Relevansi Akuntansi Dengan Bisnis

03-09-2022 21:17:07, Dibaca: 1021

Free Business Analytic and Calculator on Top of the Table Stock Photo

Apa Itu Akuntansi?

Secara ringkas, Akuntansi merupakan sebuah teknik untuk mengelola informasi keuangan. Informasi berupa transaksi-transaksi di sebuah perusahaan. Sehingga, diperlukan teknik khusus dalam mengelola transaksi-transaksi keuangan ini.

Bagaimana Relevansi Akuntansi Dengan Bisnis?

Setiap perusahaan atau pebisnis menginginkan usaha atau bisnisnya mengalami perkembangan. Saat ini di Indonesia sendiri perkembangan dunia bisnis sudah semakin pesat. Pesatnya perkembangan di dunia bisnis membuat berbagai macam cabang ilmu memainkan peranannya untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Sebagian besar masyarakat maish tidak mengetahui akuntansi memiliki peranan yang sangat penting dalam sektor bisnis. Dalam sektor bisnis akuntansi sangat berperan dalam memberikan informasi yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan suatu bisnis yang nantinya informasi tersebut akan digunakan atau dikelola oleh seorang managerial untuk menerapkan strategi yang diharapkan dapat membawa bisnis tersebut menjadi lebih baik kedepannya.

Free A Mobile Phone and Eyeglasses on Top of the Documents Near the Laptop Stock Photo

Secara umum kegunaan akuntansi yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Untuk membantu mengetahui informasi yang berguna bagi manajemen.
    Akuntansi dikatakan dapat membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan, seperti informasi mengenai transaksi-transaksi yang terjadi serta informasi mengenai pembuatan laporan keuangan yang tentunya sangat penting untuk mengetahui perkembangan dari perusahaan tersebut.
     
  2. Membantu dalam menghitung laba atau rugi yang dicapai oleh perusahaan.
    Dapat membantu perusahaan dalam menghitung laba rugi dari hasil atau pendapatan yang dicapai maupun pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan agar menjadikan perushaan menjadi lebih berkembang. 
     
  3. Sebagai bahan evaluasi keuangan.
    Akuntansi juga digunakan sebagai bahan evaluasi keuangan. Evaluasi keuangan yang dimaksud adalah perusahaan dapat mengetahui apa yang perlu dilakukan di masa mendatang dengan acuan informasi dari kondisi keuangan perusahaan tersebut. Misalnya, setelah melakukan pencatatan keuangan, seseorang mengetahui keuangannya mengalami masalah karena terlalu boros (tidak hemat) dalam membeli bahan produksi sehingga proses produksi menjadi kurang optimal.

     
  4. Sebagai alat kontrol dan bukti keuangan.
    Akuntansi juga dapat digunakan sebagai alat kontrol dan bukti keuangan. Dengan melakukan pencatatan keuangan yang baik, tentu akan sangat membantu dalam mempertanggungjawabkan keuangan tanpa mengira-ngira suatu pengeluaran yang terjadi oleh perusahaan. Akuntansi juga dapat menjadi alat kontrol untuk mengendalikan keuangan. Oleh karena itu, perushaan memiliki dasar dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki.

     
  5. Sebagai alat untuk mengelola keuangan.
    Sebagai alat untuk mengelola keuangan. Akuntansi yang digunakan sebagai alat pencatat keuangan akan sangat membantu setiap pihak dalam mengelola keuangannya. Dengan sistem akuntansi yang baik maka diharapkan perusahaan dapat memperhitungkan berbagai keperluan sehari-hari sehingga pengeluaran yang terjadi dapat optimal dan tepat guna.

Dilihat dari kegunaan akuntansi secara umum tersebut, dapat kita ketahui peran akuntansi sangatlah penting di dalam perusahaan. Disamping itu, akuntansi dalam perusahaan merupakan kunci utama untuk menjadikan perusahaan menjadi lebih berkembang, karena tugas dari seorang akuntan yaitu mencatat transaksi-transaksi yang terjadi dan membuat laporan keuangan. Peran penting akuntansi lainnya yaitu perusahaan mendapatkan informasi yang akurat bahwa perusahaan mengalami laba atau rugi.

Anda mungin tertarik Kenali Apa Itu Fraud dan Dampaknya Bagi Perusahaan

Bagaimana Relevansi Akuntansi ERZAP Dengan Bisnis yang Anda Miliki?

Pencatatan akuntansi saat ini tidak harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidang akuntansi. Erzap ERP memberikan kemudahan kepada pemilik bisnis untuk mendapatkan laporan-laporan keuangan secara cepat dan akurat bahkan ketika pemilik tidak ahli dalam hal akuntansi. Hal ini juga memberikan keleluasaan untuk dapat menggembangkan strategi bisnis dengan lebih optimal.

Erzap menyediakan fitur akuntansi yang terintegrasi yang mencatat seluruh aktivitas keuangan secara otomatis, sehingga akan sangat efisien waktu karena tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual. Hal ini juga akan sangat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi ketika pencatatan dilakukan secara manual. Fitur Akuntansi Erzap juga menyediakan berbagai laporan-laporan akuntansi lengkap dan kompleks yang terbentuk secara real-time sesuai dengan aktivitas keuangan yang terjadi. 

Laporan-laporan akuntansi yang ditawarkan Erzap secara umum dapat membantu bisnis atau usaha Anda dalam pendataan penjualan serta meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi saat pencatatan keuangan baik itu pendapatan maupun pengeluaran, sehingga dapat mendeteksi dan disaat yang sama mencegah kerugian yang terjadi dalam usaha Anda. 

Telusuri juga Mudah Kelola Bisnis Dengan Sistem ERP

 

Tertarik mengetahui lebih lanjut? Ayo daftar sekarang!

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

 

 

MENAMBAHKAN PRODUK BARU PADA SISTEM TOKO HP

12-02-2018 - Dibaca: 4722 kali.
Data produk merupakan sesuatu yang digunakan untuk mencatat persediaan barang dagang dan transaksi dalam suatu perusahaan.
Baca selengkapnya...

Menginputkan data produk/bahan, membuat data suplier dan sales pada ERZ4P

31-10-2017 - Dibaca: 6866 kali.
Usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Tipe Penjualan Pada Erzap ERP

21-07-2018 - Dibaca: 7312 kali.
Penjualan adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan melalui berbagai metode atau tipe. Erzap ERP memiliki fitur di dalam membuat tipe-tipe penjualan produk yaitu
Baca selengkapnya...

Mana yang Lebih Baik antara Direct dan Indirect Marketing?

25-10-2022 - Dibaca: 3435 kali.
Marketing merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, penting bagi pemasar untuk menentukan strategi marketing yang cocok. Strategi pemasaran seperti apa yang baik bagi bisnis? Temukan di sini!
Baca selengkapnya...

Tarif PPN Naik Per 1 April? Simak Alasannya Berikut Ini!

11-03-2022 - Dibaca: 1484 kali.
Mudah atur PPB dengan sistem ERP!
Baca selengkapnya...

Relevansi Akuntansi Dengan Bisnis - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Relevansi, Akuntansi, Bisnis

Akuntansi merupakan sebuah teknik untuk mengelola informasi keuangan. Informasi berupa transaksi-transaksi di sebuah perusahaan. Sehingga, diperlukan teknik khusus dalam mengelola transaksi-transaksi keuangan ini. Setiap perusahaan atau pebisnis menginginkan usaha atau bisnisnya mengalami perkembangan. Saat ini di Indonesia perkembangan dunia bisnis semakin pesat. Pesatnya perkembangan didunia bisnis membuat berbagai macam cabang ilmu memainkan peranannya.