Tutorial Stok Opnam dengan Metoda Scan Barcode

07-08-2023 16:06:59, Dibaca: 764

Tutorial Stok Opnam dengan Metoda Scan Barcode

Memastikan ketersediaan stok yang akurat dalam bisnis Anda sangatlah penting. Dalam tutorial ini, kita akan membahas metode yang efektif untuk melakukan stok opnam menggunakan metode teknologi scan barcode. Proses ini membantu mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi dalam memantau inventaris. 

Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan menguasai cara melakukan stok opnam yang akurat dan efisien menggunakan metode scan barcode. Fitur ini dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi proses stok opname. Stok opname dapat dilakukann dengan banyak pelaksana dan lebih terkoordinir.

Adapun isi tutorial sebagai berikut :

Daftar Isi :
1. Menu Stok Opnam
2. Memilih Jumlah Pelaksana Stok Opnam
 2.1. Satu Pelaksana
 2.2. Banyak Pelaksana
  2.2.1. Ketua
  2.2.2. Pelaksana
3. Proses Finalisasi Hasil SO (jika Banyak Pelaksana)
4. Koreksi Hasil Stok Opnam

1. Menu Stok Opnam

Anda dapat melakukan Stok Opnam, dengan mengakses menu Inventori, pilih Stok Opnam, dan klik Buat Formulir SO.

Selanjutnya Anda akan memilih Metode SO, dan pilihlah Metoda Scan Barcode.


2. Memilih Jumlah Pelaksana Stok Opnam

Setelah Anda memilih Metoda Scan Barcode, Anda akan diarahkan ke halaman Jumlah Pelaksana Stok Opnam

Pada Halaman ini Anda dapat memilih Jumlah Pelaksana :

  1. Satu Pelaksana : Proses scan barcode produk dilakukan oleh 1 (satu) orang.
  2. Banyak Pelaksana : Proses scan barcode produk dilakukan oleh beberapa orang. Pelaksanaan SO akan dipimpin oleh seorang ketua dan beberapa pelaksana lapangan.

2.1 Satu Pelaksana

Jika pada bisnis atau usaha Anda hanya ada 1(satu) orang yang akan melakukan proses Stok Opnam, klik Satu Pelaksana.

Anda akan masuk ke halaman Perhitungan Stok Opnam, di halaman ini Anda dapat memilih Gudang yang akan di Stok Opnam. Inputkan Nama Pelaksana, dan inputkan barang dengan scan barcode produk tersebut untuk keperluan stok opnam, pada halaman Perhitungan Stok Opname.

Lalu pada kolom Stok Aktual, inputkan jumlah stok produk tersebut yang berada di lapangan.

Note.
Cara lain untuk menginputkan Stok Aktual adalah inputkan jumlah stok aktual pada kolom Scan Barcode kemudian dilanjutkan dengan <spasi> lalu barcode dari produk.

Ketika sudah selesai melakukan proses Stok Opnam, klik icon Simpan

Lalu akan muncul Formulir Koreksi Stok Opnam, di halaman ini tertera Hasil SO, Stok yang tercatat pada sistem sebelum SO, dan Perbedaan antara Hasil SO dan Stok Sistem.

2.2 Banyak Pelaksana

Jika proses Stok Opnam pada bisnis atau usaha Anda dilakukan lebih dari 1 (satu) orang, maka klik Banyak Pelaksana.

Anda akan diarahkan ke halaman pemilihan tugas dalam proses stok opnam.

Pada halaman ini, Anda dapat memilih role atau tugas sebagai berikut :

  1. Ketua : Ketua dapat membuat proses Stok Opnam (SO) baru, Memilih pegawai pelaksana stok opnam sesuai pegawai yang sudah terdaftar pada ERZAP, dan melakukan finalisasi penggabungan hasil SO dari pelaksana.
  2. Pelaksana : Pelaksana dapat melakukan scanning barcode dan menginputkan jumlah produk. Pelaksana akan membutuhkan kode stok opnam dari ketua terlebih dahulu sebelum dapat memulai proses Stok Opnam (SO) 

2.2.1. Ketua 

Jika Anda bertugas sebagai Ketua Pelaksana Stok Opnam, klik Ketua.

Lalu akan muncul pop-up halaman Pilih Kode Stok Opnam, di halaman ini Anda dapat memilih Gudang yang akan dilakukan proses Stok Opnam, inputkan Nama dari Ketua Pelaksana, dan Nama ataupun Nomor Induk Pegawai (NIP) pada kolom Cari Nama/NIP Pegawai.

Ketika sudah selesai, klik tombol Submit.

Lalu akan muncul pop-up Kode Stok Opnam seperti gambar dibawah ini. Anda dapat menginformasikan kode stok opnam berikut kepada anggota pelaksana yang sudah Anda daftarkan.

Note.
Anda dapat Copy kode stok opnam tersebut dengan klik tombol Copy dan akan muncul notifikasi Text copied to clipboard! jika sudah berhasil, kemudian Anda dapat membagikan Kode Stok Opnam melalui messenger app seperti WhatsApp dan Email.

Lalu klik Selesai untuk menutup pop up Kode Stok Opnam.

2.2.2. Pelaksana

Jika Anda bertugas sebagai salah satu dari pelaksana Stok Opnam, klik Pelaksana.

Akan muncul pop-up Pilih Kode Stok Opnam, dan Anda akan menginput kode stok opnam yang Anda dapatkan dari Ketua Pelaksana. Kemudian klik Submit.

Lalu akan muncul kolom pegawai, dan pastikan memilih nama Anda sebagai pelaksana atau yang sesuai pada kolom pegawai.

Ketika sudah sesuai memilih nama, klik tombol Submit.

Note.
Pada tutorial ini, hanya mencontohkan 1 (satu) pegawai saja, untuk pegawai lain yang terdaftar untuk melakukan proses Stok Opnam, dapat melakukan proses yang sama seperti yang diatas.

Anda akan masuk ke halaman Perhitungan Stok Opnam. Pada halaman ini Gudang dan Pelaksana akan terisi otomatis sesuai dengan formulir yang dibuat oleh Ketua sebelumnya dan tugas pelaksana hanya meng-inputkan barang melalui scan barcode tersebut untuk keperluan stok opnam.

Lalu pada kolom Stok Aktual, inputkan jumlah stok produk tersebut yang berada di lapangan.

Note.
Semua pelaksana yang terdaftar, dapat melakukan proses Stok Opnam secara BERSAMAAN.

 Ketika sudah selesai melakukan proses Stok Opnam, klik icon Simpan


3. Proses Finalisasi Hasil SO (jika Banyak Pelaksana)

Note.
Proses Finalisasi Hasil SO ini hanya berlaku jika proses Stok Opnam dilakukan oleh Banyak Pelaksana,serta secara default, Ketua dapat mem-finalisasi hasil SO tersebut. Proses finalisasi ini juga dapat dilakukan oleh pelaksana dengan catatan user dari pelaksana tersebut sudah diberikan Hak Akses untuk melakukan proses finalisasi, untuk Pengaturan Tipe User dan Hak Akses bisa check di tutorial berikut : Pengaturan Tipe User dan Hak Akses

Untuk mem-finalisasi hasil SO, Anda dapat akses menu Inventori, pilih Stok Opnam, dan klik Pengisian Hasil SO.

Anda akan masuk ke halaman Daftar Pengisian Stok Opnam, Anda dapat mencari Kode Formulir Stok Opnam, Tanggal Stok Opnam dan Gudang pada filter pencarian di bagian kanan halaman, dan Anda dapat melakukan finalisasi dengan klik Proses.

Ketika klik Proses, akan muncul pop-up halaman Status Live SO, di halaman ini Ketua dapat melihat progress dari para pelaksana SO dan ada 3 (tiga) macam Status SO yaitu:

  1. Belum Mulai : Dimana pelaksana tersebut belum memulai proses SO
  2. Sedang Berlangsung : Dimana pelaksana tersebut sedang melakukan proses SO namun belum disimpan
  3. Selesai : Dimana pelaksana tersebut sudah selesai melakukan proses SO

Anda juga dapat membagikan Link SO kepada para pelaksana untuk melakukan proses SO

Ketika Status SO dari para pelaksana sudah berstatus Selesai , Anda dapat klik tombol Proses Formulir SO.

Maka akan muncul notifikasi bahwa "Data Berhasil Disimpan" dan akan di-alihkan ke Formulir Stok Opnam.

Berikutnya Anda akan disajikan Formulir Koreksi Stok Opnam, di halaman ini tertera Hasil SO, Stok yang tercatat pada sistem sebelum SO, dan Perbedaan antara Hasil SO dan Stok Sistem.


4. Koreksi Hasil Stok Opnam

Untuk mengkoreksi hasil dari proses stok opnam, Anda dapat akses menu Inventori, pilih Stok Opnam, dan klik Koreksi Hasil SO.

Anda akan masuk ke halaman Daftar Koreksi SO, Anda dapat mencari Kode Formulir Stok Opnam, Tanggal Stok Opnam dan Gudang pada filter pencarian di bagian kanan halaman, dan Anda dapat melakukan koreksi SO dengan klik Proses.

Anda akan masuk ke halaman Koreksi Stok Opnam, Anda dapat meng-inputkan Nama Pengoreksi dan Tanggal Koreksi tersebut, lalu inputkan Jumlah Stok yang benar pada kolom Jumlah Koreksi.

Note.
Proses Koreksi Stok Opnam bisa dilakukan oleh Ketua maupun pelaksana yang melakukan Stok Opnam.

Untuk Metode FIFO dan Detail, Anda bisa check tutorial berikut : Tutorial Stok Opnam dengan Metode FIFO

Ketika sudah selesai mengkoreksi stok dari seluruh halaman, klik icon Simpan.

Anda akan diarahkan ke halaman Formulir Daftar Perbedaan Stok Opnam, di halaman ini tertera informasi formulir tersebut dengan Nilai Persediaan Sebelum dan Sesudah Koreksi serta Selisih hasil dari Nilai Persediaan tersebut. Anda dapat print formulir ini dengan klik tombol Print maupun Download via PDF dengan klik tombol Document.


Sekian artikel untuk Tutorial Stok Opnam dengan Metode Scan Barcode, Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis anda!

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Tutorial Pengaturan Tanggal Kadaluwarsa Produk di Erzap ERP

13-12-2023 - Dibaca: 414 kali.
Secara keseluruhan, kurangnya pencatatan yang baik terkait tanggal kadaluwarsa dapat membawa dampak serius pada operasional, reputasi, dan keberlanjutan bisnis secara keseluruhan. Oleh karena itu, otomatisasi dan penggunaan sistem ERP terintegrasi dengan sistem manajemen stok yang canggih yang dilengkapi dengan fitur Pengaturan Tanggal Kadaluwarsa seperti Erzap ERP dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini dan memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan dan kualitas produk.
Baca selengkapnya...

Ketahui 3 Jenis Software ERP: On Premise, Cloud, dan Hybrid ERP

27-07-2022 - Dibaca: 2964 kali.
Bingung dengan 3 jenis ERP ini? Temuukan perbandingannya di artikel ini!
Baca selengkapnya...

Faktur Pajak Masukan

21-09-2020 - Dibaca: 5051 kali.
Mencatat Faktur Pajak Masukan itu Sulit Tanpa Bantuan Sistem! Dalam sebuah perusahaan baik dagang maupun jasa akan mengalami kesulitan dalam mencatat Faktur Pajak Masukan, mengapa begitu ? Karena Perusahaan tidak melakukan Pembelian terhadap satu Supplier (PKP) saja, namun dari banyak Supplier. Ditambah lagi, satu Supplier saja dapat melakukan banyak Penjualan ke Perusahaan anda dimana Penjualan dari mereka ini akan mengharuskan anda menerbitkan banyak Faktur Pajak Masukan. Maka dari itu dibutuhkan bantuan Sistem seperti Erzap contohnya. Fungsinya untuk melacak, mendata, dan memproses sekian banyak Faktur Pajak Masukan dari berbagai Supplier. Dalam Tutorial kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang memproses Faktur Pajak Masukan pada Sistem Erzap yang tentunya dapat anda lakukan dengan praktis !
Baca selengkapnya...

Gajian 2.0

07-07-2021 - Dibaca: 1437 kali.
Memperkenalkan, Gajian 2.0 dari Erzap! Fitur ini mendukung Absensi, Gajian, dan Akunting yang terintegrasi. Semua data akan saling tersinkron secara otomatis. Penggunaan fitur ini akan kami bahas dalam tiga tutorial berbeda. Silahkan ikuti tutorial-tutorialnya untuk menerapkan Gajian 2.0 secara maksimal.
Baca selengkapnya...

Tutorial Laporan Arus Kas Erzap ERP

13-10-2023 - Dibaca: 511 kali.
Arus kas sangat penting dalam mengukur kesehatan keuangan perusahaan karena mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya, membayar utang, berinvestasi dalam operasi dan pertumbuhan, dan memberikan pengembalian kepada pemegang saham. Analisis arus kas membantu manajemen dan investor memahami sejauh mana perusahaan dapat menghasilkan uang tunai yang diperlukan untuk menjalankan bisnisnya.
Baca selengkapnya...

Tutorial Stok Opnam dengan Metoda Scan Barcode - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

stok,stok opnam,barcode,scan barcode

Memastikan ketersediaan stok yang akurat dalam bisnis Anda sangatlah penting. Dalam tutorial ini, kita akan membahas metode yang efektif untuk melakukan stok opnam menggunakan metode teknologi scan barcode. Proses ini membantu mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi dalam memantau inventaris.