Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP

06-03-2024 10:56:24, Dibaca: 122

Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP

Diskon, sebuah kata yang sering kita temui saat berbelanja offline atau online. Diskon itu sendiri adalah potongan harga dari harga asli produk atau layanan. Diskon sangat penting karena mendorong pembelian, menarik perhatian konsumen, mengurangi stok barang, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menjangkau target pasar baru. Ini adalah strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar perusahaan.

Salah satu dari contoh penerapan diskon adalah Diskon Bertingkat, dimana diskon bertingkat adalah sebuah strategi pemasaran berupa potongan harga atau penawaran diskon bervariasi berdasarkan faktor tertentu, seperti jumlah pembelian atau nilai total transaksi. 

Contoh diskon bertingkat secara sederhana adalah :

Jika Anda membeli barang dengan harga Rp100.000 dengan diskon bertingkat sebesar 10% pada tahap pertama, 20% pada tahap kedua, dan 30% pada tahap ketiga maka perhitungannya sebagai berikut :

1. Diskon Tahap Pertama 10% :

Anda akan mendapatkan diskon sebesar Rp10.000 (10% dari Rp100.000) pada tahap pertama.
Harga setelah diskon pertama adalah Rp100.000 - Rp10.000 = Rp90.000.

2. Diskon Tahap Kedua 20% :

Anda akan mendapatkan diskon sebesar Rp18.000 (20% dari Rp90.000) pada tahap kedua.
Harga setelah diskon kedua adalah Rp90.000 - Rp18.000 = Rp72.000

3. Diskon Tahap Ketiga 30% :

Anda akan mendapatkan diskon sebesar Rp21.600 (30% dari Rp72.000) pada tahap ketiga.
Harga setelah diskon ketiga adalah Rp72.000 - Rp21.600 = Rp.50.400

Jadi, jumlah total besarnya diskon sesuai dengan ketentuan diatas adalah: Rp10.000 + Rp18.000 + Rp21.600 = Rp49.600.

Demikian adalah contoh sederhana perhitungan diskon bertingkat, berikutnya adalah penerapan diskon bertingkat pada ERZAP ERP.


Ada 2 (dua) cara dalam penerapan diskon pada ERZAP yaitu melalui Data Master Produk dan melalui Faktur Penjualan. Dalam tutorial ini, kita akan membahas bagaimana penerapan kedua metode tersebut.

Adapun isi dari tutorial sebagai berikut :

Daftar Isi
1. Penerapan Diskon pada Data Master Produk
2. Penerapan Diskon pada Faktur Penjualan 

 1. Penerapan Diskon pada Data Master Produk

Penerapan diskon pada data master produk dapat dilakukan melalui menu Data Master, pilih menu Produk, lalu klik menu Manajemen Data.

Berikut adalah halaman Daftar Data Produk, Anda dapat mencari produk yang anda inginkan dengan pencarian di bagian kanan seperti berdasarkan Nama Produk,Merek,Kategori, dan lain-lain yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. 
Klik Edit untuk mengubah data produk.

Anda akan diarahkan ke halaman Perubahan Data Produk, cara penerapan Diskon pada produk tersebut adalah scroll kebawah sampai dengan kolom Diskon.

Kolom Diskon dapat di isi dengan 3 (tiga) format yaitu :

  1. Diskon Rupiah :Anda dapat meng-inputkan nominal rupiah pada kolom diskon.
  2. Diskon Persentase : Anda dapat meng-inputkan nominal persentase pada kolom diskon.
  3. Diskon Bertingkat : Anda dapat meng-inputkan dua bahkan lebih nominal pada kolom diskon.
    Contohnya seperti 10+5 atau 10%+5% atau 10+5+3% dan masih banyak lagi.
     
Note.
Diskon Bertingkat HANYA BERLAKU untuk nominal persentase saja.

Kemudian klik Simpan untuk menyimpan data produk


2. Penerapan Diskon pada Faktur Penjualan

Akses Faktur Penjualan dengan cara pilih menu Penjualan, lalu pilih menu Faktur Penjualan, kemudian klik Buat Baru.

Berikut adalah halaman Pencatatan Transaksi Penjualan dan lengkapi data-data seperti Outlet Penjual, Termin, dan Barcode - Nama Barang - Kode Ref serta Jumlah yang terjual.

Jika produk tersebut sudah memiliki pengaturan Diskon pada Data Master Produk, maka kolom Diskon akan terisi secara OTOMATIS saat produk tersebut dimasukkan pada Daftar Barang.

Note.
Anda dapat mengubah nominal Diskon sesuai yang di-inginkan pada kolom Diskon.

 Kemudian klik Simpan untuk menyimpan transaksi penjualan.

Anda diarahkan ke menu Pembayaran, lengkapi Jenis Pembayaran serta Memilih Kas/Bank dan input Nominal Pembayaran dari pembeli.
Kemudian klik Proses untuk memproses pembayaran.


Sekian Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP. Silahkan hubungi PIC Anda masing-masing untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis anda!

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Konsep Debet dan Kredit dalam Transaski Usaha “Dasar Akuntansi”

11-09-2022 - Dibaca: 5212 kali.
Debit berada di sisi sebelah kiri dan penambahan aset bisa berupa penambahan jumlah transaksi dalam hal ini adalah uang, alat hingga hal yang tidak berwujud secara langsung seperti sewa ataupun piutang. Berbeda dengan debit, kredit sendiri berasal dari Bahasa “latin” yaitu “credere”, yang artinya pencatatan akuntansi untuk akun hutang dan ekuitas mengalami peningkatan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Data Pesanan Via Pemindahan Barang

15-05-2023 - Dibaca: 590 kali.
Pemindahan barang adalah suatu proses di mana barang dikirimkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam konteks bisnis, pemindahan barang dapat digunakan untuk mengirimkan produk dari gudang ke toko atau dari toko ke pelanggan. Dalam tutorial ini akan membahas cara membuat data pesanan yang akan digunakan untuk pemindahan barang, Data pesanan ini akan berisi informasi tentang produk yang akan dipindahkan, jumlah barang, dan lokasi tujuan pengiriman. Dengan adanya data pesanan yang lengkap dan akurat, proses pemindahan barang dapat dilakukan dengan lebih efisien dan tepat waktu. Fitur membuat data pesanan via pemindahan barang ini cocok untuk bisnis yang mempunyai banyak cabang maupun gudang dan barang-barangnya bergerak dengan cepat ataupun juga barang tersebut diterima sebagian dari jumlah nota tersebut.
Baca selengkapnya...

Aplikasi Absensi Erzap Teams

25-03-2021 - Dibaca: 4258 kali.
Erzap Teams adalah aplikasi mobile yang digunakan khusus untuk mencatat kehadiran dan absensi dari masing-masing pegawai. Hasil pencatan absen ini akan otomatis tersikron dengan Modul Gaji Pegawai. Erzap Teams tersedia pada platform Android  iOS.
Baca selengkapnya...

Siap-siap! Ini 5 Tren Bisnis di Tahun 2023 yang Potensial

05-01-2023 - Dibaca: 596 kali.
Tahun 2023 baru saja dimulai, siapkah bisnis Anda menghadapi tren tahun ini? Ketahui lebih lanjut dalam artikel ini!
Baca selengkapnya...

Harga Minyak Naik-Turun? Atur Harga Tanpa Ribet dengan Sistem ERP

21-03-2022 - Dibaca: 654 kali.
Harga minyak naik-turun bikin pusing atur harga jual? Dengan ERZAP ERP, atur harga produk menjadi lebih cepat dan praktis!
Baca selengkapnya...

Tutorial Penjualan dengan Diskon Bertingkat pada ERZAP ERP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

penjualan,diskon,diskon bertingkat,faktur penjualan,erzap

Diskon, sebuah kata yang sering kita temui saat berbelanja offline atau online. Diskon itu sendiri adalah potongan harga dari harga asli produk atau layanan. Diskon sangat penting karena mendorong pembelian, menarik perhatian konsumen, mengurangi stok barang, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menjangkau target pasar baru. Ini adalah strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar perusahaan.