5 Ide Bisnis di Bulan Puasa

03-04-2022 14:53:30, Dibaca: 1274

5 IDE BISNIS DI BULAN PUASA

Bulan Ramadhan Sudah Tiba

Pada saat bulan Ramadhan, perubahan gaya hidup kebanyakan masyarakat berubah. Seiring dengan perubahan gaya hidup tersebut, terdapat beberapa kebutuhan yang turut meningkat sehingga masyarakat menjadi lebih konsumtif. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan pendapatan Anda. Berikut ini 5 ide bisnis yang dapat Anda coba!

1. Bisnis Kuliner

Ada berbagai macam makanan yang biasanya disajikan selama bulan Ramadhan. Namun, beberapa orang mungkin memiliki kesibukan, terlebih untuk persiapan lebaran sehingga tidak sempat memasak. Oleh karena itu, Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Ada banyak sekali resep dan cara memasak yang dapat Anda temukan di internet. Berikut ini ide bisnis di bidang kuliner yang biasanya diburu pada bulan Ramadhan.

  • Jasa katering menu sahur dan buka puasa
  • Bumbu masakan rumahan siap masak
  • Takjil, takjil adalah makanan pembuka yang dimakan saat hendak berbuka puasa dan identik dengan kudapan manis, seperti kolak pisang, es campur, es dawet/cendol, biji salak, dan sop buah.
  • Kue kering dan jajanan tradisional untuk lebaran. Dilansir dari Tokopedia dan Liputan6, beberapa kue kering dan jajanan khas lebaran yang biasanya ada adalah nastar, putri salju, lidah kucing, rengginang, keciput dan semprong.
  • Makanan khas lebaran dilihat dari Kompas antara lain rendang, gulai, opor ayam, ketupat, lodeh, dan lontong sayur.

Baca juga Erzap Pawang Bisnis, Bantu Pebisnis Hadapi Bulan RamadhanTutorial Menu Produksi ERZAP

 

Baca juga: Buat Paket Menu Produk dengan ERZAP

2. Hampers Lebaran

Hampers diberikan kepada orang tertentu baik sebagai bentuk silahturahmi maupun untuk menjaga loyalitas pelanggan. Hampers yang Anda jual dapat bervariasi isinya, terlebih dengan masa pandemi sekarang ini kebutuhan akan produk kesehatan juga meningkat. Anda dapat menyesuaikan isi hampers dan hiasannya dengan penerima hampers Anda. Berikut ini Isi hampers yang dapat Anda buat.

  • Biskuit, Cemilan, Kue Kering
  • Peralatan dan Perlengkapan Ibadah, seperti sajadah, mukenah, peci dan sarung.
  • Produk kesehatan, hand sanitizer, masker dengan pernak-pernik, sabun, vitamin dan suplemen.
  • Peralatan dapur dan alat makan berupa piring, sendok, garpu, talenan dsb.

3. Bisnis Fashion

Menjelang lebaran, orang-orang mulai mencari pakaian baru untuk dikenakan. Melansir Hipwee, busana muslim yang dapat Anda jual adalah gamis, hijab, kaftan, ciput, baju koko, sarung dan kopiah.

Baca juga: Punya Bisnis Fashion? Mudah Tambah Produk dengan ERZAP

4. Desain Kartu Ucapan & Amplop Lebaran

Kartu Ucapan biasanya menjadi pelengkap hampers ketika lebaran. Bagi Anda yang memiliki kelebihan dalam bidang desain, Anda dapat menjual kartu ucapan dan amplop lebaran baik hanya desain dalam bentuk soft file maupun secara fisik. Jangan khawatir jika Anda merasa tidak berbakat di bidang ini karena ada berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah Canva. Anda dapat mencari tutorial pembuatannya di internet.

5. Dekorasi Rumah

Lebaran identik dengan kegiatan silahturahmi untuk mempererat hubungan dengan kerabat. Presiden Jokowi dalam Kompas mengatakan bahwa masyarakat diperbolehkan untuk mudik pada tahun 2022 ini. Sebelum para kerabat datang, orang-orang akan berupaya untuk mempercantik rumah mereka. Oleh sebab itu, bisnis dekorasi rumah cukup menjanjikan. Dekorasi rumah yang dapat Anda jual, yakni:

  • Hiasan bunga, seperti bunga segar atau kering (dried flowers)
  • Pajangan dinding dan meja
  • Scented candle dan wewangian lainnya
  • Lentera Ramadhan

KIRIM UCAPAN KE PELANGGAN LEBIH CEPAT DENGAN ERZAP

Terdapat 3 fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk mengirim pesan ke pelanggan secara cepat

  • Newsletter, fitur ini berfungsi untuk menyebarkan informasi umum terkait dengan produk Andaa seperti sedang ada promo ataupun ketika Anda baru saja meluncurkan produk baru.
  • Setting Ucapan, membantu Anda dalam mengelola pelanggan agar pelanggan merasa diperhatikan. Anda dapat menggunakan fitur ini jika Anda ingin memberikan ucapan hari raya kepada pelanggan tertentu.
  • Blast Email, fungsi dari fitur ini adalah untuk menyebarkan email ke pelanggan khusus terkait dengan pengadaan promo member atau informasi khusus lainnya. Perbedaannya dengan newsletter adalah fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim informasi tertentu yang tidak didapatkan oleh pelanggan non-member atau pelanggan umum.

 

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik

29-05-2018 - Dibaca: 6989 kali.
Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik
Baca selengkapnya...

Cara Setting Customer Display IMIN D3 D4

17-12-2021 - Dibaca: 2424 kali.
Lakukan Settingan berikut ini pada Device Imin anda untuk mengoptimalkan Customer Display, terutama jika terjadi masalah atau bugs saat Display ditampilkan
Baca selengkapnya...

Membuat Data Pegawai pada Erzap

15-06-2020 - Dibaca: 7329 kali.
Pendataan Pegawai juga penting untuk kebutuhan informasi operasional dan penggajian khususnya pada Usaha Menengah sampai Enterprise. Pendataan ini tentunya akan cukup sulit dikelola dan diakses bila masih dilakukan secara manual tanpa bantuan Sistem Informasi dan Teknologi. Maka untuk mempermudah proses pendataan Pegawai, Erzap menciptakan fitur Manajemen Data Pegawai dimana pada fitur ini anda dapat menginput informasi seputar Pegawai pada Perusahaan anda. Pada Tutorial kali ini kami akan menjelaskan cara mengelola Data Pegawai pada Sistem ERP Erzap.
Baca selengkapnya...

Fitur Nota Closing

16-08-2021 - Dibaca: 2052 kali.
Sekarang Erzap menggunakan sistem penjualan per sesi kasir untuk POS Android. Jadi kasir diwajibkan untuk memulai sesi kasir sebelum mulai bertugas dan mengakhiri sesi usai bertugas.
Baca selengkapnya...

Faktur Pajak Masukan

21-09-2020 - Dibaca: 4900 kali.
Mencatat Faktur Pajak Masukan itu Sulit Tanpa Bantuan Sistem! Dalam sebuah perusahaan baik dagang maupun jasa akan mengalami kesulitan dalam mencatat Faktur Pajak Masukan, mengapa begitu ? Karena Perusahaan tidak melakukan Pembelian terhadap satu Supplier (PKP) saja, namun dari banyak Supplier. Ditambah lagi, satu Supplier saja dapat melakukan banyak Penjualan ke Perusahaan anda dimana Penjualan dari mereka ini akan mengharuskan anda menerbitkan banyak Faktur Pajak Masukan. Maka dari itu dibutuhkan bantuan Sistem seperti Erzap contohnya. Fungsinya untuk melacak, mendata, dan memproses sekian banyak Faktur Pajak Masukan dari berbagai Supplier. Dalam Tutorial kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang memproses Faktur Pajak Masukan pada Sistem Erzap yang tentunya dapat anda lakukan dengan praktis !
Baca selengkapnya...

5 Ide Bisnis di Bulan Puasa - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

CRM, Bisnis, Ide Bisnis, Ramadhan, Bisnis Ramadhan, Bisnis Puasa, Idul Fitri, Ide Bisnis Ramadhan

Anda sedang mencari ide bisnis untuk bulan puasa? Simak 5 ide bisnis di bulan puasa yang dapat Anda coba!