Baru! Promosi Bisnis dengan WhatsApp Community untuk Bisnis UMKM!

23-11-2022 19:55:07, Dibaca: 960

Apa itu WhatsApp Community?

WhatsApp Community merupakan fitur terbaru dari WhatsApp yang diluncurkan di Indonesia pada November 2022. Sebenarnya fitur ini sudah mulai dikenalkan secara halus oleh WhatsApp sejak pertengahan 2021 dan semakin gencar mendekati pertengahan tahun ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa grup ke dalam satu wadah yang lebih besar yaitu komunitas. Melansir dari WhatsApp, komunitas hanya dapat dikendalikan oleh admin sedangkan anggota grup tidak dapat memberikan tanggapan. Namun, nantinya akan ada beberapa fitur tambahan seperti reaksi, berbagi file, panggilan suara dengan banyak peserta, dan kontrol admin. Lantas bagaimana cara mengakses WhatsApp Community dan apa manfaatnya bagi bisnis Anda? Simak lebih lanjut pembahasannya di bawah ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Community

Fitur WhatsApp Community dapat Anda akses melalui halaman utama WhatsApp. Berikut tahapannya secara lebih rinci.

  1. Silakan buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Anda
  2. Klik icon berbentuk 3 orang di pojok kiri atas untuk android  dan icon seperti berikut untuk ios 
  3. Pilih mulai komunitas
  4. Masukkan informasi komunitas yang akan dibentuk (foto, nama dan deskripsi)
  5. Klik panah hijau di pojok kanan bawah
  6. Klik tambah grup/buat grup baru (pastikan Anda sudah menjadi admin grup-grup tersebut)
  7. Jika sudah menambahkan semua grup yang relevan, silakan klik icon centang hijau
  8. Anda dapat mulai mengirim pesan pada grup komunitas bertanda pengeras suara

Keuntungan Fitur WhatsApp Community bagi Bisnis UMKM

WhatsApp Community berguna bagi pengusaha UMKM sebab para pebisnis dengan skala kecil biasanya mengurus bisnisnya sendiri atau hanya memiliki anggota tim yang terbatas. Adanya fitur ini dapat membantu pengusaha UMKM untuk melakukan beberapa hal berikut.

  1. Kegiatan promosi lebih mudah tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.
    WhatsApp Community memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan promosi ke berbagai grup sekaligus. Anda dapat melakukan blast promosi cukup satu kali saja pada komunitas yang ditandai dengan simbol megafon atau pengeras suara. Anggota grup dari beberapa grup dapat menemukan pesan promosi Anda pada komunitas tersebut.

    Selain itu, fitur ini juga sangat menghemat waktu Anda dalam mengirimkan pesan karena Anda tidak perlu lagi mengirimkan pesan promosi satu per satu ke berbagai group maupun ke personal. Anda dapat menciptakan gimik khusus jika mereka yang tergabung dalam komunitas adalah pelanggan yang akan mendapatkan penawaran khusus. Gimik tersebut akan mempermudah Anda untuk menjangkau pelanggan baru. Mendapatkan data pelanggan baru dan kegiatan promosi menjadi semakin optimal.
     
  2. Kolaborasi yang lebih luas.
    Alasan hadirnya fitur Whatsapp Community sendiri salah satunya adalah untuk menghadirkan peluang terciptanya kolaborasi yang lebih besar. Dari segi bisnis ini berarti Anda dapat bergabung atau diundang ke dalam komunitas bisnis yang memberikan Anda peluang untuk berkolaborasi dengan bisnis lain. Hal ini tentu dapat menciptakan sesuatu dapat yang besar baik dari segi bisnis maupun dari pelanggan. Dari sisi lain Anda bisa mendapatkan user generated content lebih mudah, seperti testimoni dari pelanggan yang mana hal tersebut nantikan akan menguntungkan Anda. 

     
  3. Berbagi file berukuran besar dan panggilan dengan banyak anggota sekaligus.
    Ukuran maksimum file pada chat biasa hanya 16 MB sedangkan pada WhatsApp Community, Admin dapat mengirimkan file hingga 2 GB. Bagi Anda yang memiliki file katalog dengan desain dan isi yang cukup banyak, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengirimkan informasi selengkap-lengkapnya kepada pelanggan. Selain itu, panggilan suara dengan 32 orang juga memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan anggota-anggota grup yang berbeda.

     
  4. Menghapus Pesan yang Kurang Pantas.
    Telah dijelaskan sebelumnya bahwa hanya Admin Komunitas yang dapat melakukan blasting pesan di dalam komunitas. Selain blasting pesan, admin juga memiliki hak kuasa untuk menghapus pesan yang kurang pantas pada komunitas. Hal ini tentu dapat mengurangi atau meminimalisir adanya misinformasi yang terjadi pada percakapan group.
     
  5. Memudahkan komunikasi antar departemen.
    Apabila Anda memiliki grup untuk departemen yang berbeda, fitur ini dapat membantu Anda dalam memberikan informasi secara menyeluruh dan tanpa perlu khawatir pesan Anda tenggelam akibat terlalu banyak respons yang masuk. Kalaupun ada yang ingin bertanya atau merespons, mereka dapat melakukannya dengan memiliih “balas secara privat/reply privately”
    .

Baca juga: Intip 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan agar Bisnis Anda tetap Jaya!

Maksimal Manfaatkan Fitur Data Pelanggan Erzap

Erzap merupakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang dapat membantu Anda dalam mempermudah pengelolaan berbagai jenis usaha, salah satunya usaha retail meliputi toko sembako, minimarket, dan supermarket. Erzap memiliki fitur Manajemen Data Pelanggan yang didapat melalui pelanggan yang mendaftarkan diri saat bertransaksi langsung maupun dari pesanan yang masuk melalui marketplace. Anda dapat menerapkan Program Loyalitas Pelanggan seperti memberikan promo-promo spesial, harga khusus member dan menerapkan sistem Poin Pelanggan.Program-program tersebut akan lebih mudah dikomunikasikan dengan fitur WhatsApp Community sebab proses penyebaran informasinya lebih cepat dan menyeluruh pada pelanggan Anda.

Whatsapp Community membantu Anda untuk memaksimalkan pemanfaatan data pelanggan yang telah Anda miliki. Anda dapat membuat komunitas bagi para pelanggan Anda untuk kemudian dapat digunakan untuk melakukan kegiatan promosi. Hal ini tentu dapat menjadi keuntungan bagi Anda sebagai pemilik usaha sedangkan dari sisi pelanggan akan mudah mendapatkan informasi seperti promo yang sedang berjalan di toko Anda.

Daftarkan usaha retail Anda sekarang juga di www.erzap.com, dan dapatkan free trial sistem selama 14 hari. Anda akan didampingi oleh team ahli untuk pengenalan sistem, demo dan training. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan usaha bersama Erzap ERP dan memperkuat pondasi usaha Anda.


Kelola manajemen bisnis Anda dengan ERZAP ERP! Daftar melalui tombol di bawah.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Kas Masuk & Kas Keluar

08-08-2020 - Dibaca: 12067 kali.
Untuk pencatatan terkait pertambahan atau pengurangan nilai Kas, Erzap memiliki Fitur Kas Masuk dan Kas Keluar yang memungkinkan pengguna untuk memberi pertambahan nilai maupun pengurangan nilai Kas secara langsung. Bagaimana cara kerja Kas Masuk dan Kas Keluar pada Erzap ? Bagaimana cara penggunaannya ?  Simak Tutorial ini untuk mempelajari detail Kas Masuk dan Kas Keluar 
Baca selengkapnya...

Kontribusi Tourist Attraction Terhadap Peluang Usaha Mini Market

29-10-2022 - Dibaca: 515 kali.
Kontribusi Tourist Attraction Terhadap Pendapatan Desa
Baca selengkapnya...

Penerapan Metode Tukar Tambah pada ERZ4P

12-11-2018 - Dibaca: 4457 kali.
Beberapa penjualan mungkin terjadi ketidakcocokan antara customer dengan produk. Mungkin karena customer berubah pikiran tentang barang yang dibelinya atau karena barang tersebut nyatanya rusak dan tidak cocok dengan kehendak customer anda. Dan satu solusinya adalah dengan meretur barang. Tetapi, prosedur Retur digunakan mengembalikan barang yang sudah dibeli customer ke pihak toko/outlet. Nah, bagaimana bila customer ingin mengembalikan barang yang dibeli dan membeli barang baru yang harga nya lebih tinggi dari barang yang dikembalikan ??
Baca selengkapnya...

Penggunaan Fitur Cashback pada Faktur Penjualan Erzap

11-09-2018 - Dibaca: 6261 kali.
Pada Tutorial ini kami akan menjelaskan cara menggunakan fitur cashback pada faktur penjualan
Baca selengkapnya...

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan dari Jenis-jenis Ownership Ini?

17-12-2022 - Dibaca: 4243 kali.
Terdapat beberapa jenis kepemilikan dalam bisnis. Jenis manakah yang Anda pilih? Ketahui kelebihan dan kekurangannya dalam artikel ini.
Baca selengkapnya...

Baru! Promosi Bisnis dengan WhatsApp Community untuk Bisnis UMKM! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

WhatsApp Community, Bisnis, WhatsApp untuk Bisnis

Tahukah Anda WhatsApp meluncurkan fitur WhatsApp Community? Yuk, cari tahu manfaatnya bagi bisnis Anda!