Penerapan Singkat Erzap pada Fitness Center

12-07-2018 13:42:35, Dibaca: 2248

Tubuh yang memukau adalah idaman semua orang. Untuk mencapai itu, orang berbondong bondong mengikuti kegiatan olahraga dan angkat beban. Tetapi untuk meraih tubuh yang ideal tersebut, diperlukan alat alat fitness yang terbilang cukup mahal untuk dimiliki. Oleh karena itu beberapa orang menciptakan usaha berupa fitness center guna untuk menyewakan alat-alat yang terbilang mahal tersebut.

Pada tutorial kali ini kami akan menjelaskan bagaimana anda dapat menerapkan Erzap pada bisnis berjenis jasa fitness center anda.

Proses tutorial ini akan meliputi beberapa tahap, di antaranya :

Data Pelanggan

Data Produk

Penjualan

Rekap Penjualan

 

 

 


DATA PELANGGAN


 

A. PEMBUATAN DATA PELANGGAN

Fitness center pada umum nya mendaftarkan member nya terlebih dahulu sebelum menyewakan jasa, jadi mula-mula kita dapat membuat data pelanggan terlebih dahulu. Pendaftaran pelanggan dapa diaksed lewat menu Pelanggan > Pendaftaran Pelanggan;

Setelah itu akan muncul window baru yang berupa form pendaftaran pelanggan, isi form tersebut sesuai dengan data identitas pelanggan. Semakin lengkap data yang diisi, semakin mudah anda mencari data pelanggan. Untuk Kode akan terisi otomatis oleh sistem. bila anda belum memiliki kategori pelanggan, anda dapat menambahkannya dengan mengklik icon tambah di samping kategori pelanggan (lihat gambar).

Selanjutnya, akan muncul window baru yang berisikan kolom untuk mengisi kategori pelanggan. isilah dengan  " Member " pada kolom Nama, lalu centang option " Aktifkan ". Lalu klik option Simpan (detail pada gambar).

 

Anda akan kembali ke form data pelanggan, sekarang isikan kolom kategori pelanggan dengan option Member yang anda buat tadi. 

 

 

Bila anda sudah selesai dengan mengisi data daftar pelanggan, klik ikon disket untuk menyimpan data pelanggan, seperti gambar berikut.

 

B. MELIHAT DATA PELANGGAN

Untuk melihat data pelanggan yang anda sudah buat, anda dapat mengakses menu Pelanggan > Manajemen Data

Pelanggan yang kami buat tadi, yaitu " Murphy " telah muncul pada Daftar Data Pelanggan; seperti pada gambar berikut.

 

 

 


DATA PRODUK


 

A. MEMBUAT DATA PRODUK

Pada tahap ini kami akan menjelaskan pembuatan data produk yang dapat diakses lewat Data Master > Produk > Banyak Data. Dapat dilijat seperti gambar dibawah.

Akan muncul window baru dengan kolom-kolom yang anda dapat isikan sesuai identitas produk, kolom dengan tanda bintang/asterisk mengartikan bahwa kolom tersebut wajib diisi, namun selain kolom tersebut dapat dinyatakan optional. Semakin lengkap data yang anda sertakan maka semakin mudah anda melakukan pencarian produk kedepannya. Jangan lupa mencentang option " Tanpa Stok/Jasa " karena Paket Fitness yang akan anda tawarkan adalah produk berupa jasa. Unruk barcode akan diisikan secara otomatis oleh sistem.

Bila data-data produk sudah dilengkapi maka anda dapat menyimpan produk dengan mengklik ikon disket seperti pada gambar yang tertera.

 

B. MELIHAT DATA PRODUK

Anda dapat melihat data produk yang telah anda buat lewat menu Data Master > Produk > Manajemen Data.

Data produk anda yang terlihat akan sesuai dengan apa yang anda isikan sebelumnya (perhatikan gambar).

 


PENJUALAN


 

PENJUALAN PRODUK VIA POINT OF SALES

Anda dapat melakukan penjualan produk anda dengan mengakses menu Penjualan > POS.

Setelah anda mengakses POS anda akan dialihkan ke tab baru yang berisi program kasir untuk menghandle transaksi. sebelum anda memilih produk Paket Fitness, anda dapat menambahkan data pelanggan anda ke dalam data transaksi dengan mengklik ikon yang ditandai pada gambar berikut.

Akan muncul window baru yang berisikan daftar nama pelanggan anda. Terdapat juga fitur Search untuk mencari nama pelanggan anda dengan cara mengetikan nama pelanggan yang ingin anda tambahkan.Untuk menambahkan data pelanggan ke dalam data transaksi anda cukup hanya mengklik nama pelanggan anda yang muncul pada kolom (perhatikan gambar berikut).

Setelah nama pelanggan anda terpilih, nama pelanggan tersebut akan muncul diatas list transaksi (diatas option Tipe). Selanjutnya anda memilih produk yang akan anda jual pada bagian kiri. Jika anda sudah memilih produk yang akan dijual, anda dapat masuk ke proses pembayaran dengan menekan tombol F2 pada keyboard atau mengklik option " Bayar " pada bagian kanan bawah. 

 

Window baru akan muncul. Pada window ini anda akan diberikan option untuk  memilih metode pembayaran. Untuk lanjut ke proses berikutnya anda dapat mengklik option " Selanjutnya " atau dengan menekan tombol F2 pada keyboard.

 

Anda akan dialihkan ke window selanjutnya, dimana pada window ini anda akan mengetikan nominal pembayaran. anda dapat menyelesaikan proses pembayaran dengan mengklik option " Bayar " atau menekan tombol F2 pada keyboard, tetapi dengan catatan nominal pembayaran tidak boleh lebih kecil dari total nominal yang harus anda bayar. Setelah itu nota akan secara otomatis tercetak dan data penjualan anda akan  tercatat dalam rekap penjualan.

 

 

 


REKAP PENJUALAN


 

Melihat Rekap Penjualan

Anda dapat melihat rekap penjualan yang anda telah lakukan tadi lewat menu Penjualan > Laporan > Rekap Penjualan Hari Ini

 

 

Halaman Rekap Penjualan akan muncul, anda dapat melihat detail penjualan seperti status, laba, dan data pembeli.

 


Sekian Tutorial " Penerapan Singkat Erzap pada Fitness Center " dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

 

Belum berlangganan Erzap ? Ayo daftarkan usaha anda sekarang juga mulai dari Rp, 150.000,00 anda sudah bisa menggunakan Erzap.

Mau coba-coba dulu tanpa berlangganan ? Bisa kok, Erzap Free Trial 14 hari !!

 

Tutorial Purchase Order (PO) pada ERZAP

19-11-2019 - Dibaca: 1299 kali.
Dalam Bisnis yang terbilang menengah keatas, pencatatan PO bisa menjadi kegiatan yag krusial. Karena pada pasalnya, pencatatan PO pada Bisnis anda akan menentukan persediaan penjualan untuk waktu mendatang. Ribuan jumlah barang dan ratusan jenis barang dapat menyita waktu bila dikerjakan secara manual tanpa bantuan Sistem, ditambah lagi dokumen fisik yang berisi informasi PO rentan tidak terarsip dengan baik. Untuk meningkatkan efisiensi kerja, ERZAP menyediakan fitur PO yang dapat membantu pencatatan pemesanan barang dari Supplier. Bagaimana cara kerja dan penggunaan fitur tersebut akan kami bahas pada Tutorial berikut. 
Baca selengkapnya...

Menginputkan Beban Usaha Pada ERZ4P

28-10-2017 - Dibaca: 2173 kali.
Beban usaha adalah pengeluaran yang biayanya dikeluarkan oleh kantor untuk operasional maupun hal lain. Berikut adalah cara menginputkan beban usaha di ERZ4P.
Baca selengkapnya...

PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK

12-02-2018 - Dibaca: 47455 kali.
dalam akuntansi terdiri dari beberapa hal dan salah satunya adalah retur pembelian. Jual beli barang dagangan tidak selamanya berjalan dengan mulus. dalam kondisi tertentu biasanya ada saja barang yang rusak sehingga pembeli pasti akan mengembalikan barang yang telah dibelinya
Baca selengkapnya...

Membuat Akun Kas pada Sistem ERZ4P

23-07-2018 - Dibaca: 2813 kali.
Akun Kas atau cash account yaitu akun yang berisi perincian jumlah uang kas yang masuk ataupun yang keluar, pencatatan ini akan menunjukkan sisa uang kasyang harus ada.
Baca selengkapnya...

Fitur Hitung Kas pada Erzap Android

27-06-2019 - Dibaca: 1109 kali.
Sekarang, Kasir anda dapat menggunakan Fitur Hitung Kas lewat Erzap Android. Simak Tutorial Berikut untuk mengetahui cara penggunaan Fitur Hitung Kas Erzap Android.
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Penerapan Singkat Erzap pada Fitness Center - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

program kasir akunting gym

Tutorial ini akan memberikan penjelasan singkat tentang metode penerapan Erzap pada Fitness Center