Penerapan sederhana ERZ4P pada industri Catering - Solusi Menu Tanpa Stok

24-10-2017 13:30:52, Dibaca: 6960



Berikut adalah cara kerjanya di ERZAP

Membuat produk bahan & produk jasa.


Membuat data produk pada ERZ4P adalah langkah utama yang perlu dilakukan, dan disini adalah point utaman untuk mengatur produk tersebut, agar dapat dilakukan transaksi nantinya pada modul penjualan dan pembelian tanpa harus menggunakan stok. Berikut adalah langkah - langkah  :

  1. Setelah anda masuk ke akun ERZ4P anda, maka akseslah menu Data Master > Produk > Banyak Data


     
  2. Pada halaman pembuatan 'Data Produk', inputkanlah data yang sesuai dengan tabel, mulai dari Nama produk, satuan, Kategori, Sub kategori, jangan lupa berikan tanda pada kolom "Tandai sebagai bahan" jika produk tersebut merupakan bahan - bahan pokok dan tandai pula kolom "Tanpa Stok / Jasa" yang guna akan memberikan efek produk tersebut dapat digunakan bertransaksi tanpa harus menggunakan Stok.



    (*Note : Hilangkan tanda pada kolom "Tandai Sebagai Bahan" bila produk tersebut adalah menu yang akan dijual, karena produk sebagai bahan tidak tampil pada menu penjualan)

     
  3. Lalu simpanlah hasil kerja anda pada halaman tersebut dengan mengklik ikon disket di sebelah kiri seperti gambar yang telah kami tandai, setelahnya akan muncul jendela / popup baru dengan tulisan "data berhasil disimpan".

 

Faktur Pembelian


Anda dapat mencatat pembelian bahan dengan menggunakan modul pembelian, dengan cara :

  1. Akseslah menu Pembelian > Faktur pembelian > Buat baru


     
  2. Pada halaman ini, inputkanlah data yang dibutuhkan mulai dari Tanggal faktur, asal faktur, Termin, Outlet, Gudang, ekspedisi (Informasi yang ditandai bintang berwarna merah wajib di isi). Lalu inputkanlah daftar bahan - bahan yang akan dibeli pada bagian 'Daftar Barang' kemudiantentukanlah jumlah dan harga satuan pembeliannya. Terakhir pada bagian pembayaran yang berada pada bagian kiri bawah, jangan lupa untuk memilih jenis pembayaran, Kas/bank yang digunakan ( No transaksi, dan bukti pembayaran bila perlu ).


     
  3. Jangan lupa untuk menyimpan hasil kerja anda pada halaman tersebut dengan mengklik ikon disket di sebelah kiri".


     
  4. Setelah itu ERZ4P akan menampilkan invoice pembelian sesuai data yang anda isi, dari sini anda dapat mencetak invoice tersebut, mengunduhnya kedalam format PDF, mengirimkannya ke email menggunakan menu - menu yang disediakan pada bagian kiri.

 

Melakukan Transaksi Penjualan


ERZ4P mempunyai dua cara untuk melakukan transaksi penjualan yaitu dengan menggunakan menu 'Faktur Penjualan dan 'POS ( Point Of Sales )'. dan berikut adalah langkah - langkahnya :

a. Menggunakan Faktur Penjualan


  1. Akses menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat Baru.


     
  2. Pada halaman 'Pencatatan Transaksi Penjualan' aturlah Outlet Penjual,Gudang Termin Berupa Tunai dan Pelanggan, untuk pelanggan anda bisa mencarinya dengan icon yang digaris merah ataupun langsung menginputkan namanya bila sudah terdaftar, namun apabila ada pelanggan yang belum terdaftar anda dapat menambahkannya dengan mengklik ikon tambah berwarna hijau disebelahnya, dan kosongkan kolom pelanggan bila anda tidak ingin mencatat nama pelanggan tersebut kedalam nota.


     
  3. Selanjutnya inputlah nama menu pesanan pelanggan pada tabel Daftar Barang, tidak lupa dengan jumlah dan harga dari pesanan tersebut.Jika dirasa semua sudah pas, maka simpanlah transaksi anda dengan cara mengklik ikon disket di sebelah kiri.

  4. Setelah itu akan muncul jendela / pop up 'Pembayaran' untuk menentukan jenis pembayaran dan kas yang akan menerima dana tersebut, apabila pelanggan ingin melakukan dua jenis pembayaran, maka inputkanlah nominal pertama pada bagian 'pembayaran pertama', lalu inputkanlah nominal beserta jenis pembayaran dan kas yang digunakan pada bagian 'Pembayaran 2' setelah itu klik Proses


     
  5. Untuk Notanya anda bisa men-cetaknya atau menjadikan PDF .Anda bisa melihat gambar dibawah ini

 

Point Of Sales


.

  1. Akses menu Penjualan > POS lalu setelahnya akan muncul jendela awal yaitu untuk mengatur dimana anda harus memilih outlet dan gudang yang melakukan transaksi penjualan tersebut ( tandai 'Tampilkan Gambar Produk' agar menu POS menampilkan gambar dari menu - menu yang telah di atur sebelumnya pada menu Data Master, dan tandai kolom 'Potongan Dalam Persen' jika anda ingin menggunakan diskon dalam persen pada menu POS ini).

     
  2. Lalu klik produk / menu yang akan dijual sesuai dengan pesanan, andapun dapat mencari produknya jika ingin mempercepat kinerja, bilamana anda ingin memberi diskon anda dapat mengklik tanda panah yang telah kami berikan tanda berwarna merah dibawah.


     
  3. Klik bayar untuk melanjutkan transaksi atau dengan mengklik tombol F2.
     
  4. Setelah itu akan muncul jendela pembayaran, kemudan pilihlah Termin, Jenis Pembayaran, Kas / Bank yang digunakan, jika sudah pas klik 'selanjutnya'


     
  5. Dibagian ini anda hanya perlu mengisi harga yang akan dibayar pelanggan dari total pesanan. dan sistem akan memunculkan informasi dari kembalian jika nominal pembayarannya lebih, kemudian klik 'Bayar'

 

 


Sekian tutorial "Penerapan Sederhana ERZ4P Pada Industri Catering" dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.
 

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap.

Coba Gratis Sekarang!

Tutorial Fitur Voucher pada ERZAP ERP

28-09-2023 - Dibaca: 518 kali.
Voucher potongan harga adalah alat yang efektif dalam strategi pemasaran modern untuk meningkatkan penjualan dan memikat pelanggan. Dengan memberikan diskon atau potongan harga melalui voucher, bisnis dapat meningkatkan daya tarik produk atau layanan mereka, mendorong pembelian impulsif, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Baca selengkapnya...

Apakah Anda Sudah Tahu 7 Istilah CRM Ini?

16-07-2022 - Dibaca: 1910 kali.
Ketahui 7 istilah CRM ini untuk memudahkan Anda menyusun strategi.
Baca selengkapnya...

Penerapan Metode Tukar Tambah pada ERZ4P

12-11-2018 - Dibaca: 4456 kali.
Beberapa penjualan mungkin terjadi ketidakcocokan antara customer dengan produk. Mungkin karena customer berubah pikiran tentang barang yang dibelinya atau karena barang tersebut nyatanya rusak dan tidak cocok dengan kehendak customer anda. Dan satu solusinya adalah dengan meretur barang. Tetapi, prosedur Retur digunakan mengembalikan barang yang sudah dibeli customer ke pihak toko/outlet. Nah, bagaimana bila customer ingin mengembalikan barang yang dibeli dan membeli barang baru yang harga nya lebih tinggi dari barang yang dikembalikan ??
Baca selengkapnya...

5 Kesalahan Penggunaan ERP yang Sering Terjadi

14-01-2022 - Dibaca: 1900 kali.
Sedang mempertimbangkan sistem ERP? Simak artikel ini agar Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan penggunaan ERP yang sering terjadi.
Baca selengkapnya...

Tutorial Aset Jual

25-07-2020 - Dibaca: 5965 kali.
Kini Erzap telah merilis update berupa fitur Aset Jual, dimana pada fitur ini, anda dapat melakukan Penghapusan/Penjualan atas Aset Tetap yang sebelumnya sudah tercatat pada Sistem. Proses Penjualan Aset ini terbilang cukup singkat karena memiliki kemiripan dengan proses Penjualan Produk pada Faktur Penjualan, namun perbedaanya terletak pada Akun yang terpengaruh atas penjualan Aset tersebut pada Laporan Neraca dan Laba Rugi
Baca selengkapnya...

Penerapan sederhana ERZ4P pada industri Catering - Solusi Menu Tanpa Stok - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

aplikasi kasir toko, program toko, software aplikasi kasir, software program, basic erzap, panduan erzap, tutorial erzap, faq erzap, bisnis catering erzap, makanan erzap, catering erzap

Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri Catering yang dimana user dapat menjual menu tanpa menggunakan stok serta dapat mencatat pembelian bahan ke Suplier.