Cara Meningkatkan Penjualan melalui Instagram dan Tiktok

24-06-2022 17:02:40, Dibaca: 316

Tingkat Penggunaan Instagram dan TikTok di Indonesia

Dilansir dari Line Today, Instagram dan Tiktok termasuk ke dalam Top 4 media sosial dengan pengguna tertinggi di Indonesia. Jumlah pengguna Instagram dan Tiktok masing-masing adalah 99,15 juta dan 92,07 juta (18 tahun ke atas) pengguna. Terdapat kemiripan pada konten populer di kedua platform tersebut, yakni video berdurasi pendek. Sebelum ada Instagram reels, konten video singkat yang diunggah di Instagram feeds pun juga termasuk konten dengan engagement tinggi. Namun selain dari membuat konten video, ada pula hal lain yang perlu diperhatikan seperti beberapa hal berikut ini.

Strategi Pemasaran melalui Sosial Media

1. Promosi melalui Instagram

a. Membuat akun Instagram bisnis dan memperhatikan profil Instagram: untuk mempermudah pengelolaan bisnis Anda, pastikan akun Instagram Anda adalah akun bisnis bukan personal karena akun Instagram bisnis memiliki fitur yang berbeda dan lebih lengkap dibandingkan akun Instagram biasa. Menurut @Victoriawong88 (Cicikonten), terdapat 2 jenis profil Instagram yang dapat Anda pilih berdasarkan tujuan Anda dan produk Anda, yaitu follow atau beli.

  • Follow : Jika Anda ingin fokus pada mencari followers dengan konten, deskripsi bio Anda dapat menggunakan format isi konten untuk siapa agar bisa apa kemudian diarahakan untuk cek produk Anda sebagai solusi. Username dan foto tidak menujukkan produk. Biasanya jenis profil ini digunakan bagi orang yang menjual jasa seperti kelas, seminar, kursus, dan lainnya.
  • Beli : Isi bio mendeskripsikan keunggulan produk dengan arahan jelas agar audiens membeli produk Anda. Username dan foto cenderung mengarah ke produk. Jenis profil ini lebih cocok untuk produk berupa barang fisik.

b. Tingkatkan interaksi dengan konten yang interaktif: selain konten berupa promosi produk, buatlah konten yang mengundang interaksi baik berupa like maupun komentar dari audiens. Misalnya konten tebak-tebakan, games, fun fact, atau pertanyaan-pertanyaan singkat. Anda dapat pula menggunakan template feeds dengan tema tertentu seperti dari Canva agar tampilan akun Anda tampak menarik dan unik. Manfaatkanlah segala jenis konten yang dimiliki Instagram. Saat ini konten visual terutama berbentuk video singkat sedang diminati pengguna media sosial sehingga Anda mungkin dapat mengutamakan konten dengan format tersebut.

c. Menggunakan kalimat CTA untuk meningkatkan engagement akun: ketika Anda mengunggah konten tertentu, jangan lupa disertai kalimat CTA (Call to Action) pada caption unggahan seperti berikut ini.

  • Ayo beli sekarang
  • Limited offer
  • Limited stock
  • Save postingan ini
  • Tag 3 orang yang kamu kenal
  • Cek sekarang

d. Mengoptimalkan fitur Instagram: Instagram memiliki sejumlah fitur yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan engagement Instagram bisnis selain dari jenis konten yang bisa Anda pilih. Contohnya sebagai berikut. 

  • Fitur FAQ (frequently asked question) yang dapat digunakan oleh konsumen ketika mereka ingin menanyakan pertanyaan yang sering diajukan tanpa repot-repot mengetik. Anda dapat menyetelnya dengan pergi ke setting>frequently asked question>add question (ketik pertanyaan di sini)>save.
  • Fitur quick replies yang memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan FAQ tersebut dengan cepat.
  • Fitur Question Box, Polling, dan Story Quiz pada story Instagram juga dapat Anda manfaatkan untuk membangun interaksi dengan audiens.
  • Fitur hashtag memungkinkan produk Anda untuk ditemukan konsumen yang mencari produk dengan hashtag. Jangan gunakan hashtag yang terlalu general dalam jumlah banyak. Fokuslah pada niche market dan gunakan hashtag yang rinci pula agar unggahan Anda dapat menjadi unggahan teratas pada hashtag tersebut. Tools yang dapat digunakan untuk melakukan riset hashtag, yakni Metahashta, Ritetag, dan All Hashtag.
  • Fitur Instagram Ads agar produk Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas secara cepat. Apabila Anda memiliki dana lebih untuk iklan, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mendukung engagement akun bisnis.

e. Perhatikan waktu posting: terdapat beberapa rekomendasi waktu unggahan yang dapat Anda temukan di internet beserta harinya, tetapi jangan lupa bahwa Anda juga harus memperhatikan insight dari akun Anda sendiri untuk menentukan jam aktif followers Anda. Waktu terbaik saat ini menurut internet adalah mulai dari pagi hingga siang hari.

Anda mungkin tertarik: Rahasia Penjualan Meningkat melalui Sosial Media

2. Promosi melalui Tiktok

a. Memperhatikan konten yang sedang viral: konten yang viral tidak hanya dapat ditemukan di aplikasi Tiktok tersebut sendiri, terkadang saking viralnya Anda bahkan dapat menemukan berita tentang konten tersebut di media lainnya. Buat kembali konten tersebut versi Anda dan tim agar kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih besar dapat semakin tinggi. Konsistenlah dalam membuat video supaya audiens tahu bahwa akun Anda aktif. Konten yang Anda buat TikTok bisa juga diunggah ulang di Instagram reels. Fitur Instagram Live juga dapat dimanfaatkan untuk bisa berinteraksi langsung dengan audiens yang bahkan belum mengikuti akun Anda.

b. Menggunakan hashtag dan sound yang sedang populer: ketika Anda menonton video yang ada di for you page, sering kali terdapat penggunaan beberapa hashtag yang kadang mungkin tidak berkaitan dengan video. Namun jika video tersebut dapat sampai ke halaman FYP Anda, artinya hashtag tersebut memang sedang populer. Anda juga dapat melihat tagar yang sedang populer melalui halaman “discover”. Tidak masalah jika Anda menggunakan hashtag yang tidak terlalu berkaitan dengan produk Anda, tetapi pastikan hashtag tersebut tidak didominasi oleh konten berbau negatif karena dapat memengaruhi pandangan audiens terhadap akun Anda. Sama halnya dengan sound yang digunakan, terdapat beberapa sound yang mungkin kerap Anda dengar ketika menonton FYP. Selain mencari referensi musik dari konten FYP, TikTok biasanya juga akan memberikan rekomendasi lagu saat Anda hendak mengunggah konten video, yakni pada bagian discover yang dapat ditemukan saat Anda memilih lagu dalam proses editing di aplikasi.

c. Melihat data analytics TikTok: TikTok Analytics membantu Anda untuk melihat video mana yang paling banyak mengundang penonton, interaksi serta informasi tentang audiens secara lebih spesifik. Manfaat dari mengetahui data analitik akun adalah Anda dapat lebih mudah menentukan konten apa yang hendak dibuat beserta durasi videonya.

d. Mempertimbangkan jasa influencer: tidak ada salahnya menggunakan jasa influencer TikTok apabila Anda punya budget lebih. Konten TikTok yang berupa video dan lebih mudah untuk FYP memungkinkan produk yang dipromosikan dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. Namun, lebih baik memilih jenis promosi soft selling karena jumlah penonton pada promosi yang terlalu hard selling biasanya malah sedikit.

e. Memanfaatkan fitur Tiktok Ads: fitur ini adalah fitur iklan berbayar yang disediakan TikTok untuk mendorong produk Anda agar lebih dilihat oleh pengguna. Berikut ini beberapa jenis TikTok Ads yang dapat dipilih.

  • Brand Takeover: iklan ekslusif ini muncul sehari sekali saat pengguna pertama kali membuka aplikasi TikTok.
  • In Feed Ads: iklan ini muncul ketika audiens sedang menonton video di feeds.
  • Promotes Hashtag Challenge: pilih jenis iklan ini apabila Anda sedang mengadakan campaign atau challenge untuk mengajak audiens berpartisipasi.
  • Branded Effect/Filter: pernah melihat konten dengan efek atau filter yang identik dengan merek tertentu? Anda juga dapat membuatnya dengan memilih jenis iklan ini serta memberikan informasi produk pada efek yang dibuat.

Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjangkau lebih banyak konsumen melalui sosial media. Arahkan konsumen untuk melakukan transaksi melalui platform e-commerce agar penilaian dan peringkat Anda di platform tersebut juga turut meningkat. Apabila Anda berjualan di beberapa marketplace, pertimbangkanlah penggunaan Omnichannel untuk memudahkan Anda mengurus marketplace yang berbeda melalui satu media saja. Omnichannel ERZAP dapat membantu Anda menyusun informasi produk dengan cepat dan praktis. Tidak hanya mengatur informasi produk, tetapi sinkronisasi stok, orderan, data penjualan dan pengecekan pencairan dana juga dapat Anda lakukan dengan sistem ERZAP. Tertarik mengetahui lebih lanjut? Yuk, daftar sekarang dan nikmati manfaatnya!

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Apakah Akun Facebook Anda sudah Menghasilkan?

30-06-2022 - Dibaca: 210 kali.
Anda punya akun Facebook, tetapi belum menghasilkan? Lakukanlah beberapa tips berikut agar akun Anda lebih menghasilkan.
Baca selengkapnya...

Cara Memproses Penerimaan Piutang Menggunakan Metode Import Data

03-08-2018 - Dibaca: 5962 kali.
Piutang merupakan salah satu unsur dari aktiva lancar dalam neraca perusahaan yang timbul akibat adanya penjualan barang, jasa atau pemberian kredit terhadap debitur yang pembayaran pada umumnya diberikan dalam tempo 30 hari sampai dengan 90 hari. ERZ4P memiliki beberapa fitur di dalam melakukan pelunasan piutang ini antara lain :
Baca selengkapnya...

Sinkronisasi Lazada

11-04-2022 - Dibaca: 867 kali.
Punya Toko di Lazada? Sudah pakai Erzap? Good! Kalo begitu anda sudah siap untuk kelola Toko-toko pada Lazada via Erzap? Check this Tutorial out!
Baca selengkapnya...

Kas Masuk & Kas Keluar

08-08-2020 - Dibaca: 7831 kali.
Untuk pencatatan terkait pertambahan atau pengurangan nilai Kas, Erzap memiliki Fitur Kas Masuk dan Kas Keluar yang memungkinkan pengguna untuk memberi pertambahan nilai maupun pengurangan nilai Kas secara langsung. Bagaimana cara kerja Kas Masuk dan Kas Keluar pada Erzap ? Bagaimana cara penggunaannya ?  Simak Tutorial ini untuk mempelajari detail Kas Masuk dan Kas Keluar 
Baca selengkapnya...

Konsep Debet dan Kredit dalam Transaski Usaha “Dasar Akuntansi”

11-09-2022 - Dibaca: 90 kali.
Debit berada di sisi sebelah kiri dan penambahan aset bisa berupa penambahan jumlah transaksi dalam hal ini adalah uang, alat hingga hal yang tidak berwujud secara langsung seperti sewa ataupun piutang. Berbeda dengan debit, kredit sendiri berasal dari Bahasa “latin” yaitu “credere”, yang artinya pencatatan akuntansi untuk akun hutang dan ekuitas mengalami peningkatan.
Baca selengkapnya...

Cara Meningkatkan Penjualan melalui Instagram dan Tiktok - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

Omnichannel erzap, erp, erzap omnichannel, omnichannel, sosial media, digital marketing, pemasaran digital, Instagram, Tiktok

Sudahkah Anda memanfaatkan media sosial untuk bisnis Anda? Ketahui strategi penggunaan media sosial yang dapat Anda lakukan agar penjualan Anda semakin laris.