5 Rahasia Sukses Bisnis PPOB

25-05-2022 22:18:10, Dibaca: 400

Apa itu PPOB?

PPOB atau Payment Point Online Bank dilansir dari Bank Boyolali adalah sistem pembayaran berbasis digital yang bekerja sama dengan pihak ketiga seperti bank untuk memfasilitasi pelanggan membayar tagihan atau melakukan top up. Bisnis ini tergolong bisnis mudah dan dapat dilakukan bagi Anda yang melirik bisnis rumahan. Anda dapat menjalankan bisnis ini menggunkan PPOB yang terdapat pada POS Android ERZAP sebagai pelengkap bisnis Anda apabila Anda juga menjalankan bisnis lain seperti bisnis retail. Adapun produk PPOB yang tersedia di ERZAP adalah sebagai berikut.

  1. Paket Data Internet
  2. Go-Pay, OVO, Dana, LinkAja
  3. Pulsa
  4. Voucher Game
  5. Steam Wallet
  6. Listrik
  7. PDAM
  8. BPJS Kesehatan
  9. BPJS Ketenagakerjaan
  10. KAI
  11. Airline
  12. Angsuran Kredit
  13. Dan lainnya

Strategi Bisnis PPOB

Layaknya bisnis lain, bisnis PPOB juga membutuhkan beberapa strategi agar dapat berkembang dan meningkatkan performa penjualan. Adapun strategi bisnis PPOB yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Optimalkan CRM (Customer Relationship Management)

Berbeda dengan produk berupa barang, PPOB menjual jasa layanan sehingga sangat penting untuk memperhatikan hubungan Anda dengan pelanggan agar tempat Anda selalu diingat oleh pelanggan. Berikanlah fasilitas tertentu di tempat Anda untuk mendukung pelayanan Anda. Ketika mengingatkan pelanggan terkait dengan pembayaran tagihan, Anda dapat menggunakan kalimat bernada humor serta kata kunci tertentu yang masih sopan sebagai diferensiasi layanan agar lebih mudah diingat dan membedakan Anda dari penyedia layanan PPOB lainnya. Perlu untuk membuat list detail mengenai rincian tagihan pelanggan agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran.

2. Pastikan Lokasi Anda Strategis dan Mudah Dilihat

Lokasi yang strategis tidak hanya membuat tempat Anda mudah ditemukan, tetapi juga menjadi jaminan koneksi internet Anda karena bisnis ini sangat mengandalkan internet. Anda dapat memasang spanduk atau papan nama dengan desain menarik untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan. Tonjolkan fitur PPOB pada brosur, pamflet, dan media lainnya jika fitur PPOB tersebut Anda tampilkan sebagai keunggulan atau fitur tambahan dari bisnis utama Anda.

3. Promosi melalui Media Sosial

Penggunaan PPOB sebagai pelengkap bisnis Anda dapat menjadi keunggulan tersendiri karena dapat membantu pelanggan Anda untuk melakukan top up saldo ataupun membayar tagihan sembari berbelanja di tempat Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menyinggung tentang ketersediaan PPOB di toko Anda agar calon pelanggan tertarik datang. Anda dapat membuat konten yang menghubungkan keunggulan penggunaan PPOB dalam memfasilitasi kegiatan belanja pelanggan di tempat Anda.

Baca juga Mesin Kasir Biasa vs POS System, Mana yang Lebih Baik?

4. Mencoba Teknik Pemasaran Tradisional door to door

Anda dapat mencoba teknik door to door ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan atau bahkan menawarkan pelayanan rumahan yang memudahkan pelanggan. Tingkat penggunaan internet di Indonesia yang belum 100% dan infrastruktur yang belum merata dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan dari daerah yang masih minim penggunaan internetnya.

5. Memastikan Kelengkapan Fitur PPOB adn Sarana Prasarana yang Digunakan

Semakin lengkap produk PPOB pada bisnis Anda, semakin bagus kesan yang Anda berikan kepada pelanggan. PPOB yang lengkap seperti yang tersedia pada POS Android ERZAP sudah terhubung dengan sistem POS sehingga Anda tidak perlu repot ketika menghitung pemasukan, terlebih saat Anda menjalankan bisnis yang berbeda di satu tempat yang sama.

 

PPOB ERZAP dapat memenuhi kebutuhan pelanggan untuk melakukan aktivasi, pengisian saldo serta mengajukan komplain. Fitur PPOB tersebut dapat Anda akses melalui POS Android ERZAP secara GRATIS. Anda dapat menemukan tutorial penggunaan PPOB ERZAP di sini.

 

. Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

5 Kesalahan Promosi Bisnis yang Mungkin Tidak Disadari

04-06-2022 - Dibaca: 590 kali.
Sudah sering promosi, tetapi produk belum laku juga? Ini beberapa kesalahan yang mungkin luput dari perhatian Anda.
Baca selengkapnya...

Penjualan Dengan Harga Jual Per Jenis Pelanggan

02-08-2018 - Dibaca: 4750 kali.
Di Dalam dunia bisnis penjualan, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis pelanggan, terdapat banyak jenis pelanggan antara lain, distributor, reseller dan customer. Nah pada artikel berikut akan dijelaskan bagaimana penerapan penjualan per jenis pelanggan dalam sistem ERZ4P antara lain :
Baca selengkapnya...

Fitur Kasbon ERZAP

31-12-2018 - Dibaca: 6169 kali.
Pada Tutorial ini kami akan menjelaskan cara penggunaan fitur kasbon erzap, tutorial akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu Menginputkan Kas Bon, Membayar Kas Bon lewat Manajemen Data Kas Bon, Membayar Kas Bon lewat Gaji Pegawai
Baca selengkapnya...

Penarikan Prive pada Erzap

03-08-2020 - Dibaca: 2646 kali.
Prive adalah pengambilan dana dari owner/investor dari perusahaan yang mereka miliki/invest yang akan digunakan untuk kebutuhan pribadi. Penarikan Prive ini akan mengakibatkan pengurangan pada nilai Modal Awal Erzap dengan Modul Pembukuannya, mendukung pencatatan Penarikan Prive. Pada Tutorial kali ini akan membahas cara menginputkan transaksi Penarikan Prive
Baca selengkapnya...

Penambahan Harga Jual Berdasarkan Tipe Penjualan : Studi Kasus Penjualan via Go-Food

31-10-2018 - Dibaca: 4201 kali.
Pada ERZ4P anda dapat menambahkan harga jual khusus untuk penjualan via Go-Food tanpa mengubah harga jual asli dengan menggunakan fitur Tipe Penjualan. Pada Tutorial ini kami akan menjelaskan Penambahan Harga Jual Berdasarkan Tipe Penjualan.
Baca selengkapnya...

5 Rahasia Sukses Bisnis PPOB - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

PPOB, Bisnis PPOB, POS ERZAP, ERZAP PPOB

ERZAP PPOB menyediakan produk PPOB yang dapat Anda akses secara GRATIS melalui POS Android ERZAP.