Ini Pentingnya Brand Awareness bagi Kelangsungan Bisnis Anda

15-09-2022 16:39:55, Dibaca: 467

Pengertian Brand Awareness

Brand Awareness adalah tingkat kesadaran konsumen maupun calon konsumen terhadap keberadaan sebuah merek. Brand awareness merupakan bagian dari teori perilaku konsumen. Tingkat brand awareness dapat dilihat dari seberapa familiarnya seorang individu terhadap sebuah merek dan bagaimana respons yang diberikan. Melansir 99designs, konsep tentang Brand Awareness sudah ada sejak tahun 1500an.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Brand Awareness penting bagi sebuah bisnis karena jika tingkat kesadaran merek calon konsumen tinggi, mereka kemungkinan besar akan membeli produk Anda dan sebaliknya. Semakin rendah kesadaran merek, semakin sedikit pula orang yang tertarik untuk membeli. Alasannya, kesadaran merek juga menunjukkan kredibilitas sebuah merek di mata konsumen. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi citra perusahaan maupun penjualannya. Posisikanlah diri kita sebagai konsumen, tentunya kita akan lebih memilih merek yang sudah dikenal, kualitas barang/jasa yang ternukti baik, dan direkomendasikan oleh orang banyak.

Baca juga: Penjualan Kosninyasi, Untung atau Rugi?

Brand Awareness Brand Besar: Coca Cola

Salah satu perusahaan yang memiliki strategi brand awareness yang baik adalah Coca-Cola. Sebagai salah satu merek minuman ringan yang sudah cukup lama berada di pasar, Coca-Cola mampu mempertahankan eksistensinya di antara berbagai kemunculan merek minuman soda baru. Hal ini dapat terjadi karena Coca-Cola aktif mengkomunikasikan bisnisnya melalui berbagai media dan strategi. Iklan yang ditampilkan oleh Coca-Cola tidak melulu soal produk atau inovasinya, melainkan kampanye dan disesuaikan dengan situasi tertentu seperti Hari Raya. Ketika bulan puasa misalnya, sering kali kita melihat iklan Coca-Cola yang disusun sedemikian rupa menunjukkan keakraban dan interaksi manusia.

Audiens yang melihat iklan tersebut akan mengingat Coca-Cola sebagai minuman ringan yang cocok diminum beramai-ramai. Coca-cola sekaligus mengingatkan kepada masyarakat bahwa mereknya masih eksis di pasar. Kampanye yang dilakukan Coca-Cola disertai dengan tagline "Share a Coke" yang mudah diingat. Tidak hanya dari segi kampanye, konsistensi Coca-Cola dengan desain produk yang dominan merah dan putih juga sudah tertanam di benak konsumen sehingga tanpa melihat nama mereknya pun, konsumen sudah dapat menebak merek yang dimaksud.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran merek berdasarkan tujuannya, antara lain untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, menarik simpati, dan meningkatkan penjualan. Namun, secara umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Memiliki branding yang tepat

Dasar dari strategi peningkatan brand awareness adalah branding. Branding adalah proses pembentukan citra yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk diversifikasi dengan perusahaan atau produk sejenis di pasar sehingga mudah diiingat oleh konsumen. Unsur-unsur di dalam branding, yakni sebagai berikut.

  • Nama merek
  • Logo
  • Produk secara fisik
  • Tagline

Branding perusahaan mungkin saja berbeda dengan branding setiap produknya karena harus disesuaikan kembali dengan kelebihan yang ingin ditonjolkan oleh perusahaan.

2. Membuat konten yang positif dan berkualitas

Tidak masalah jika Anda mengunggah konten yang mengikuti tren, tetapi tetap perlu memperhatikan tren seperti apa yang sedang terjadi. Sebab, salah-salah malah mendatangkan kesan dan respons negatif. Pastikan merek Anda menampilkan hal positif, misalnya berupa konten edukasi, bakti sosial, dan bermanfaat bagi khalayak.

3. Mengoptimalkan penggunaan sosial media sebagai media promosi

Untuk mengkomunikasikan merek dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan produk Anda, perlu untuk menggunakan sosial media sehingga lebih mudah menjangkau pasar. Semakin Anda aktif di sosial media, semakin banyak orang yang mengetahui dan berpotensi untuk bertransaksi di tempat Anda.

4. Bekerja sama dengan KOL dan influencer yang tepat

Tidak semua public figure dapat Anda pilih untuk mempromosikan usaha Anda karena ada beberapa yang menggunakan sensasi dan mengundang kontroversi. Sekalipun pengikutnya banyak, tetapi biasanya tidak semuanya adalah fans loyal ataupun pengikut aktif.

5. Menjadi sponsor acara tertentu

Anda dapat menjadi sponsor untuk acara besar yang masih sesuai dengan lini usaha. Apabila banyak pengunjung yang datang, semakin banyak pula orang yang melihat keberadaan merek Anda dan mungkin tertarik membeli produk Anda.

Software ERP, Bantu Anda Manfaatkan Waktu Lebih Efisien!

Menyusun strategi brand awareness bukanlah mudah. Sebab, dibutuhkan perencanaan matang agar proses pemasaran dan komunikasi yang dilakukan dapat menghasilkan hasil yang optimal dan sesuai tujuan perusahaan. Menggunakan software ERP untuk mendukung manajemen bisnis akan membantu Anda mengalokasikan waktu untuk hal lain seperti membuat perencanaan strategy brand awareness yang matang. Tidak hanya brand awareness, Anda juga dapat menggunakan waktu Anda untuk menysuun strategi bisnis lainnya karena hal-hal teknis seperti pelaporan dan pendataan dapat dilakukan melalui sistem ERP. Salah satunya pelaporan stok dari berbagai gudang dan outlet terpisah, Anda tidak perlu mengunjungi outlet dan gudang satu per satu. Data masing-masing lokasi dapat Anda lihat dan awasi melalui back office ERP. Namun, Anda perlu memperhatikan jenis dan kelengkapan software ERP yang akan digunakan. Software ERP dengan ratusan pilihan menu dan fitur seperti ERZAP ERP akan membantu Anda dalam hal:

  • Pendataan dan pemantauan persediaan stok barang
  • Perhitungan gaji baik staff biasa maupun komisi sales
  • Pembukuan dan pembuatan laporan Akunting
  • Perhitungan diskon dan promosi lainnya
  • Pencatatan transaksi jual beli
  • Pembuatan invoice dan faktur pajak
  • Perencanaan CRM (Customer Relationship Management) untuk menjaga loyalitas pelanggan
  • Pengawasan departemen, outlet, dan gudang yang berbeda
  • Dan sebagainya.

Temukan lebih lanjut manfaat ERP bagi bisnis Anda di sini. Kelola manajemen bisnis Anda dengan ERZAP ERP! Daftar melalui tombol di bawah.

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Aplikasi Absensi Erzap Teams

25-03-2021 - Dibaca: 4258 kali.
Erzap Teams adalah aplikasi mobile yang digunakan khusus untuk mencatat kehadiran dan absensi dari masing-masing pegawai. Hasil pencatan absen ini akan otomatis tersikron dengan Modul Gaji Pegawai. Erzap Teams tersedia pada platform Android  iOS.
Baca selengkapnya...

Menginputkan Beban Usaha Pada ERZ4P

28-10-2017 - Dibaca: 4649 kali.
Beban usaha adalah pengeluaran yang biayanya dikeluarkan oleh kantor untuk operasional maupun hal lain. Berikut adalah cara menginputkan beban usaha di ERZ4P.
Baca selengkapnya...

Gajian 2.0

07-07-2021 - Dibaca: 1390 kali.
Memperkenalkan, Gajian 2.0 dari Erzap! Fitur ini mendukung Absensi, Gajian, dan Akunting yang terintegrasi. Semua data akan saling tersinkron secara otomatis. Penggunaan fitur ini akan kami bahas dalam tiga tutorial berbeda. Silahkan ikuti tutorial-tutorialnya untuk menerapkan Gajian 2.0 secara maksimal.
Baca selengkapnya...

PEMBUATAN PRODUK BERUPA KOMPOSISI PAKET/MENU

18-04-2018 - Dibaca: 5495 kali.
Paket komposisi merupakan suatu bentuk gabungan beberapa produk yang disatukan menjadi sebuah produk dengan penamaan tertentu. Contoh pada umunya seperti : "parsel" atau "paket computer" atau "Paket Menu" dan banyak lagi. Anda dapat menjual barang yang berisikan barang-barang yang berbeda, sesuai dengan pilihan paket yang anda miliki.
Baca selengkapnya...

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

20-10-2021 - Dibaca: 3940 kali.
Verifikasi Dua Langkah adalah metode keamanan yang digunakan user untuk mengantisipasi kebocoran data. User akan diminta untuk memasukan Kode OTP jika hendak login ke Sistem Erzap. Kode OTP akan dikirimkan ke alamat email pihak yang berwenang atau yang bertanggung jawab atas Kode OTP tersebut.
Baca selengkapnya...

Ini Pentingnya Brand Awareness bagi Kelangsungan Bisnis Anda - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Brand Awareness, branding, pemasaran, marketing, tips marketing

Sudahkah brand Anda memiliki brand awareness?