3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P

04-08-2017 16:03:30, Dibaca: 8699




Untuk memulai aplikasi ERZ4P anda dapat mengikuti 3 tips jitu yang telah kami susun di bawah ini, berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Data Master Produk
  2. Transaksi Pembelian
  3. Transaksi Penjualan
  4. Contoh Nota / Invoce


Data Master Produk


Pertama membuat data master produk anda dengan cara mengakses menu Data Master > Produk > Buat Satu Data.


 

  • Isilah informasi yang dibutuhkan (informasi yang tidak bertandakan symbol bintang berwarna merah (*) dapat dilewati)
  • Isilah setiap informasi yang dibutuhkan pada tiap-tiap Tab Menu seperti gambar dibawah ini ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )


     
  • Simpan data produk yang telah dibuat dengan mengklik ikon disket disebelah kiri ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )


Transaksi Pembelian


Kedua mencatat pembelian anda agar stok bertambah dengan cara mengakses menu Pembelian > Faktur Pembelian > Buat Baru.

  • Isilah informasi umum pada bagian 1, lalu mengisi daftar Barang / Produk pada bagian 2, setelah itu mengisi bagian pembayaran pada bagian ke 3 ( Lihatlah ilustrasi gambar dibawah ini).


     
  • Untuk memproses transaksi yang telah dibuat anda dapat menyimpannya dengan mengklik ikon disket disebelah kiri ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )



Transaksi Penjualan


Ketiga Buat invoice penjualan agar pendapatan bertambah dan stok berkurang dengan cara mengakses menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat Baru.

  • Isilah informasi umum pada bagian 1, lalu mengisi daftar Barang / Produk pada bagian 2, setelah itu mengisi bagian potongan & uang muka jika transaksi tersebut diberikan potongan atau menggunakan uang muka saat bertransaksi pada bagian ke 3 ( Lihatlah ilustrasi gambar dibawah ini ).


     
  • Simpan dengan mengklik ikon disket disebelah kiri untuk memproses transaksi ( Lihatlah gambar yang ditandai dengan warna merah dibawah ini )


     
  • Setelah itu masukkan nominal pembayaran dan tentukan jenis pembayarannya ( ini tidak akan muncul jika penjualan menggunakan termin kredit ) lalu klik ‘Proses’.



    *Note :
    ERZ4P dapat melakukan dua metode pembayaran saat melakukan transaksi penjualan, jadi anda dapat mengisi pembayaran bagian pertama saja jika pelanggan melakukan satu jenis pembayaran. jika pelanggan ingin melakukan dua jenis pembayaran anda dapat mengisi pembayaran pada bagian kedua juga ( Lihatlah ilustrasi gambar diatas )

     
  • Setelah anda mengklik tombol 'Proses' maka akan muncul notifikasi 'Proses Cetak' disini anda dapat memilih fungsi yang disediakan, mulai dari mencetak nota, melihat nota, ataupun menutupnya ( Lihatlah ilustrasi gambar dibawah ini ).



    *Note :
    #Notifikasi 'Proses Cetak' tidak akan muncul jika anda menggunakan termin berupa kredit.

    #Berikut adalah fitur - fitur dari 'lihat Nota' pada gambar diatas :
        -  Kwintansi.
        - Cetak surat jalan.
        - Unduh Nota / Invoice kedalam bentuk Excel
        - Unduh Nota / Invoice kedalam bentuk ‘PDF’.
        - Kirim Nota / Invoice via Email.


    #Jika anda menggunakan Printer Kasir atau Printer Lx maka secara otomatis sistem akan mencetak nota penjualan di ikuti dengan notifikasi seperti dibawah ini setelah menyimpan transaksi.

 

Contoh Nota / Invoice


Contoh hasil print menggunakan Printer Epson TM - U220

    

 

 

Contoh hasil print menggunakan Printer Epson LX Series
berikut barang serta serial number

Contoh hasil print menggunakan Printer Epson LX Series
berikut barang yang jumlahnya 10 item

Contoh hasil print menggunakan Printer Epson LX Series
berikut barang yang lebih dari 10


Sekian tiga tips jitu menggunakan ERZ4P dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.

 

 

 

 

 

 

LANGKAH-LANGKAH MENGEDIT ATAU MERUBAH DATA PRODUK

13-03-2018 - Dibaca: 4717 kali.
Pengubahan/edit produk dilakukan karena ada beberapa faktor seperti nama produk yang dijual tidak sesuai sama yang berada di system. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengedit suatu produk.
Baca selengkapnya...

Penerapan Cashback untuk Penjualan Star Seller Shopp

23-04-2019 - Dibaca: 1681 kali.
Untuk Star Seller Shopee, setiap penjualan yang dilakukan akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1 persen. Hal ini menyebabkan Customer membayar total faktur sesuai dengan nota, tetapi nominal yang diterima oleh Penjual adalah nominal yang sudah dipotong biaya administrasi Shopee.
Baca selengkapnya...

CARA MENGINPUTKAN RESI EKSPEDISI PADA MODUL PENJUALAN

20-04-2018 - Dibaca: 3318 kali.
Nomor resi adalah nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa logistik / ekspedisi. Umumnya berupa lembaran kertas dengan nomor seri tertentu. Pada nomor resi umumnya tercantum beberapa informasi terkait pengiriman diantaranya, nama dan alamat tujuan, nama dan alamat pengirim, tanggal pengiriman, isi paket, nilai barang, jenis layanan, ongkos kirim dan lain-lain.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Fitur Stok Keluar

10-03-2020 - Dibaca: 79 kali.
Untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan Stok seperti yang disebutkan, Erzap menghadirkan Fitur Stok Keluar, yang berfungsi untuk mengurangi Stok diluar penjualan dan otomatis mencatat pembukuan terkait Stok yang berkurang tersebut.
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Stock Opname pada Erzap

12-11-2019 - Dibaca: 349 kali.
Kesulitan Stock Opname ?? Tenang, Sistem kami bisa bantu proses Stock Opname di outlet Anda, lebih cepat, lebih akurat
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

aplikasi kasir toko, program toko, software aplikasi kasir, software program, basic erzap, panduan erzap, tutorial erzap, faq erzap, 3 jurus jitu erzap, tiga jurus jitu erzap

3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P. 1. Buat data master produk anda dengan cara mengakses menu Data Master > Produk > Buat Satu Data.