Solusi Pencatatan Keuangan yang Cepat. Lengkap dan Akurat untuk Bisnis Anda

24-12-2021 16:21:41, Dibaca: 1652

 SOLUSI PENCATATAN KEUANGAN YANG CEPAT, LENGKAP DAN AKURAT UNTUK BISNIS ANDA

Pencatatan Keuangan

Pencatatan Keuangan merupakan hal yang penting dalam suatu bisnis. Diperlukan ketelitian dalam mengerjakan sebuah laporan keuangan karena dari catatan tersebutlah pemilik usaha menentukan kebijakan apa yang harus diambil selanjutnya dan nantinya berguna bagi perkembangan usaha. 3 hal yang biasa menjadi masalah dalam pencatatan keuangan adalah sebagai berikut.

1.    Hilangnya bukti transaksi

Bukti transaksi yang dimaksud mencakup kuitansi, faktur/invoice, surat perjanjian, dan dokumen lainnya yang memuat transaksi internal maupun eskternal. Hilangnya bukti transaksi ini sangat berdampak bagi pencatatan keuangan, tanpa adanya bukti transaksi akan sulit memvalidasi akun yang dicatat sehingga memungkinkan adanya transaksi fiktif. Selain dampak negatif tadi, kehilangan bukti transaksi juga akan mempersulit proses audit bisnis Anda.

2.    Kesalahan dalam Mencatat

Ketika laporan keuangan dibuat secara manual, mungkin saja ada kesalahan entri seperti mencatat akun debit sebagai kredit dan sebaliknya. Alhasil, total antara debit dan kredit menjadi tidak seimbang dan nantinya akan berimbas pada kesalahan ketiga, yakni kesalahan perhitungan. Kesalahan lain yang masih berhubungan dengan pencatatan adalah penulisan nominal dan kekeliruan basis akuntansi yang digunakan (akrual dan kas).

3.    Kesalahan Perhitungan

Jika pembukuan atau akuntansi masih menggunakan cara tradisional dengan perhitungan manual, kesalahan perhitungan akan menghambat proses pencatatan keuangan tiap periode karena semua akun harus diteliti dan dihitung kembali dari awal. Kesalahan ini dapat diminimalisir dengan bantuan sistem akunting yang dapat secara otomatis mengubah angka total jika ada nominal akun yang diganti.

Baca juga Stop Gunakan Mesin Kasir, Mulailah Beralih ke Software POS

Solusi atas Kesalahan Pencatatan Keuangan

Pernahkah Anda mengalami masalah yang sama dalam proses pencatatan keuangan bisnis Anda? Jika belum pernah, tidak ada salahnya mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi dengan software Akuntansi. Namun, jika Anda pernah mengalami kendala di atas dan butuh sistem yang dapat membantu Anda mengelola seluruh manajemen bisnis Anda, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan software ERP.

Software ERP ERZAP sudah terintegrasi dengan sistem akunting otomatis yang sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Akun-akun yang ada dalam sistem Akunting ERZAP antara lain Laporan Neraca; Laporan Laba Rugi; Laporan Buku Besar; Transaksi Kas; Beban; Hutang dan Piutang; Penarikan Prive; Jurnal Umum; Aset; Gaji Pegawai; Kasbon Pegawai; PPN dan PPh.

ERZAP tidak hanya membantu Anda dalam mencatat keuangan Anda, tetapi juga mempermudah Anda dalam mendata hal-hal lain karena ERZAP memiliki sistem POS (Point of Sale), Absensi Pegawai, CRM (Customer Relationship Management), dan masih banyak sistem lainnya. Apabila Anda butuh bantuan dalam menggunakan sistem ERZAP, Anda dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera di situs web kami.

 

Daftar ERZAP sekarang untuk pencatatan keuangan yang lebih terstruktur dengan klik tombol berikut ini!
Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Pengelolaan & Pembelian Aset pada ERZAP

03-05-2019 - Dibaca: 7710 kali.
Pada update terbaru ini Erzap memiliki Fitur Modul Aset, dimana dengan fitur ini anda dapat mengelola Aset, terutama Aset Tetap, pada Usaha anda.
Baca selengkapnya...

Cara Setting Customer Display IMIN D3 D4

17-12-2021 - Dibaca: 2424 kali.
Lakukan Settingan berikut ini pada Device Imin anda untuk mengoptimalkan Customer Display, terutama jika terjadi masalah atau bugs saat Display ditampilkan
Baca selengkapnya...

Tutorial Proses PO dengan Fitur Penerimaan Barang PO

30-01-2023 - Dibaca: 1753 kali.
proses PO dengan fitur baru Erzap yaitu Fitur Penerimaan Barang PO
Baca selengkapnya...

Penarikan Prive pada Erzap

03-08-2020 - Dibaca: 3985 kali.
Prive adalah pengambilan dana dari owner/investor dari perusahaan yang mereka miliki/invest yang akan digunakan untuk kebutuhan pribadi. Penarikan Prive ini akan mengakibatkan pengurangan pada nilai Modal Awal Erzap dengan Modul Pembukuannya, mendukung pencatatan Penarikan Prive. Pada Tutorial kali ini akan membahas cara menginputkan transaksi Penarikan Prive
Baca selengkapnya...

Tutorial Implementasi Logo Pada Struk POS Android

09-12-2022 - Dibaca: 1795 kali.
Erzap terus berinovasi mengembangkan berbagai fitur yang dapat memperkuat bisnis Anda. Salah satunya adalah fitur implementasi logo pada struk yang akan memperkuat promosi brand Anda dan disaat yang bersamaan memberikan tampilan yang profesional untuk citra bisnis Anda.
Baca selengkapnya...

Solusi Pencatatan Keuangan yang Cepat. Lengkap dan Akurat untuk Bisnis Anda - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Sistem Akunting, Software ERP, Pembukuan Online, Akunting Online, Software Akunting, Sistem Akunting ERZAP

Ingin tahu solusi pencatatan keuangan yang efisien dan efektif? Simak artikel ini!