' dengan cara yang sama dengan langkah sebelumnya, lalu pada bagian 'Layout' klik 'Advanced'



    Pilih Profile pengaturan kertas yang telah anda buat sebelumnya pada bagian 'Paper Size' sebagai contoh kami memilih 'Faktur A5' untuk pengaturan kertas yang telah kami buat kemudian klik 'OK'.



    dan ketika anda diarahkan kembali ke 'Printer Preferences' lalu klik 'OK' sekali lagi

     
  5. Atur juga pada bagian 'Device Setting' dengan cara Klik kanan pada Printer yang sama lalu pilih 'Printer Properties'. Kemudian pergilah ke bagian 'Device Setting' kemudian pilihlah profile yang telah anda buat sebelumnya pada bagian 'Manual Feed' sebagai contoh kami memilih 'Faktur A5' yang telah kami buat, setelah itu klik 'OK'.


     
  6. Ketika semua pengaturan pada driver telah di tentukan, maka selanjutnya aturlah posisi sandaran kertas pada printer Lx menjadi seperti gambar dibawah ini.



    ( Posisi No. 1 sepenuhnya ke kanan, posisi No. 2 mengikuti agar kertas sesuai )
     
  7. Selesai.

Setting Printer POS Kasir


Untuk Printer berjenis ini, anda hanya cukup melakukan instalasi Driver tanpa harus melakukan settingan kertas.

 


Mencetak pada Printer Dot Matrix


Jika semua langkah telah dilakukan maka kini saatnya melakukan testing untuk memastikan pengaturan Printer berjalan, dan alangkah baiknya anda menggunakan browser 'Mozilla Firefox' dengan versi berapa pun agar hasil cetak berjalan baik. Berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Loginlah ke akun ERZ4P anda
  2. Carilah data Penjualan / Pembelian untuk dicetak invoicenya kembali untuk melakukan testing. Sebagai contoh kami menggunakan data Invoice 'Penjualan', dan ketika anda telah berada pada halaman 'Invoice' klik tombol 'Print Struk A5'.


     
  3. Pada tahap selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman Nota A5 ERZ4P, dan pada halaman ini klik tombol 'Print' kembali.


     
  4. Setelah itu akan muncul jendela baru yaitu jendela print, pada panel ini pilihlah printer Lx yang sesuai dengan nama printer anda di 'Control Panel' pada bagian yang telah kami tandai dengan warna merah, kemudian klik 'OK' untuk mencetak Invoice / Nota.

  5. Selesai.

Mencetak pada Printer POS Kasir


Berikut adalah langkah - langkah tutorial Proses cetak menggunakan printer POS Kasir. dan kami sarankan agar anda menggunakan browser 'Mozilla Firefox' dengan versi berapapun untuk hasil yang lebih baik.

  1. Loginlah ke akun ERZ4P anda
  2. Carilah data Penjualan / Pembelian untuk dicetak invoicenya kembali untuk melakukan testing. Sebagai contoh kami menggunakan data Invoice 'Penjualan', dan ketika anda telah berada pada halaman 'Invoice' klik tombol 'Print'.

  3. Jendela 'Proses Cetak' akan muncul dengan tiga pilihan cetak, pada tahap ini pilihlah 'Print Nota A4'.


     
  4. Setelah itu akan muncul jendela baru yaitu jendela print, pada panel ini pilihlah printer POS Kasir yang sesuai dengan nama printer anda di 'Control Panel' pada bagian yang telah kami tandai dengan warna merah, kemudian klik 'OK' untuk mencetak Invoice / Nota.


     
  5. Selesai.

Sekian tutorial "Setting Printer tanpa Java" dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


Fungsi Aktifitas Produk ERZ4P

12-10-2017 - Dibaca: 152 kali.
Fungsi dari aktifitas produk adalah untuk melihat histori dari produk sedari awal produk tersebut masuk hingga ke stok terkini, wecara detail dan terperinci.
Baca selengkapnya...

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Catering - Solusi Bahan dan Menu tanpa Stok

24-10-2017 - Dibaca: 274 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri Catering yang dimana user dapat menjual menu tanpa menggunakan stok serta dapat mencatat pembelian bahan ke Suplier.
Baca selengkapnya...

3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P

04-08-2017 - Dibaca: 909 kali.
3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P. 1. Buat data master produk anda dengan cara mengakses menu Data Master > Produk > Buat Satu Data.
Baca selengkapnya...

Penerapan proses KONSINASI Penjualan dan Pembelian pada ERZ4P - Study kasus industri Fashion

30-10-2017 - Dibaca: 242 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri fashion yang dimana user dapat melakukan sistem konsinasi pada penjualan
Baca selengkapnya...

Mentransfer Dana Antar Kas Dan Bank

25-10-2017 - Dibaca: 21 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada transfer dana dari kas ke bank dengan menggunakan fitur transaksi kas yang terdapat pada menu.
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com