Sudah Tahu 7 Jenis Komisi Sales Ini? Ayo, Cari Tahu Lebih Lanjut di sini!

28-08-2022 22:07:27, Dibaca: 3468

Pengertian Komisi Sales

Komisi sales adalah kompensasi yang diterima oleh bagian sales atas performa kerjanya ketika menghasilkan transkasi dan mencapai jumlah tertentu. Biasanya semakin besar penjualan yang dihasilkan, semakin besar pula komisi yang didapat baik berupa fisik maupun non-fisik. Kompensasi ini berbeda dengan gaji pokok dan dihitung sebagai komponen tambahan. Komisi sales diharapkan dapat menjadi motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya dan berkontribusi terhadap peningkatan penjualan perusahaan.

7 Jenis Komisi Sales

1. Straight Commission or 100% commission

Apabila suatu perusahaan menetapkan straight commission, maka seorang sales akan mendapatkan penghasilan hanya ketika sales tersebut menghasilkan penjualan. Tidak ada gaji pokok yang diberikan sehingga gaji tiap periodenya tidak menentu.

2. Gaji Pokok dan Komisi

Sales akan tetap mendapatkan gaji/penghasilan jika perusahaan menggunakan jenis komisi ini meskipun tidak ada penjualan yang terealisasikan.

3. Tiered Commission

Terdapat persentase komisi yang berbeda untuk tingkatan penjualan tertentu. Semakin banyak penjualan yang dihasilkan, semakin tinggi tier-nya sehingga persentase komisi yang didapatkan juga semakin besar.

4. Revenue Commission

Hampir mirip dengan jenis komisi sebelumnya, perusahaan menghitung pendapatan sales berdasarkan persentase yang ditetapkan untuk angka penjualan tertentu. Misalnya 10% untuk 100 juta, 12% untuk 200 juta, dst.

5. Gross Commission

Persentase komisi dihitung berdasarkan profit yang didapatkan oleh perusahaan. Misalnya profit perusahaan adalah 40 dan perusahaan menetapkan komisi sebesar 5% dari profit, sales akan mendapatkan komisi sebesar 2.

6. Commission Draw

Berdasarkan jenis ini, sales mendapatkan jaminan komisi setiap bulannya. Perusahaan telah menetapkan jaminan komisi yang tetap akan dibayarkan meskipun sales tidak mampu memenuhi target penjualan. Akan tetapi, selisih dari jaminan dan penjualan yang dihasilkan untuk periode tersebut harus diupayakan oleh sales untuk dapat tercapai di bulan berikutnya sebagai pengganti bulan sebelumnya,

7. Base Rate Only Commission

Ketika perusahaan menetapkan jenis komisi ini, maka sales tetap akan menerima bayarannya terlepas dari jumlah penjualan yang dihasilkan. Perusahaan membayar sales setiap jamnya tanpa peduli apakah barang atau jasanya terjual lebih banyak atau lebih sedikit. Jenis ini terkadang merugikan perusahaan karena sales menjadi tidak terlalu peduli dengan target penjualan.

Baca juga Bahaya Turnover Karyawan yang Tinggi pada Kinerja Perusahaan

Manfaat Penerapan Komisi Sales bagi Performa Penjualan Perusahaan

1. Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan

Adanya komisi terlebih yang ditetapkan berdasarkan persentase penjualan dapat memotivasi karyawan dalam mencari pelanggan potensial dan mencapai deal sebanyak mungkin. Jenis komisi seperti 100% commission mau tidak mau memacu karyawan untuk aktif bekerja agar komisi yang didapatkan juga semakin banyak.

2. Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan Perusahaan

Kinerja sales yang baik akan menguntungkan perusahaan karena semakin banyak deal yang terjadi, keuntungan perusahaan akan meningkat seiring dengan peningkatan penjualan.

3. Memudahkan Perusahaan dalam Mengevaluasi Kinerja Karyawan

Perusahaan yang menerapkan sistem komisi sales akan lebih mudah mengevaluasi kinerja karyawannya dan menentukan karyawan mana yang memiliki performa baik.

Perbedaan Komisi dan Bonus

Komisi didapatkan berdasarkan penjualan yang dihasilkan oleh seorang sales sedangkan bonus merupakan pembagian yang dilakukan oleh perusahaan atas keuntungan yang diperoleh secara keseluruhan. Komisi bukanlah insentif seperti bonus. Jumlah komisi yang didapatkan setiap sales berbeda tergantung dari deal yang dicapai sedangkan nominal bonus yang didapatkan seluruh karyawan adalah sama. Bonus juga tidak dibatasi oleh divisi tertentu, seluruh karyawan dari berbagai divisi berpotensi untuk mendapatkan bonus. Namun, komisi biasanya dibatasi pada divisi sales saja.

Mudah Atur Komisi Sales dengan ERZAP POS

Anda tidak perlu pusing menghitung komisi sales dengan fitur sales dari ERZAP POS karena sistem akan menghitung pendapatan sales secara otomatis berdasarkan data penjualan dan ketentuan yang telah diatur pada sistem. Anda juga dapat melihat Laporan Rekap Komisi Sales untuk melihat performa sales tertentu dan penjualan yang dihasilkan. Hal ini dapat membantu Anda mengevaluasi kinerja sales serta menetapkan jenis komisi yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. Temukan tutorial penggunaan fitur komisi sales di artikel ini.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Tutorial Menambahkan User Erzap

01-07-2022 - Dibaca: 2488 kali.
User Erzap adalah seseorang yang akan dapat menggunakan sistem back office Erzap. Menambahkan user Erzap dilakukan untuk memberikan akses kepada user tersebut agar dapat mengakses data dan sistem baik sebagai operator salah satu outlet, maupun sebagai administrator untuk mengakses seluruh outlet.
Baca selengkapnya...

Kenali Apa Itu Fraud dan Dampaknya Bagi Perusahaan

25-06-2022 - Dibaca: 7310 kali.
Fraud dapat diartikan sebagai tindakan “kecurangan” biasanya terjadi pada suatu organisasi baik itu dari perusahaan maupun organisasi lainnya seperti koperasi, rumah sakit, dan lain sebagainya.
Baca selengkapnya...

Sinkronisasi Produk antara ERZ4P dengan Online Web Store

27-01-2018 - Dibaca: 4895 kali.
Sinkronisasi Produk antara ERZ4P dengan Online Web Store
Baca selengkapnya...

5 Sektor Industri di Bali yang Sustainable setelah Pandemi!

22-10-2022 - Dibaca: 1083 kali.
Terpikir untuk membuka bisnis di Bali? Berikut beberapa sektor industri yang dapat berlangsung jangka panjang!
Baca selengkapnya...

Tutorial Penyesuaian Harga Jual Secara Massal

29-05-2023 - Dibaca: 748 kali.
Perubahan harga produk merupakan hal yang wajar dan sering terjadi di dunia jual-beli. Perubahan harga ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti perubahan harga bahan baku, trend pasar, perubahan kebijakan nilai pajak dan lain-lain. Melakukan penyesuaian harga produk umumnya cukup mudah untuk dilakukan, namun akan menjadi tantangan yang cukup memakan waktu jika perubahan harga terjadi secara massal.
Baca selengkapnya...

Sudah Tahu 7 Jenis Komisi Sales Ini? Ayo, Cari Tahu Lebih Lanjut di sini! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Sales, Komisi Sales, HR, HRD, Hitung Komisi Sales

Bingung menentukan komisi untuk sales? Ini dia 7 jenis komisi sales yang dapat Anda pilih!