Stock Opname Dengan Metode Formulir

08-11-2017 13:50:16, Dibaca: 9296




Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena ERZ4P meyediakan Fitur Stock Opname yang dapat membantu penyesuaian antara stok fisik dan stok sistem.

Langkah-Langkahnya adalah sebagai Berikut : :

 


Buat Formulir Stock Opname


Sebelum memulai pencatatan Stock Opname, Anda harus membuat Formulir SO terlebih dahulu.

Formulir SO berfungsi sebagai form untuk mengisi informasi Stok Fisik yang selanjutnya akan digunakan pada Tahap Pengisian Formulir SO.
 

  1. Akses Inventory > Stock Opnam > Buat Formulir SO


     
  2. Isi informasi yang di butuhkan mulai dari Gudang, Grup, Kategori, dan Merk, kemudian bila anda ingin menghitung barang yang hanya memiliki stok saja pada gudang tersebut maka tandai opsi Hanya yang memiliki stok di gudang.



    Bila pengaturan sudah lengkap, klik ikon cari (kaca pembesar). Produk-produk anda akan muncul sesuai dengan pengaturan yang sudah anda pilih pada Kolom Daftar Barang



    Klik Ikon Disket pada bagian kiri untuk menyimpan Formulir SO yang sudah anda rancang.



     
  3. Bila penyimpanan berhasil, maka Formulir SO akan muncul. Anda dapat mencetak Formulir SO ini dengan mengklik Icon Print pada bagian kiri dan menyerahkan Formulir SO tersebut kepada pihak yang mencatat persediaan stok fisik.


 

Pengisian Hasil Stock Opname


Setelah anda melakukan pengisian formulir secara fisik maka langkah selanjutnya yaitu menginputkan data Stock Opname tersebut ke sistem, dengan menggunakan menu Pengisian Hasil SO

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tahap ini berfungsi untuk menginputkan informasi stok produk yang sudah anda periksa secara fisik.

Langkah - Langkahnya sebagai berikut :

  1. Akses Inventory > Stock opnam > Pengisian Hasil (SO)


     
  2. Anda akan diarahkan ke menu 'Daftar form stock opnam', menu ini menampilkan data - data formulir SO yang belum diproses. Pilihlah data yang anda buat sebelumnya lalu klik 'Proses'. Contoh seperti gambar di bawah ini


     
  3. Selanjutnya, isi informasi yang dibutuhkan seperti pelaksana dan tanggal pelaksanaan pada bagian atas, lalu berlanjut dengan menginputkan 'Stok Aktual' ( stok yang telah dihitung secara fisik ) pada tabel Daftar Barang.



    pada list Daftar Barang ini sistem akan menampilkan 100 list data kebawah, maka jika data SO tersebut ada ribuan data, ERZ4P akan menampilkan 100 data per 1 halaman, jika anda menyelesaikan 1 halaman klik simpan sementara dengan ikon dua buah disket disebelah kiri.



    dan jika semua data telah terinput di setiap halaman maka klik simpan dengan ikon disket (disket tunggal) pada bagian sebelah kiri. 

     
  4. Jika sudah melakukan proses 'Simpan' pada modul 'Pengisian Hasil SO', maka akan muncul kembali formulir baru yaitu formulir baru yaitu formulir 'Koreksi Stok Opnam'. Pada Formulir Koreksi Stok Opnam, Sistem akan menampilkan perbedaan data stok antara stok fisik dan stok sistem. Koreksi Formulir SO ini berfungsi untuk mengkonfirmasi stok fisik yang tidak cocok dengan stok pada Sistem. Stok fisik yang cocok dengan stok Sistem tidak akan ditampilkan pada Form Koreksi SO.

  5. Anda dapat mencetak Form Koreksi SO dengan mengklik icon Printer seperti pada gambar diatas. Anda dapat memberikan Form ini kepada petugas yang bertanggung jawab atas konfirmasi stok yang tidak cocok tersebut.

 

Koreksi Hasil Stock Opnam


Setelah pengisian Formullir Hasil SO, Anda akan mengisi form terakhir, yaitu form Koreksi Hasil SO

Perlu diketahui bahwa Koreksi Hasil SO memiliki fungsi mengkonfirmasi hasil akhir dari SO dan data stok pada Koreksi Hasil SO ini akan merubah Stok Produk anda pada Sistem.

  1. Aksesl Inventory > Stock Opnam > Koreksi Stock Opnam


     
  2. Setelah itu anda akan diarahkan kehalaman 'Daftar form Stock Opnam' lalu pilihlah data yang sesuai kemudian klik 'proses', dan bila ada banyak data pada menu ini sehingga anda tidak dapat menenukan hasil yang diinginkan, anda dapat mencarinya dengan menggunakan tabel pencarian pada bagian kanan, seperti gambar dibawah ini


     
  3. Kemudian isilah informasi yang dibutuhkan seperti pengkoreksi dan tanggal koreksi, kemudian isilah jumlah koreksi pada tabel 'Daftar barang' untuk menentukan jumlah barang yang akan dicatat oleh sistem. Lalu klik simpan dengan ikon disket disebelah kiri seperti yang kami tandai apabila anda sudah selesai mengisi semuanya.



    *NOTE : Apabila dalam satu barang terdapat dua list jumlah koreksi, artinya barang tersebut memiliki lebih dari satu suplier yang memiliki harga modal yang berbeda, sehingga masukanlah stok tersebut sesuai dengan suplier yang diinginkan.

     
  4. Sehingga akan muncul formulir yang menampilkan informasi 'Hasil SO, Stok pada Sistem, dan produk yang telah di Koreksi'. Apabila anda ingin mengunduhnya anda bisa klik icon pdf yang berada di sebelah kiri

 

Melihat Hasil Formulir Stock Opnam


Langkah  -  langkah yang anda lakukan sebelumnya semua tercatat pada ERZ4P, dan hasil tersebut dapat ditampilkan pada modul 'Manajemen Data'. untuk mengakses menu tersebut ikutilah langkah - langkah berikut ini :

  1. Akseslah menu Inventory > Stock Opnam > Manajemen Data


     
  2. Anda akan diarahkan ke 'Daftar Form Stock Opnam' dan pada menu ini anda dapat melihat data - data yang telah dibuat. Dibagian kolom 'Formulir' andapun dapat mengkliknya untuk menampilkan formulir yang telah dibuat sehingga anda dapat mencetak dan mengunduh kedalam format pdf. Jika terdapat banyak list sehingga anda tidak menemukannya, anda dapat memanfaatkan kolom pencarian yang berada di sebelah kanan tabel.


     
  3. Berikut adalah hasil salah satu form yang telah di klik pada menu manajemen data, yaitu 'Formulir Daftar Perbedaan Stok Opnam'

 


Sekian tutorial "Penghitungan fisik persediaan atau stock dengan modul Stok Opname" dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


Penambahan Topping untuk Menu pada ERZAP RESTO

23-01-2019 - Dibaca: 902 kali.
Setiap Customer, tepatnya menyangkut tentang hidangan, tentu memiliki selera tersendiri. Itu sebabnya beberapa Restoran menyediakan Hidangan dengan pilihan mempersonalisasi hidangan tersebut sesuai selera Customer yang juga dikenal sebagai Topping ( Adds-On ). Contohnya seperti memberi penawaran hidangan dengan Ekstra Keju, Ekstra Telur, atau Ekstra Saus. Tetapi, Penambahan Topping ini tentunya akan dikenakan biaya tambahan juga.
Baca selengkapnya...

Setting Printer Dot Matrix EPSON TM SERIES

07-04-2018 - Dibaca: 8058 kali.
Ingin Printer EPSON TM Ssries anda mencetak nota lebih cepat ?? Simak Tutorial ini !!
Baca selengkapnya...

Menginputkan data produk/bahan, membuat data suplier dan sales pada ERZ4P

31-10-2017 - Dibaca: 1630 kali.
Usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup
Baca selengkapnya...

Fitur Komisi Sales

01-07-2019 - Dibaca: 910 kali.
Untuk mempermudah perhitungan komisi, Erzap telah me-release Fitur Komisi Sales, dimana perolehan komisi dari tiap-tiap Sales akan dihitung otomatis via Sistem sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan Untuk dapat menggunakan Fitur Komisi Sales, anda dapat menyimak Tutorial ini terlebih dahulu.
Baca selengkapnya...

Tutorial Purchase Order (PO) pada ERZAP

19-11-2019 - Dibaca: 657 kali.
Dalam Bisnis yang terbilang menengah keatas, pencatatan PO bisa menjadi kegiatan yag krusial. Karena pada pasalnya, pencatatan PO pada Bisnis anda akan menentukan persediaan penjualan untuk waktu mendatang. Ribuan jumlah barang dan ratusan jenis barang dapat menyita waktu bila dikerjakan secara manual tanpa bantuan Sistem, ditambah lagi dokumen fisik yang berisi informasi PO rentan tidak terarsip dengan baik. Untuk meningkatkan efisiensi kerja, ERZAP menyediakan fitur PO yang dapat membantu pencatatan pemesanan barang dari Supplier. Bagaimana cara kerja dan penggunaan fitur tersebut akan kami bahas pada Tutorial berikut. 
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Stock Opname Dengan Metode Formulir - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

stok opnam erzap, audit barang erzap, kontrol barang erzap, kontrol stok erzap, tutorial erzap, laba rugi erzap, penjualan erzap, pos erzap, point of sales erzap, erz4p, www.erz4p.com

Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P.