Mengatur Hutang Pembelian & Piutang Penjualan

12-01-2018 16:57:25, Dibaca: 5250

Hutang dan piutang adalah dua hal yang erat kaitannya dengan sebuah usaha. Pada ERZ4P telah disediakan fiktur untuk mengatur hutang dan piutang, anda dapat mengakses fiktur tersebut dengan cara buka menu Akunting. ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur hutang dan piutang pada ERZ4P, untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

A. Hutang Pembelian

B. Piutang Penjualan

 

 

 


A. Hutang Pembelian



Hutang adalah sesuatu yang dipinjam oleh seseorang atau badan usaha yang biasanya berbentuk materi, uang ataupun jasa. Di ERZ4P anda dapat membayar hutang dengan 3 cara seperti bayar tunai, cek, dan giro. Sebagai contoh kami akan membayar hutang pembelian menggunakan bayar tunai, langkah- langkahnya sebagai berikut :

Bayar Tunai
Bayar tunai merupakan pembayaran yang dilakukan pada saat terjadinya transaksi jual beli, berikut adalah cara bayar tunai di ERZ4P.

  1. Akseslah menu Akunting > Hutang Pembelian > Pembayaran Hutang


     
  2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik “proses” pada tanda panah seperti gambar dibawah.

     
  3. Kemudian inputkan semua data yang telah disediakan seperti, 'Jenis Pembayaran', 'Kas/bank', serta berapa biaya yang harus 'Dibayar'.

     
  4. Selanjutnya klik ikon simpan.


     
  5. Berikut ini merupakan Rincian Transaksi yang ditampilkan ERZ4P.

     

     

Cek & Giro

Cek merupakan sarana yang digunakan untuk menarik atau mengambil uang dari rekening giro sedangkan Giro merupakan simpanan pada bank yang penarikannya dapat setiap saat dengan menggunakan cek atau surat perintah pembayaran lain atau dengan cara pemindah bukuan. sebagai contoh kami akan membayar hutang dengan cek. berikut langkah - langkahnya :
 

  1. Akseslah menu Akunting > Hutang Pembelian > Pembayaran Hutang


     
  2. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik “proses” pada tanda panah seperti berikut ini.

     

     
  3. Selanjutnya inputkan semua data yang telah disediakan seperti, *Jenis Pembayaran, *Kas/bank,  *Dibayar, *No Referensi, *Tanggal Giro/Cek, *Tanggal Cair.


     
  4. Setelah itu klik ikon simpan.


     
  5. Berikut merupakan Rincian Transaksi yang ditampilkan ERZ4P.



     
  6. Terakhir, jika anda ingin mengatur hutang pembelian menggunakan Giro anda bisa mengikuti tutorial diatas, karena untuk Cek dan Giro menggunakan cara yang hampir sama hanya dibedakan pada jenis pembayarannya.



NOTE : Di menu ini anda bisa melihat dan mengecek informasi - informasi yang disediakan. Berikut adalah penjelasannya :

1 = No Voucher yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan Data Jurnal yang berisi informasi ketika anda telah membayar hutang dan anda dapat mencetak atau mengirimkannya via email.

2 = No Faktur yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan invoice pembelian / nota pembelian yang dapat anda cetak, ubah kedalam PDF ataupun mengirimkannya via Email.

3 = Asal Faktur yang dimana anda klik maka ERZ4P akan menampilkan informasi data dari suplier

 

 

 

 


B. Piutang Penjualan


 

 


Piutang adalah sesuatu yang dipinjamkan oleh seseorang atau badan usaha ke orang lain atau usaha lain berbentuk materi, uang ataupun jasa. Anda bisa mengatur piutang pada ERZ4P dengan 3 cara yaitu Bayar Tunai, Cek, dan Giro. Sebagai contoh kami akan mengatur piutang penjualan bayar tunai. Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.


 Bayar Tunai

  1. Akseslah menu Akunting > Piutang Penjualan > Penerimaan Piutang

     

     
  2. Selanjutnya akan muncul seperti di bawah ini, lalu klik “proses” seperti yang ditunjuk oleh tanda panah di bawah ini

     

     
  3. Setelah memilih proses, kemudian inputkan semua data yang telah disediakan seperti *Jenis Pembayaran, *Kas/Bank, serta *Dibayar seperti gambar berikut.

     

     
  4. Kemudian klik ikon simpan yang ada disebelah kiri untuk memprosesnya, dan jika ingin mencetak bukti pembayaran silahkan klik ikon “Bukti Pembayaran” tersebut. 

     

     
  5. Dibawah ini merupakan rincian transaksi Bayar Tunai yang ditampilkan ERZ4P.

      

     
  6. Selesai.

Cek & Giro

Mengatur piutang dengan Cek dan Giro caranya hampir sama yang membedakan hanya pada Jenis Pembayarannya. Sebagai contoh disini kami menggunakan cek untuk mengatur piutang penjualan, Berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Akseslah menu Akunting > Piutang Penjualan > Penerimaan Piutang

     

     
  2. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik “proses”.

     

     
  3. Selanjutnya isilah data berikut ini dengan lengkap dan benar seperti *Jenis Pembayaran : (Cek), *Kas/Bank, *Dibayar, *No Referensi, *Tanggal Giro/Cek, dan *Tanggal Cair.


     
  4. Setelah itu klik ikon simpan yang ada disebelah kiri untuk memprosesnya, dan bila anda ingin melihat atau mencetak bukti pembayaran klik ikon “Bukti Pembayaran”.


     
  5. Berikut merupakan Rincian Transaksi menggunakan Cek yang ditampilkan ERZ4P.


     
  6. Bila anda ingin mengatur piutang penjualan menggunakan Giro anda bisa mengikuti tutorial diatas.
     
  7. Selesai.

    NOTE : Di menu ini anda bisa melihat dan mengecek informasi - informasi yang disediakan. Berikut adalah penjelasannya :

    1 = No Voucher yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan Data Jurnal yang berisi informasi ketika anda telah mengatur piutang penjualan dan anda dapat mencetak atau mengirimkannya via email.

    2 = No Faktur yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan invoice penjualan / nota penjualan yang dapat anda cetak, ubah kedalam PDF ataupun mengirimkannya via Email.

    3 = Asal Faktur yang dimana anda klik maka ERZ4P akan menampilkan informasi data dari pelanggan. 



     

Sekian tutorial 'Mengatur Hutang & Piutang' dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.

PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO HANDPHONE DAN ELEKTRONIK

12-02-2018 - Dibaca: 50311 kali.
dalam akuntansi terdiri dari beberapa hal dan salah satunya adalah retur pembelian. Jual beli barang dagangan tidak selamanya berjalan dengan mulus. dalam kondisi tertentu biasanya ada saja barang yang rusak sehingga pembeli pasti akan mengembalikan barang yang telah dibelinya
Baca selengkapnya...

Membatasi Akses Data Sementara pada POS RESTO 

14-11-2018 - Dibaca: 1487 kali.
Pembatasan akses untuk menghapus Data Orderan pada Data Sementara dapat dilakukan pada ERZAP dengan memberi PIN pada POS. Dengan ini, kesalahan seperti terhapusnya Data Orderan baik disengaja maupun tidak sengaja dapat diminimalisir. Simak tutorial berikut untuk mengetahui cara mengaktifkan fitur PIN pada POS ERZ4P
Baca selengkapnya...

PENJUALAN TERJADWAL

21-05-2018 - Dibaca: 1187 kali.
Penjualan tejadwal
Baca selengkapnya...

Fitur Hitung Kas pada Erzap Android

27-06-2019 - Dibaca: 1295 kali.
Sekarang, Kasir anda dapat menggunakan Fitur Hitung Kas lewat Erzap Android. Simak Tutorial Berikut untuk mengetahui cara penggunaan Fitur Hitung Kas Erzap Android.
Baca selengkapnya...

Penerapan Konsinyasi Penjualan pada Erzap

30-10-2017 - Dibaca: 5102 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri fashion yang dimana user dapat melakukan sistem konsinasi pada penjualan
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Mengatur Hutang Pembelian & Piutang Penjualan - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

hutang piutang, tunai, cek dan giro

Hutang adalah sesuatu yang dipinjam oleh seseorang atau badan usaha yang biasanya berbentuk materi, uang ataupun jasa.