Penerapan proses KONSINASI Penjualan dan Pembelian pada ERZ4P - Study kasus industri Fashion

30-10-2017 13:32:04, Dibaca: 1426




Konsinasi merupakan bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang/produk dengan penyalur (toko). Dimana pemilik produk nanti menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di tokonya.
 Untuk melakukan proses konsinasi pada erzap maka ikutilah langkah - langkah berikut ini :

 

Mengambil Barang Konsinasi


Untuk usaha yang akan mengambil barang Konsinasi ke pihak Suplier ataupun ke pihak lain di ERZ4P dapat dilakukan melalui Menu Pembelian, yang dimana perusahaan tidak akan mengeluarkan dana untuk pengambilan barang, tetapi stok akan bertambah sehingga dapat kita kontrol nantinya. dan untuk melakukan pengambilan barang Konsinasi anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut ini : 

  1. Setelah anda masuk ke akun erzap anda, maka akseslah menu Pembelian > Faktur Pembelian > Buat Baru


     
  2. Anda akan diarahkan ke halaman 'Pencatatan transaksi pembelian', lalu isilah informasi yang diperlukan, pada bagian termin pilih lah termin 'Konsinasi', kemudian pada bagian 'Daftar Barang' isilah nama produk yang sesuai, tak lupa menentukan jumlah, dan harga satuan.

  3. Jika dirasa sudah dilengkapi informasi beserta dengan data yang diperlukan maka simpanlah transaksi tersebut dengan cara mengklik ikon disket pada bagian kiri / atas layar (atau bisa juga dengan menekan tombol 'f2' yang berarti simpan).



     
  4. Setelahnya ERZ4P akan menampilan invoice pembelian dengan versinya, dan disini anda dapat mencetak, mengunduh (download) dalam format PDF, maupun melampirkannya sebagai email dengan cara memanfaatkan ikon ikon pada sebelah kiri / atas seperti yang kami tandai dibawah ini.


     
  5. Untuk melihat data konsinasi atau data pembelian yang anda sudah anda buat sebelumnya maka anda dapat mengaksesah menu Pembelian > faktur pembelian > Manajemen data.


     
  6. Pilih 'No Faktur' yang di inginkan lalu klik lihat, edit, maupun klik no fakturnya untuk menampilkan invoice langsung.

Penjualan konsinasi Ke Pelanggan


Untuk memberikan barang Konsinasi kepada seseorang ataupun ke partner bisnis anda dapat melakukannya pada menu penjualan di ERZ4P, berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. akseslah menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat baru


     
  2. Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman 'Pencacatan Transaksi Penjualan' kemudian inputkanlah informasi yang dibutuhkan, mulai dari pemilihan outlet, gudang, dan lainnya. jangan lupa untuk memilih termin 'Konsinasi', pilih juga pelanggan yang akan bertransaksi. Pada tabel 'Daftar Barang' pilihlah barang yang ingin di konsinasikan contoh pada digambar yaitu baju setelah itu tentukan jumlahnya.


     
  3. Jika dirasa sudah dilengkapi informasi beserta dengan data yang diperlukan maka simpanlah transaksi tersebut dengan cara mengklik ikon disket pada bagian kiri / atas layar (atau bisa juga dengan menekan tombol 'f2' yang berarti simpan).




     
  4. Setelah transaksi tersimpan maka akan tampil jendela baru yaitu 'Konfirmasi Penjualan Piutang', lalu klik proses. Dan setelahnya akan kembali pop up baru dengan judul 'Proses Cetak'. anda dapat mencetak invoice transaksi tersebut ataupun ingin melihatnya dengan mengkil 'Lihat Nota'


 

Melihat Konsinasi


Untuk melihat barang - barang konsinasi di ERZ4P dapat dilakukan dengan dua cara :

 

A. Dengan Menu Inventory

  1. Akseslah menu inventory > Lihat Stock


     
  2. Pada halaman 'Lihat Stok' gunakanlah kolom 'Pencarian' pada sebelah kanan panel, dan inputkan nama barang yang di konsinasikan dengan Suplier ataupun dengan Pelanggan. Jika dirasa sudah pas maka klik tombol 'Filter' atau anda dapat mengklik ikon dengan gambar kaca pembesar pada bagian sebelah kiri / atas.




     
  3. Jika produk yang dimaksudkan telah ditampilkan maka anda dapat melihat pada bagian 'Total Stok' dan disana telah diberikan informasi barang stok maupun barang yang berstatus konsinasi.

 

B. Dengan Menu Pelanggan

Melihat barang menggunakan modul Pelanggan berguna untuk melihat barang yang telah di konsinasikan kepada pelanggan dan berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Akseslah menu Pelanggan  > Manajemen Data  


     
  2. Kemudian pada menu daftar pelanggan carilah data pelanggan yang dimaksudkan menggunakan kolom 'Pencarian' di sebelah kanan, lalu klik tombol 'Filter' atau anda dapat mengklik ikon kaca pembesar yang terletak pada sebelah kiri / atas.



     
  3. Jika data yang anda inputkan telah ditampilkan maka klik 'Lihat', seperti gambar dibawah ini.


     
  4. Pada halaman 'Menampilkan Data Pelanggan' pergilah ke tab 'Konsinasi', dan disana akan ditampilkan informasi barang konsinasi berdasarkan pelanggan.


C. Dengan Menu Penjualan


Untuk melihat konsinasi anda juga bisa melihat melalui modul penjualan, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Akseslah menu Penjualan > Laporan > Laporan Rekap Konsinasi Penjualan. 

     
  2. Berikut ini tampilan awal dari halaman laporan rekap konsinasi penjualan.


     
  3. Pada bagian pojok kanan untuk melihat laporan konsinasi anda bisa melakukan pencarian laporan konsinasi sesuai dengan yang anda inginkan, dengan cara mengimputkan 'Nama Pelanggan' kemudian tentukan 'Outlet Penjualan' dan 'Gudang' setelah itu tekan/klik tombol 'Filter' yang sudah ditandai garis merah.


     
  4. Berikut ini contoh hasil laporan rekap konsinasi penjualan. 


Sekian tutorial 'Penerapan proses KONSINASI Penjualan dan Pembelian Pada Industri Fashion' dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


 

Penghitungan fisik persediaan atau stock dengan modul Stok Opname

08-11-2017 - Dibaca: 2969 kali.
Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P.
Baca selengkapnya...

Detail Cara Menambahkan Produk Baru di ERZ4P Untuk Industri Pakaian & Fashion

19-07-2018 - Dibaca: 329 kali.
Di dalam industri fashion sangat penting menambahkan data produk ke dalam sistem untuk mengetahui persediaan barang dagang dan transaksi dalam suatu perusahaan. ERZ4P memiliki beberapa fitur di dalam menambahkan atau membuat produk baru dalam industri pakaian fashion ini antara lain
Baca selengkapnya...

Implementasi ERZ4P pada Barber Shop

29-06-2018 - Dibaca: 518 kali.
Pada tutorial ini kami akan membahas penerapan ERZ4P pada Barber Shop dengan menggunakan data produk berupa jasa (tanpa stok), disertai data produk non jasa atau produk yang menggunakan stok.
Baca selengkapnya...

Membuat Nota Penjualan pada Sistem Penjualan Toko HP

10-02-2018 - Dibaca: 4405 kali.
Nota adalah bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai. Nota dibuat oleh pedagang dan diberikan kepada pembeli. Biasanya nota dibuat rangkap dua, satu lembar untuk pembeli dan lembaran kedua untuk penjual
Baca selengkapnya...

Pendistribusian Minyak Kutus-Kutus dengan Sistem Erzap

03-10-2018 - Dibaca: 187 kali.
Tanpa kehadiran distributor, outlet outlet anda pasti akan sulit untuk melakukan pengadaan barang, karena distributor adalah jembatan penghubung antara usaha anda dan pabrik. Menjadi distributor bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terutama di bagian pendataan dan pembukuan. Anda memerlukan sebuah sistem untuk menghandle pendataan dari segala kegiatan yang ada seperti pengadaan, penjualan, monitoring stok, dan pembukuan. Tetapi dengan menggunakan Sistem ERZAP, Distributor tidak perlu risau, karena dengan penerapan Sistem ERZAP dapat mempermudah anda dalam melakukan pendataan kegiatan tersebut
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Penerapan proses KONSINASI Penjualan dan Pembelian pada ERZ4P - Study kasus industri Fashion - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

konsinasi erzap, konsinyasi erzap, consignment erzap, penjualan konsiyasi erzap, kontrol barang konsinyasi, atur barang konsinyasi, erzap bali, www.erzap.com

Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri fashion yang dimana user dapat melakukan sistem konsinasi pada penjualan