Apakah Anda Sudah Tahu 7 Istilah CRM Ini?

16-07-2022 21:04:47, Dibaca: 2603

Apa itu CRM?

CRM atau Customer Relationship Management adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan menjaga relasi dengan konsumen. Terdapat beberapa strategi CRM yang biasa dilakukan perusahaan, yakni; program loyalitas, personalisasi layanan, pemberian rewards, dan lainnya. Management Study Guide mengatakan bahwa CRM mulai dikenal para pebisnis pada tahun 1970. Mulanya para pemilik bisnis lebih mementingkan produk dibandingkan konsumen. Lambat laun fokus mereka berganti menjadi consumer oriented. Ada beberapa istilah yang dikenal dalam CRM, apa saja istilah-istilah tersebut? Yuk, baca lebih lanjut.

Istilah-istilah dalam CRM

1. Lead

Lead adalah calon konsumen atau orang-orang yang berpotensi menjadi konsumen Anda. Target dari sebuah bisnis adalah mengubah lead menjadi konsumen melalui transaksi jual beli. Orang-orang yang dianggap sebagai lead adalah mereka yang menunjukkan ketertarikan pada barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan, tetapi belum melakukan pembelian.

2. Contact

Contact adalah konsumen potensial yang datanya telah didapatkan perusahaan dan terdaftar di database perusahaan sebagai orang yang memang berniat membeli produk perusahaan.

Baca juga: Pentingnya USP dalam Persaingan Bisnis

3. Prospecting

Prospecting sesuai arti katanya adalah tahap pertama yang dilakukan perusahaan berupa mengidentifikasi konsumen potensial. Tahap ini kemudian menghasilkan database konsumen yang nantinya digunakan perusahaan untuk promosi, CRM, dan kebutuhan lainnya.

4. Deal

Deal dalam CRM adalah situasi ketika lead melakukan pembelian dan berganti status menjadi konsumen. Deal merupakan fokus utama dalam tahapan prospecting.

5. Acquire

Makna dari Acquire dalam konteks CRM ialah tahap pertama perusahaan berupa mendapatkan pelanggan baru. Tahap ini berkaitan dengan lead dan prospecting. Upaya awal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengimplementasikan acquire adalah dengan bersikap ramah dan memberikan citra yang baik bagi calon konsumen.

6. Enhance

Tahap kedua dalam konsep CRM ini dilakukan setelah proses deal telah berhasil. Calon konsumen sudah melakukan transaksi dan kemungkinan berstatus pelanggan tetap. Perusahaan melakukan enhance atau penambahan nilai dengan tujuan customer retention. Customer retention adalah tindakan perusahaan dalam mempertahankan konsumennya agar tidak beralih ke perusahaan lain. Ada 2 strategi meningkatkan nilai kepada konsumen, yakni Up-selling dan Cross-selling. Berikut perbedaan keduanya.

  • Up-selling: produk yang diproduksi dan ditawarkan perusahaan kepada konsumen tetap sama, tetapi dengan kualitas yang lebih baik
  • Cross-selling: strategi perusahaan berupa penawaran produk tambahan untuk melengkapi produk yang telah dimiliki konsumen.

7. Retain

Retain dalam konsep CRM merupakan lanjutan dari enhance. Perusahaan berupaya mempertahankan konsumen loyal mereka. Misalnya dengan memberikan penghargaan, promosi, dan manfaat lainnya agar konsumen merasa spesial. Harapan perusahaan adalah hubungan dengan konsumen lama dapat terjalin dengan baik dalam jangka panjang dan menghemat biaya perusahaan dalam mencari konsumen baru.

Demikian 7 istilah dalam CRM yang sering digunakan. Apabila Anda pernah melihat promosi berupa voucher, gratis ongkir, diskon, poin, dan sebagainya, kegiatan tersebut adalah strategi perusahaan dalam mengelola CRM-nya. CRM sangat penting bagi sebuah bisnis mengingat target akhir dari perusahaan adalah konsumen. Modul Pelanggan dari ERZAP dapat membantu Anda mengatur CRM agar loyalitas konsumen meningkat dan penjualan pun juga bertambah pesat. Ini dia beberapa fitur CRM ERZAP yang dapat mempermudah Anda.

Ingin tahu cara menggunakan fitur-fitur tersebut untuk CRM Anda? Klik di sini.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

 

 

 

Tutorial Pengiriman Pesanan Penjualan Erzap ERP

14-04-2023 - Dibaca: 2977 kali.
Mencatat pengiriman pesanan penjualan adalah proses penting yang harus dilakukan oleh setiap bisnis yang melakukan penjualan produk atau jasa. Proses ini melibatkan pencatatan dan pemantauan pengiriman pesanan dari pihak penjual ke pihak pembeli. Mencatat pengiriman pesanan penjualan secara akurat dan tepat waktu memiliki banyak manfaat penting bagi keberhasilan bisnis.
Baca selengkapnya...

Pemindahan Barang antar Cabang pada Sistem Toko Handphone dan Komputer

14-02-2018 - Dibaca: 7818 kali.
Sistem Erzap menyediakan solusi untuk masalah pengelolaan Cabang dengan dukungan fitur Multi-Outlet yang sangat memungkinkan anda untuk mengakses seluruh data outlet dalam satu sistem yang terintegrasi. Pada Tutorial ini kami akan membahas salah satu fitur yang kerap digunakan dalam pengelolaan Inventori toko Handphone, yaitu Fitur Pemindahan Barang antar Cabang
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Stock Opname pada Erzap

12-11-2019 - Dibaca: 4713 kali.
Kesulitan Stock Opname ?? Tenang, Sistem kami bisa bantu proses Stock Opname di outlet Anda, lebih cepat, lebih akurat
Baca selengkapnya...

Tingkatkan Produktivitas Karyawan untuk Kelangsungan Bisnis Anda

17-02-2022 - Dibaca: 1972 kali.
Karyawan adalah bagian penting dari sebuah bisnis. Untuk itu, intip tips-tips berikut ini agar bisnis Anda semakin berkembang!
Baca selengkapnya...

Punya Bisnis Manufaktur? Simak Pentingnya ERP bagi Bisnis Anda!

21-04-2022 - Dibaca: 1359 kali.
Anda punya bisnis manufaktur dan sedang mempertimbangkan ERP? Simak pentingnya ERP bagi bisnis Anda di sini!
Baca selengkapnya...

Apakah Anda Sudah Tahu 7 Istilah CRM Ini? - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

CRM, program loyalitas, loyalty program, pelanggan, pelanggan setia, istilah CRM

Ketahui 7 istilah CRM ini untuk memudahkan Anda menyusun strategi.