Jangan Sampai Terlewat! Ini 7 Produk Terlaris saat Natal!

20-12-2022 13:28:28, Dibaca: 1601

Asal-Usul Natal

Mendekati Natal 2022, semakin banyak ornamen dan hiasan natal yang dipasang di berbagai tempat. Namun, tahukah Anda latar belakang dirayakannya Natal? Melansir dari CNN, Natal merupakan perayaan umat Kristiani untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus sebagai pemimpin agama Nasrani. Akan tetapi, dikatakan bahwa sebenarnya kelahiran Yesus bukanlah saat tanggal 25 Desember seperti yang kita ketahui sebagai Hari Natal sampai detik ini, melainkan pada musim semi. Tanggal 25 Desember tersebut merupakan festival titik balik matahari di musim dingin yang biasanya dirayakan Masyarakat Romawi sebagai bentuk pertanda permulaan musim bercocok tanam sekaligus penghormatan terhadap Dewa Saturnus. Saat itu Bangsa Romawi yang sudah memeluk agama Kristen kemudian ingin mengajak bangsa Pagan untuk meyakini agama yang sama sehingga dirayakanlah Hari Natal bertepatan dengan festival Saturnalia.

Produk-produk Terlaris selama Natal

Ada beberapa produk yang biasanya muncul saat Natal. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan lebih. Berikut ini 7 produk dengan catatan penjualan terbanyak selama natal dan tahun baru.

1. Parsel atau Hampers

Ketika ada hari raya atau acara spesial, biasanya beberapa restoran, kafe, atau toko kue menyediakan hampers. Namun Anda dapat menyediakan hal yang berbeda dengan menyediakan jasa pembuatan hampers yang lebih personal seperti custom hampers.

2. Coklat dan Kue Natal

Makanan-makanan yang sering dijumpai saat natal adalah makanan manis, yakni kastangel, kue jahe, permen tongkat, dan coklat. Selain makanan-makanan tersebut, terdapat beberapa makanan klasik yang identik dengan natal, seperti Yule Log Cake, biskuit berbentuk ornamen natal, Nevaditos, Marzipan, pudding Natal dan kue tradisional lainnya. Ada pula kue daerah, yaitu Kue Lapet dari Tapanuli, Poffertjes dari Ambon dan kue Bagea dari NTT dan Maluku.

3. Katering

Menu katering Natal dapat menyesuaikan dengan menu khas daerah Indonesia. Sebut saja Paniki dan Klappertaart yang merupakan makanan khas natal bagi penduduk Manado, Selat solo yang tampilannya mirip dengan steak sebagai hasil pengaruh budaya Eropa, Ikan kuah kuning dari Ambon, dan lainnya.

4. Dekorasi Natal

Berbagai dekorasi natal dapat dengan mudah ditemukan baik di toko-toko kecil maupun pusat perbelanjaan. Dekorasi natal biasanya meliputi lampu, tinsel, rangkaian bunga melingkar (wreaths), lonceng, dan kaos kaki. Anda dapat memberikan sentuhan yang berbeda dengan menjual dekorasi natal homemade dan custom sehingga desain dan barang yang dibuat lebih memiliki sentuhan personal. Misalnya pada hiasan kaos kaki, Anda dapat menawarkan rajutan custom nama pada kaos kaki tersebut.

5. Jasa Dekorasi

Selain menjual pernak-pernik natal, Anda juga dapat mencoba bisnis jasa dekorasi rumah, kantor, restoran, gedung, dan bahkan mall.

6. Homestay

Kebijakan pembatasan mobilisasi yang sudah longgar, penerbangan dan pariwisata yang sudah hampir kembali normal diikuti dengan libur natal dan tahun baru menjadi peluang bagi Anda yang memiliki tempat luas untuk dijadikan homestay atau disewakan untuk tempat BBQ.

7. Pakaian

Pakaian-pakaian yang dijual di saat Natal identik dengan warna merah dan hijau. Jenis pakaian yang biasanya paling dicari saat natal adalah dress, sweater dengan motif natal, dan blouse.

Tips Meningkatkan Penjualan saat Natal

  1. Memanfaatkan Sosial Media: tidak hanya sekadar menunggah foto produk di media sosial melainkan juga memastikan adanya interaksi antara Anda dengan audiens di sosial media sehingga tercipta hubungan baik yang kemudian mendukung keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan. Anda dapat memanfaatkan strategi pemasaran seperti AIDA Model untuk mendorong minat audiens membeli produk atau jasa Anda.
  2. Menggunakan Fitur Iklan dan Promosi pada Platform E-Commerce: terdapat beberapa fitur iklan dan promosi baik yang gratis maupun berbayar pada platform E-Commerce. Contohnya fitur iklan pada Shopee, ada pilihan untuk melakukan iklan gratis dengan memilih tombol “Naikkan Produk”, tetapi ada pula iklan berbayar yang bisa dipilih oleh penjual sesuai budget iklan mereka setiap harinya.
  3. Mengirimkan Email Marketing dan Ucapan: email ini dapat membantu Anda mengirimkan informasi secara menyeluruh kepada pelanggan yang berada dalam daftar data pelanggan. Selain membuat email blast langsung melalui email, software ERP seperti ERZAP juga dapat membantu Anda mengirimkan tidak hanya email blast, tetapi juga newsletter dan ucapan kepada pelanggan tertentu sesuai kebutuhan bisnis.
  4. Membuat Katalog dengan Hiasan Natal: Katalog dengan hiasan natal akan lenbih menarik perhatian konsumen. Selain karena warna dan ilustrasinya yang membuat tampilan produk menjadi lebih menarik, katalog hiasan natal membuat Anda memberikan usaha lebih selama perayaan hari raya tersebut.
  5. Produk Bundling Khusus Natal: jika Anda menjual beberapa jenis barang sekaligus, promo bundling dapat mempercepat penjualan serta perputaran produk Anda. Anda dapat memberikan free gifts untuk produk-produk bundling ini, seperti kartu ucapan gratis, gantungan kunci, hiasan natal, dan barang-barang lain yang masih sesuai budget.

Fitur Promosi dan Omnichannel ERZAP Percepat Aktivitas Bisnis!

ERZAP memahami kebutuhan bisnis yang serba cepat dan tepat. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, ERZAP memiliki fitur Promosi yang dapat Anda atur untuk promosi berjangka baik pendek maupun panjang. Apabila Anda menjalankan beberapa jenis promosi sekaligus, kami menyediakan fitur Multi Promo sehingga ketika ada transaksi dengan produk terkait, Anda tidak perlu pusing mengatur dan menghitungnya secara manual karena software ERP kami telah terhubung dengan mesin POS yang membantu pencatatan penjualan hingga proses pelaporan keuangan secara otomatis. Bagi Anda yang memiliki beberapa cabang toko, fitur promosi juga bisa dijalankan bersamaan untuk cabang-cabang tersebut sekalipun jenis promosinya berbeda.

Apakah Anda memiliki toko online? Jangan khawatir! ERZAP Omnichannel dapat membantu Anda mengatur harga, info produk, dan melihat pemasukan dari platform e-commerce yang berbeda sehingga Anda tidak perlu bolak-balik mengubah informasi produk dan melihat pemasukan pada platform yang berbeda-beda. Selain hemat tenaga, Anda juga dapat menghemat waktu yang berharga dan dialokasikan untuk mengerjakan hal lain. Selain kedua fitur tersebut, masih ada segudang fitur yang disediakan ERZAP untuk mewujudkan manajemen bisnis yang lebih baik. Silakan daftar melalui tombol di bawah!

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Membuat Pesanan Penjualan di ERZ4P

21-10-2017 - Dibaca: 5314 kali.
Pesanan Penjualan (Sales Order) merupakan dokumen konfirmasi yang dikirim ke pelanggan sebelum memberikan barang atau jasa
Baca selengkapnya...

Ssst! Sudah Tahu Rahasia CRM Ini? Yuk, Cari Tahu tentang Personalized Marketing!

07-01-2023 - Dibaca: 575 kali.
Personalized marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang efektif untuk mendukung CRM. Cari tahu lebih lanjut di sini.
Baca selengkapnya...

Fitur Promosi Erzap

02-11-2020 - Dibaca: 4289 kali.
Kali ini Erzap telah merilis update Fitur Promosi yang mendukung anda untuk dapat mengelola Promosi lewat Sistem. Dan anda anda sekalian yang sudah familiar dengan Sistem serba bisa ini pasti bisa menebak cara penggunaanya. Yep! Tinggal Setting Promonya di Back-Office dan Promo tersebut akan otomatis Aktif di POS Web & POS Android. Bagaimana? Tebakan anda benar? Hehehe.
Baca selengkapnya...

Melihat Laporan Buku Besar

12-01-2018 - Dibaca: 6780 kali.
Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan akun yang ada dalam laporan keuangan. Buku ini mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing akun. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan ke Buku Besar secara berkala.
Baca selengkapnya...

LANGKAH - LANGKAH PEMBUATAN JURNAL

17-10-2017 - Dibaca: 13116 kali.
jurnal merupakan karya tulis ilmiah yang memilik isi pembahasan yang cukup luas dengan isi yang padat, Dengan tiap halaman memiliki pembahasan yang berisi.
Baca selengkapnya...

Jangan Sampai Terlewat! Ini 7 Produk Terlaris saat Natal! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Omnichannel erzap, erp, erzap omnichannel, omnichannel, Natal, Ide Bisnis Natal

Natal dan pergantian tahun 2023 sudah semakin dekat. Yuk, manfaatkan momen ini untuk meningkatkan penghasilan Anda!