MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK

24-01-2018 17:04:22, Dibaca: 1224



Serial Number merupakan sekumpulan karakter unik yang bisa terdiri atas kombinasi antara alfabet dan numerik (alfanumerik) yang biasanya menjadi penanda barang produksi serta dibuat selalu berbeda-beda meskipun jenis barangnya sama. Tujuan dari serial number itu sendiri yaitu untuk melindungi produk, sebagai contoh kami akan membuat serial number untuk handphone. Berikut adalah langkah – langkahnya :


Pembuatan Data Produk



Pembuatan data produk dilakukan untuk menambah daftar produk baru, untuk membuat data produk pada ERZ4P dengan menggunakan data master, berikut langkah -langkahnya :

  1. Akseslah menu Data Master > Produk > Satu Data.


     
  2. Kemudian pada halaman ini, inputkanlah data yang dibutuhkan mulai dari *Nama Produk, *Harga Jual, *Harga Outlet, dan  memilih *Satuan (tambahkan bila tidak ada satuan dengan mengklik ikon '+' berwarna hijau), pada bagian 'Settingan Produk' pilihlah 'Menggunakan Serial Number/IMEI' selanjutnya mengisi kategori dsb. Seperti gambar berikut ini.



     
  3. Setelah itu simpanlah proses pembuatan data produk dengan mengklik ikon disket pada bagian sebelah kiri.


     
  4. Terakhir untuk melihat dan edit data yang pernah di buat anda dapat mengaksesnya pada menu Data Master > Produk  > Manajemen Data.

 


Pembelian Produk


Melakukan pembelian produk dilakukan untuk menambahkan stok dan mencatat pengeluaran perusahaan sehingga dapat menambah laba rugi nantinya. Ikutilah langkah-langkah berikut untuk melakukan pebelian produk.

  1. Akseslah menu Pembelian > Faktur pembelian > Buat baru


     
  2. Kemudian pada halaman ini, inputkanlah data yang dibutuhkan mulai dari no faktur, tanggal faktur, asal faktur (suplier), termin, dll. Apabila anda ingin menambahkan data suplier dan termin, anda dapat mengklik ikon '+' berwarna hijau. Selanjutnya isi 'Daftar Barang' dengan nama produk yang ingin dibeli dan telah dibuat pada menu data master, anda hanya perlu menginputkan nama produk pada kolom nama, berlanjut mengisi kolom jumlah, harga satuan bila diinginkan anda bisa mengisi 'Uang Muka' seperti gambar berikut.



    *Note : Anda dapat menambahkan produk juga pada menu ini seperti menambahkan produk pada menu data master dengan mengklik ikon 'Tambah Produk' pada bagian pojok kanan atas daftar barang.


     
  3. Simpanlah / Proses Transaksi dengan mengklik ikon disket pada bagian sebelah kiri.


     
  4. Setelah itu ERZ4P akan menampilkan kelengkapan produk kemudian anda inputkan serial number untuk produk anda (serial number harus berbeda untuk setiap produknya) lalu klik Simpan.


     
  5. Terakhir ERZ4P akan menampilkan buku penerimaan barang yang berisi invoice pembelian sesuai data yang anda inputkan, dari sini anda dapat mencetak invoice tersebut, mengunduhnya kedalam format PDF, mengirimkannya ke email menggunakan menu - menu yang disediakan pada bagian kiri.


     
  6. Untuk melihat dan edit data faktur pembelian yang pernah di buat anda dapat mengaksesnya pada menu Pembelian >Faktur Pembelian > Manajemen Data.


Penjualan Produk


Penjualan produk dilakukan untuk menambahkan stok dan mencatat pengeluaran perusahaan sehingga dapat menambah laba rugi nantinya. Berikut langkah - langkahnya.

  1. Akseslah menu Pejualan > Faktur Pejualan > Buat baru.


     
  2. Berikut merupakan tampilan awal pencatatan transaksi penjualan pada ERZ4P.


     
  3. Selanjutnya pada halaman 'Pencatatan Transaksi Penjualan' aturlah *Outlet Penjual, *Gudang, *Termin, *Tanggal Faktur, *Sales, *Pelanggan beserta 'Daftar Barang' seperti gambar dibawah ini.


     
  4. Kemudian simpanlah proses transaksi dengan mengklik ikon disket pada bagian sebelah kiri.


     
  5. Setelah itu ERZ4P akan menampilkan konfirmasi penjualan produk yang dibeli pelanggan, klik Proses untuk melanjutkan.


     
  6. Terakhir ERZ4P akan menampilkan Nota Penjualan, anda bisa men-cetaknya atau menjadikan PDF  seperti gambar berikut.

  7. Untuk melihat dan edit data pada faktur penjualan yang pernah di buat anda dapat mengaksesnya pada menu Penjualan >Faktur Penjualan > Manajemen Data.


Melihat Laporan


Melihat laporan dilakukan untuk mengetahui informasi perusahaan secara detail, karena pada laporan berisi informasi - informasi yang menunjang kemajuan suatu perusahaan. Berikut ini merupakan artikel yang mengulas tentang cara melihat laporan pada ERZ4P.

Klik Disini

 


Sekian tutorial "Manajemen Serial Number" dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.



Klik Disini.

Membatasi Akses Data Sementara pada POS RESTO 

14-11-2018 - Dibaca: 93 kali.
Pembatasan akses untuk menghapus Data Orderan pada Data Sementara dapat dilakukan pada ERZAP dengan memberi PIN pada POS. Dengan ini, kesalahan seperti terhapusnya Data Orderan baik disengaja maupun tidak sengaja dapat diminimalisir. Simak tutorial berikut untuk mengetahui cara mengaktifkan fitur PIN pada POS ERZ4P
Baca selengkapnya...

3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P

04-08-2017 - Dibaca: 4481 kali.
3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P. 1. Buat data master produk anda dengan cara mengakses menu Data Master > Produk > Buat Satu Data.
Baca selengkapnya...

Implementasi ERZ4P pada Barber Shop

29-06-2018 - Dibaca: 540 kali.
Pada tutorial ini kami akan membahas penerapan ERZ4P pada Barber Shop dengan menggunakan data produk berupa jasa (tanpa stok), disertai data produk non jasa atau produk yang menggunakan stok.
Baca selengkapnya...

Detail Cara Menambahkan Produk Baru di ERZ4P Untuk Industri Pakaian & Fashion

19-07-2018 - Dibaca: 343 kali.
Di dalam industri fashion sangat penting menambahkan data produk ke dalam sistem untuk mengetahui persediaan barang dagang dan transaksi dalam suatu perusahaan. ERZ4P memiliki beberapa fitur di dalam menambahkan atau membuat produk baru dalam industri pakaian fashion ini antara lain
Baca selengkapnya...

Cara Memproses Penerimaan Piutang Menggunakan Metode Import Data

03-08-2018 - Dibaca: 361 kali.
Piutang merupakan salah satu unsur dari aktiva lancar dalam neraca perusahaan yang timbul akibat adanya penjualan barang, jasa atau pemberian kredit terhadap debitur yang pembayaran pada umumnya diberikan dalam tempo 30 hari sampai dengan 90 hari. ERZ4P memiliki beberapa fitur di dalam melakukan pelunasan piutang ini antara lain :
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

manajemen serial number/imei untuk toko handphone & elektronik

Memuat daftar barang yang akan digunakan dalam proses produksi. anda bisa memberikan informasi detil mengenai jenis bahan dan kuantitas yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah produk yang harus diproduksi pada surat order produksi.