Rahasia Pengunjung Ramai: AIDA Model

20-09-2022 17:37:55, Dibaca: 706

Apa itu AIDA Model?

AIDA model adalah model pemasaran yang membagi proses pengambilan keputusan konsumen menjadi beebrapa tahapan. AIDA merupakan akronim dari awareness, interest, desire, dan action. Model AIDA dikembangkan sejak tahun 1898 oleh Elias St. Elmo Lewis, pengusaha asal Amerika. Penggunaan model ini dapat dilihat dalam narasi sebuah iklan yang mempromosikan sebuah mereka atau produk. Secara spesifik, model AIDA digunakan pemasar ketika menyusun copywriting. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens, menimbulkan keinginan atau kebutuhan akan sebuah produk, dan kemudian menimbulkan tindakan. Tindakan yang dimaksud bisa berupa mengarahkan ke situs tertentu atau melakukan pembelian. AIDA Model (Awareness, Interest, Desire, Action) Kita perlu memahami pengertian tiap huruf agar dapat mempraktikkannya. Sebab, masing-masing variabel memiliki bentuk dan tujuan masing-masing. Misalnya saja action yang berfungsi sebagai CTA (call to action) dan merupakan tahap terakhir model AIDA. Sebelum mencapai tahap action, pemasar harus memenuhi 3 tahap sebelumnya terlebih dahulu, yakni awareness (kesadaran), interest (ketertarikan), dan desire (keinginan). Berikut penjelasannya.

A. Awareness

Awareness atau kesadaran adalah tahapan pertama dalam implementasi AIDA Model. Fungsi dari awareness ialah membangun kesadaran audiens terhadap keberadaan suatu mereka tau produk. Praktik awareness dalam copywriting misalnya dengan membuat headline yang provokatif dan mengundang audiens untuk melihat lebih lanjut. Gunakan kata-kata yang bersifat personal agar audiens merasa iklan yang dia lihat sesuai dengan situasi atau kebutuhannya.

B. Interest

Interest sebagai tahapan kedua ditujukan untuk mempertahankan minat audiens agar tetap membaca atau menonton iklan yang ditampilkan hingga akhir. Perusahaan harus mampu menampilkan sesuatu yang relevan dengan audiens agar mereka tetap memberikan perhatian dan dapat menyerap informasi yang diberikan perusahaan seutuhnya. Apabila perusahaan berhasil mempertahankan minat audiens, akan lebih mudah untuk menciptakan keinginan audiens dan sampai pada tahap terakhir sesuai tujuan perusahaan.

C. Desire

Audiens yang sudah sampai di tahap ini kemungkinan besar akan melakukan pembelian. Pasalnya, mereka sudah merasa butuh dan timbul keinginan untuk membeli produk Anda. Perusahaan harus dapat meyakinkan audiens bahwa mereka memang membutuhkan produk yang ditawarkan. Dapat pula memperlihatkan testimoni dari pembeli sebelumnya untuk mendukung tahap ini.

D. Action

Action merupakan tujuan akhir dari AIDA model. Perusahaan yang mampu membangkitkan kesadaran, mempertahankan minat, dan meyakinkan audiens akan lebih mudah mendorong audiens untuk sampai ke tahap tindakan berupa transaksi. Biasanya terdapat frasa yang bernada ajakan untuk membujuk audiens melakukan apa yang diharapkan perusahaan. Sekalipun tindakan yang dilakukan tidak berujung pada transaksi, tetapi ketika audiens sudah sampai ke tahap ini artinya mereka sudah lumayan mengingat perusahaan Anda.

Panduan Implementasi AIDA Model

Masing-masing huruf dalam AIDA Model harus memiliki key points atau mengandung pertanyaan-pertanyaan berikut.

a. Awareness

  • Apa yang ingin disampaikan perusahaan
  • Apakah pesan yang disampaikan penting bagi audiens
  • Judul menarik perhatian

b. Interest

  • Mampu mempertahankan minat audiens untuk terus melihat informasi yang diberikan
  • Relevan dengan kebutuhan atau situasi audiens
  • Apa keuntungan yang mungkin didapatkan audiens

c. Desire

  • Bagaimana menstimulasi keinginan terhadap produk
  • Mampu membuat audiens merasa membutuhkan produk yang ditawarkan
  • Mampu meyakinkan audiens bahwa produk Anda adalah yang mereka butuhkan

d. Action

  • Menggunakan kalimat persuasif
  • Terdapat CTA yang mengarahkan audiens melakukan sesuatu
  • Mampu membuat audiens melakukan sesuai harapan perusahaan

ERZAP KATALOG UNTUK MENDUKUNG PROMOSI 

Fitur katalog dapat memudahkan audiens Anda yang sudah sampai ke tahap CTA untuk melihat rincian produk secara lebih jelas. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu proses promosi sebab Anda cukup mengirimkan link katalog kepada target audiens. Anda dapat mendapatkan fitur katalog secara GRATIS jika berlangganana dengan ERZAP. Data produk di situs web katalog akan otomatis menyesuaikan dengan data pada sistem sebab fitur ini terhubung dengan back office dari ERZAP ERP sehingga informasi akan terus diperbaharui secara real-time. Data produk yang dimaksud mencakup harga produk, jumlah stok, dan informasi lainnya. Menggunakan AIDA model dalam copywriting yang didukung dengan penggunaan SEO akan membantu calon konsumen menemukan produk Anda karena dalam katalog global ERZAP terdapat meta keyword produk.

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

 

5 Sektor Industri di Bali yang Sustainable setelah Pandemi!

22-10-2022 - Dibaca: 1083 kali.
Terpikir untuk membuka bisnis di Bali? Berikut beberapa sektor industri yang dapat berlangsung jangka panjang!
Baca selengkapnya...

Tutorial Cetak Label Rak Dengan Erzap Label Designer

13-10-2022 - Dibaca: 3987 kali.
Membuat label rak pada umumnya cukup merepotkan dan memakan banyak waktu dalam proses pengerjaannya. Terlebih lagi harga produk yang dipengaruhi oleh berbagai jenis promo sering berubah-ubah sehingga menuntut proses pembuatan label rak yang cepat dan akurat.
Baca selengkapnya...

Sistem ERP: Optimasi Pengelolaan Bisnis Anda

24-10-2023 - Dibaca: 299 kali.
Sistem ERP adalah platform perangkat lunak yang merangkum berbagai proses bisnis dan memfasilitasi pengelolaan sumber daya perusahaan dengan lebih efisien dan terstruktur. Sebagai landasan bisnis modern, ERP membawa integrasi terhadap berbagai aspek operasional perusahaan. Erzap ERP menawarkan lebih dari sekedar konsep konvensional. Tidak hanya sebagai sistem pengeolahan sumber daya perusahaan, namun juga sebagai solusi revolusioner yang membawa keunggulan teknologi digital ke dunia bisnis, membantu perusahaan untuk mengoptimalkan operasi ke tingkat yang lebih tinggi. Erzap ERP dapat membantu perusahaan untuk membuka peluang besar untuk mendukung pertumbuhan bisnis.
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Data Pesanan Via Pemindahan Barang

15-05-2023 - Dibaca: 590 kali.
Pemindahan barang adalah suatu proses di mana barang dikirimkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam konteks bisnis, pemindahan barang dapat digunakan untuk mengirimkan produk dari gudang ke toko atau dari toko ke pelanggan. Dalam tutorial ini akan membahas cara membuat data pesanan yang akan digunakan untuk pemindahan barang, Data pesanan ini akan berisi informasi tentang produk yang akan dipindahkan, jumlah barang, dan lokasi tujuan pengiriman. Dengan adanya data pesanan yang lengkap dan akurat, proses pemindahan barang dapat dilakukan dengan lebih efisien dan tepat waktu. Fitur membuat data pesanan via pemindahan barang ini cocok untuk bisnis yang mempunyai banyak cabang maupun gudang dan barang-barangnya bergerak dengan cepat ataupun juga barang tersebut diterima sebagian dari jumlah nota tersebut.
Baca selengkapnya...

Penerapan Cashback untuk Penjualan Star Seller Shopp

23-04-2019 - Dibaca: 7030 kali.
Untuk Star Seller Shopee, setiap penjualan yang dilakukan akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1 persen. Hal ini menyebabkan Customer membayar total faktur sesuai dengan nota, tetapi nominal yang diterima oleh Penjual adalah nominal yang sudah dipotong biaya administrasi Shopee.
Baca selengkapnya...

Rahasia Pengunjung Ramai: AIDA Model - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

AIDA Model, Marketing, Copywriting, Awareness, Interest, Desire, Action

AIDA model dapat membantu strategi pemasaran Anda agar dapat sampai ke tahap deal. Lantas, apa itu AIDA Model? Simak penjelasannya di sini.