Kenali Jenis-jenis Promosi Ini agar Bisnis Anda semakin dikenal!

05-03-2022 10:51:36, Dibaca: 3341

KENALI JENIS-JENIS PROMOSI INI AGAR BISNIS ANDA SEMAKIN DIKENAL

Apa itu Promosi dan Mengapa Promosi Penting?

Melansir Kompas.com, promosi adalah kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness terutama pada merek baru. Promosi yang tepat dapat menarik minat calon konsumen dan memperkuat branding dari sebuah merek.

Apa saja Jenis-Jenis Promosi?

5 Jenis Promosi atau Promotion Mix menurut Kotler dan Keller adalah sebagai berikut.

1.    Advertising

Iklan adalah salah satu jenis promosi yang paling banyak digunakan baik iklan melalui media cetak maupun digital. Saat ini iklan di media digital tidak hanya terbatas pada TV saja, tetapi juga media sosial. Contohnya Faceboook ads, Insagram ads, Youtube, Tiktok dan Google ads. Dengan advertising, Anda dapat berkreasi untuk menentukan tipe iklan dan grafis seperti apa yang ingin Anda tampilkan. Visual menjadi aspek penting dalam iklan jenis ini, karena jika tampilan iklan Anda kurang menarik akan membuat konsumen berpaling dari iklan Anda.

2.    Direct Marketing

Direct Marketing ialah pemasaran yang dilakukan secara langsung terhadap calon konsumen maupun konsumen tetap. Direct Marketing dapat dilakukan melalui e-mail, SMS blast, dan memberikan katalog atau brosur langsung. Keuntungan dari jenis promosi ini adalah lebih mudah menjangkau pelanggan dan sifatnya personal. Kekurangannya, bagi penerima pesan yang merasa terganggu akan menganggap pesan Anda sebagai spam.

3.    Personal Selling

Personal selling sesuai namanya adalah jenis promosi yang sifatnya personal. Alasannya, sales Anda yang akan mengkomunikasikan produk secara langsung kepada konsumen tertentu. Personal selling memiliki beberapa manfaat, antara lain konsumen menjadi lebih paham tentang produk, dapat membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen, dan Anda juga akan memperoleh feedback langsung dari konsumen yang berguna untuk inovasi produk ke depannya. Namun, produk Anda harus dipastikan dapat memberikan solusi bagi konsumen tersebut agar lebih mudah meyakinkan calon konsumen untuk melakukan pembelian. Contoh personal selling adalah penjualan door-to-door, seperti yang pernah dilakukan almarhum Bob Sadino saat pertama kali berjualan telur ayam. 

4.    Public Relations

Promosi dengan Public Relation berfungsi untuk meningkatkan dan memperkuat brand awareness, brand image serta produk tertentu melalui publisitas. Misalnya dengan menjadi sponsor acara seminar, mengadakan acara khusus, dan bekerja sama dengan brand lain. Namun, akan sulit untuk menjaring konsumen karena kurangnya kontrol terhadap media yang menjadi partnership.

Baca juga: MUDAH KELOLA BISNIS DENGAN SISTEM ERP

5    Sales Promotion

Jenis promosi ini biasanya dilakukan untuk mendongkrak penjualan dengan penawaran produk promosi pada periode tertentu. Contoh dari promosi ini adalah

  • Beli 2 gratis 1,
  • Beli sejumlah X mendapatkan Diskon Y,
  • Bonus pembelian,
  • Poin pelanggan,
  • Dan rewards lainnya.

Anda dapat menggunakan Fitur promosi ERZAP untuk mengimplementasikan sales promotion pada bisnis Anda. Fitur tersebut dapat membantu Anda mengatur program promosi secara otomatis sesuai waktu dan ketentuan yang diatur pada bagian setting, terutama untuk program promosi jangka panjang. Anda dapat mengatur seluruh jenis promosi sales promotion di back office ERZAP kemudian promo yang telah Anda atur tersebut akan aktif secara otomatis di mesin POS ERZAP baik Pos Android maupun Web.

Selain itu, Anda juga dapat mengelola CRM seperti poin pelanggan dan program loyalitas lainnya dengan modul CRM ERZAP. Ketika pelanggan melakukan transaksi di toko Anda, poin mereka akan tertera di nota pembelian. Poin pelanggan tersebut dapat dikonversikan menjadi rupiah atau ditukar dengan produk, disesuaikan kembali dengan ketentuan di toko Anda. Penjelasan mengenai fitur ini secara lebih lengkap dapat Anda temukan di sini. Manfaatnya, sistem ini akan memacu pelanggan untuk mengumpulkan poin dan menjadi pelanggan tetap. Dengan fitur promosi dan CRM ERZAP, Anda atau kasir Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menghitung diskon, penjualan, dan transaksi promosi lainnya secara manual. 

Fitur Promosi ERZAP, Mudah dan Praktis

 

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Tutorial Hutang Beban Erzap ERP

27-03-2024 - Dibaca: 1283 kali.
Fitur Hutang Beban memungkinkan pengguna untuk mencatat transaksi hutang yang bukan berasal dari transaksi pembelian dan bersifat beban, tanpa menambah nilai kas atau bank secara langsung. Dengan fitur Hutang Beban Erzap ERP, pengguna memiliki kemampuan untuk mencatat dan mengelola transaksi hutang yang bukan berasal dari pembelian barang atau jasa, namun merupakan beban bagi perusahaan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memantau dan mengelola kewajiban keuangan perusahaan Anda dengan lebih efisien
Baca selengkapnya...

5 Kesalahan Penggunaan ERP yang Sering Terjadi

14-01-2022 - Dibaca: 2425 kali.
Sedang mempertimbangkan sistem ERP? Simak artikel ini agar Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan penggunaan ERP yang sering terjadi.
Baca selengkapnya...

Tutorial Penggunaan Sistem Multi Kasir pada ERZAP

21-09-2018 - Dibaca: 7963 kali.
Kini Erzap dapat mengelola kasir dalam jumlah banyak (multi-kasir) simak artikel berikut untuk tutorialnya
Baca selengkapnya...

Sudah Tahu 7 Jenis Komisi Sales Ini? Ayo, Cari Tahu Lebih Lanjut di sini!

28-08-2022 - Dibaca: 4710 kali.
Bingung menentukan komisi untuk sales? Ini dia 7 jenis komisi sales yang dapat Anda pilih!
Baca selengkapnya...

Mudah dan Cepat Buat Laporan Keuangan sebelum Tahun Baru Tiba!

24-12-2022 - Dibaca: 1080 kali.
Tahun 2022 sudah hampir berakhir! Sudahkah Anda menyiapkan laporan keuangan?
Baca selengkapnya...

Kenali Jenis-jenis Promosi Ini agar Bisnis Anda semakin dikenal! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Promosi, Sistem ERP, Software ERP, Promosi ERP, Jenis Promosi, CRM, pelanggan, loyalitas pelanggan, program loyalitas, loyalty program

Anda sedang menentukan promosi untuk toko Anda? Simak jenis-jenis promosi berikut agar Anda tidak salah pilih.