Membuat Akun Kas pada Sistem ERZ4P

23-07-2018 11:08:25, Dibaca: 514


Akun Kas atau cash account yaitu akun yang berisi perincian jumlah uang kas yang masuk ataupun yang keluar, pencatatan ini akan menunjukkan sisa uang kas yang harus ada.

Berikut adalah langkah – langkahnya :

  1. Membuat Akun Kas Baru
  2. Manajemen Data Akun Kas
  3. Penerapan Penjualan Dengan Akun Kas Toko

Membuat Akun Kas Baru


Untuk membuat akun kas baru ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Akseslah menu Data Master > Akun > Buat Akun Kas


     
  2. Kemudian pada halaman ini, inputkanlah data yang dibutuhkan mulai dari *Kode, *Nama Akun, memilih *Outlet, *Keterangan (bila perlu) dan  memilih *Opsi( pilihlah 'Digunakan di Penjualan dan Aktifkan'. Seperti gambar berikut ini.


     
  3. Setelah itu simpanlah proses pembuatan data akun kas dengan mengklik ikon disket pada bagian sebelah kiri.


     

Manajemen Data Akun Kas


Berikut langkah-langkah melihat daftar perkiraan akun kas :

  1. Akseslah menu Data Master > Akun > Manajemen Data

     
  2. Berikut adalah tampilan awal daftar perkiraan akun pada ERZ4P


     
  3. Selanjutnya,inputkan data mulai dari *Nama, *Kode, *Status, pilihlah *Outlet akun serta *Jenis Akun dan *Mutasi. Sebagai contoh seperti gambar dibawah ini, Bila semua data sudah terisi klik Filter


     
  4. Setelah itu ERZ4P akan menampilkan data perkiraan yang ingin anda lihat. Dibawah ini merupakan data perkiraan Akun Kas Toko yang ditampilkan ERZ4P.


     
  5. Kemudian bila anda ingin melihat data tersebut lebih detail anda bisa pilih 'Lihat'


     
  6. Maka ERZ4P akan menampilkan data Akun Kas secara detail seperti gambar berikut

  7. Setelah itu bila anda ingin mengedit data Akun Kas anda bisa pilih 'Edit'


     
  8. Kemudian, ERZ4P akan menampilkan data Akun Kas yang akan anda edit, Selanjutnya anda dapat melakukan perubahan data. 


     
  9. Bila perubahan data akun sudah selesai klik Simpan.

  10. Maka ERZ4P akan memberikan pemberitahuan bila data berhasil diperbarui.


     
  11. Selesai.
     

Penerapan Penjualan Dengan Akun Kas Toko


  1. Akseslah menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat Baru


     
  2. Kemudian pada halaman ini, inputkanlah data yang dibutuhkan mulai dari *Outlet Penjual dan  memilih *Barang. Setelah itu simpanlah proses pembuatan data akun kas dengan mengklik ikon disket pada bagian sebelah kiri.


     
  3. Setelah itu akan muncul jendela pembayaran, Kemudian pilihlah *Jenis Pembayaran (Bayar Tunai) dan *Kas / Bank yang digunakan (Kas Toko), jika sudah pas klik 'Proses'


     
  4. Setelah itu ERZ4P akan menampilkan invoice penjualan, dari sini anda dapat mencetak invoice tersebut, melihat detail nota penjualan, dan tutup tampilan. 


     
  5. Selesai
     

Sekian tutorial "Membuat Akun Kas pada ERZ4P" dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


Fitur Duplikasi Penjualan ERZAP

18-01-2019 - Dibaca: 122 kali.
Anda mungkin kerap menjumpai customer anda membeli barang/produk yang sama setiap mereka berbelanja di Outlet anda. Kasir anda mungkin hafal dengan daftar belanjaan customer tersebut, tetapi bukankah sedikit membosankan untuk menginput orderan yang sama setiap harinya dari orang yang sama ?? Maka dari itu, kali ini ERZAP merilis fitur Duplikat Penjualan. Dengan Fitur ini, anda dapat melakukan penjualan yang sudah pernah dilakukan tanpa harus menginput produk satu persatu lagi.
Baca selengkapnya...

Penerapan Metode Tukar Tambah pada ERZ4P

12-11-2018 - Dibaca: 251 kali.
Beberapa penjualan mungkin terjadi ketidakcocokan antara customer dengan produk. Mungkin karena customer berubah pikiran tentang barang yang dibelinya atau karena barang tersebut nyatanya rusak dan tidak cocok dengan kehendak customer anda. Dan satu solusinya adalah dengan meretur barang. Tetapi, prosedur Retur digunakan mengembalikan barang yang sudah dibeli customer ke pihak toko/outlet. Nah, bagaimana bila customer ingin mengembalikan barang yang dibeli dan membeli barang baru yang harga nya lebih tinggi dari barang yang dikembalikan ??
Baca selengkapnya...

Cara Membuat Plafon Piutang Pelanggan

23-05-2018 - Dibaca: 653 kali.
Cara Membuat Plafon Piutang Pelanggan
Baca selengkapnya...

Cara Membuat Akun Bank Pada ERZ4P

23-07-2018 - Dibaca: 394 kali.
Di dalam proses transaksi pasti kita menggunakan tipe penjualan seperti langsung ataupun tak langsung. Jika langsung maka kita bisa menggunakan tunai, sedangkan tak langsung kita bisa menggunakan kartu kredit ataupun dengan bank. Nah berikut akan dijelaskan cara membuat akun bank dengan sistem ERZ4P. ERZ4P memiliki fitur di dalam membuat akun bank yaitu
Baca selengkapnya...

Penjualan Pulsa dengan Sistem ERZAP

30-10-2018 - Dibaca: 500 kali.
Tentu saja tanpa adanya pulsa, ponsel ada tidak akan dapat melakukan panggilan. Bahkan tanpa diisi pulsa pun anda tidak dapat terhubung ke internet karena provider menggunakan pulsa sebagai alat pembayaran unruk berlangganan paket data atau kuota. Karena termasuk sebagai kebutuhan sehari-hari, pulsa dijual dimana-mana. dari warung, kios, sampai swalayan. Sebagai salah satu produk andalan di kios dan swalayan, kami akan memberikan penjelasan metode Penjualan Pulsa dengan SIstem ERZ4P. Dengan menjual pulsa lewat sistem, dapat mempermudah anda menghitung penjualan pulsa. Sebab ERZ4P memiliki fitur untuk memilah penjualan berdasarkan kategori produk. Perhitungan Kas pun akan lebih mudah, karena ERZ4P dapat membedakan kas yang digunakan untuk penjualan barang dan juga penjualan pulsa pada outlet anda. 
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Membuat Akun Kas pada Sistem ERZ4P - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

Membuat Akun Kas pada Sistem ERZ4P, cara membuat kas, cari mudah membuat akun

Akun Kas atau cash account yaitu akun yang berisi perincian jumlah uang kas yang masuk ataupun yang keluar, pencatatan ini akan menunjukkan sisa uang kasyang harus ada.