Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Sistem Toko HP

14-02-2018 13:52:43, Dibaca: 6893

Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Toko HP

Tukar serial number pada toko handphone biasanya merujuk pada proses penukaran atau penggantian perangkat handphone dengan unit baru yang memiliki serial number / IMEI yang berbeda. Proses ini dapat dilakukan dalam beberapa situasi, seperti:

  1. Garansi:
    Jika handphone mengalami masalah atau kerusakan yang tercakup dalam periode garansi, toko handphone mungkin menawarkan tukar unit dengan unit baru yang memiliki serial number berbeda. Ini dilakukan sebagai bagian dari layanan garansi untuk memastikan konsumen mendapatkan perangkat yang berfungsi dengan baik.

  2. Retur atau Pengembalian Barang:
    Jika Anda mengembalikan handphone karena alasan tertentu, seperti ketidakpuasan atau ketidakcocokan dengan produk, toko handphone mungkin menawarkan tukar unit dengan produk lain yang sesuai keinginan Anda. Handphone baru yang diterima akan memiliki serial number yang berbeda.

  3. Penukaran atau Upgrade:
    Beberapa toko handphone atau produsen mungkin memiliki program penukaran atau upgrade. Dalam hal ini, Anda bisa menukarkan handphone lama dengan model yang lebih baru atau dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Handphone baru yang diterima kemungkinan akan memiliki serial number yang berbeda.

  4. Penukaram karena Alasan Khusus:
    Beberapa toko atau produsen mungkin memiliki kebijakan khusus yang memungkinkan pelanggan untuk menukar unit handphone mereka dengan alasan tertentu, bahkan jika handphone tersebut tidak mengalami masalah teknis. Hal ini bisa terjadi dalam konteks program-program promosi atau kebijakan pelanggan yang murah hati.

Baca jugaModul Servis Elektronik Erzap

Erzap ERP sebagai solusi manajemen bisnis menyediakan fitur tukar serial number sebagai salah satu keunggulan utama bagi toko handphone. Fitur ini memungkinkan untuk melakukan penukaran perangkat dengan serial nomor yang berbeda dengan cepat, memudahkan penanganan garansi, retur atau penukaran perangkat yang mengalami masalah.

Daftar Isi
1. Prosedur Tukar SN Pembelian
2. Prosedur Tukar SN Penjualan

1. Prosedur Tukar SN Pembelian

Berikut adalah prosedur Tukar SN pada Pembelian. Pilih menu Pembelian, kemudian pilih menu Tukar SN, lalu klik Buat Baru.

Klik menu  untuk menampilkan dan mencari Data Faktur Pembelian atau Isi Nomor Faktur Pembelian pada halaman Pencatatan Penukaran Serial Number Pembelian.

Klik tombol Cari untuk melakukan pencarian data.

Berikutnya akan ditampilkan Detail Informasi mengenai Nomor Faktur Pembelian yang di inputkan.

Isi kolom Alasan Penukaran, kemudian input SN Pengganti pada tabel Daftar Barang sesuai dengan barang yang ingin di tukarkan.

Klik tombol Simpan untuk menyimpan data.

Berikutnya akan muncul notifikasi bahwa Data Berhasil Disimpan. Klik Ok.

Baca juga: Tutorial Klaim Garansi Servis Erzap

Sistem akan menampilkan Nota Penukaran Serial Number seperti gambar berikut. Nota Penukaran Serial Number akan berisi keterangan seperti Barcode, Nama Barang serta informasi SN Lama dan SN Baru.

Manajemen Data Tukar SN Pembelian dapat diakses melalui menu Pembelian, lalu pilih menu Tukar SN, lalu klik menu Manajemen Data.

Berikut adalah halaman Daftar Data Tukar SN Pembelian, gunakan fitur Pencarian untuk membantu pencarian data.

Klik Nomor Nota pada kolom Nota untuk menampilkan Nota Pembelian.

Berikut adalah tampilan Nota Pembelian, terdapat informasi tambahan pada nota yang menunjukan bahwa pernah terjadi penukaran Serial Number.

Pembatalan Tukar SN dapat dilakukan melalui menu Batalkan.


2. Prosedur Tukar SN Penjualan

Berikut adalah prosedur Tukar SN pada Penjualan. Pilih menu Penjualan, kemudian pilih menu Tukar SN, lalu klik Buat Baru.

Berikut adalah tampilan halaman Pencatatan Penukaran Serial Number Penjualan. Klik menu  untuk menampilkan dan mencari Data Faktur Penjualan atau Inputkan Serial Number seperti gambar berikut, maka akan muncul informasi barang dengan nomor Faktur Pembelian dan Penjualannya. Klik untuk memasukkan data.

Baca juga: Tutorial Perhitungan Bobot Servis Berdasarkan Sparepart / Produk

Nomor Faktur Penjualan akan terisi seperti gambar berikut.

Kemudian klik tombol Cari untuk mencari data berdasarkan Nomor Faktur Penjualan dan Serial Number yang digunakan.

Berikutnya akan muncul tampilan seperti berikut. Isi kolom Alasan Penukaran.

Tandai Produk Terjual pada tabel Daftar Barang seperti gambar berikut.

Kemudian isi kolom Produk Pengganti dan SN Pengganti, data ini nantinya akan menjadi pengganti produk dan SN dari Produk Terjual sebelumnya.

Klik Simpan untuk menyimpan Pencatatan Penukaran SN.

Berikutnya akan muncul notifikasi bahwa Data Berhasil Disimpan. Klik Ok.

Sistem akan menampilkan Nota Penukaran Serial Number seperti gambar berikut. Nota Penukaran Serial Number akan berisi keterangan seperti Barcode, Nama Barang serta informasi SN Lama, Produk yang digunakan sebagai Penukar dan SN Baru.

Manajemen Data Tukar SN Penjualan dapat diakses melalui menu Penjualan, lalu pilih menu Tukar SN, lalu klik menu Manajemen Data.

Berikut adalah halaman Daftar Data Tukar SN Penjualan, gunakan fitur Pencarian untuk membantu pencarian data.

Klik Nomor Nota pada kolom Nota untuk menampilkan Nota Penjualan.

Berikut adalah tampilan Nota Penjualan, terdapat informasi tambahan pada nota yang menunjukan bahwa pernah terjadi penukaran Serial Number.

Pembatalan Tukar SN dapat dilakukan melalui menu Batalkan.

Sekian  Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Sistem Toko HP. Dengan fitur Tukan SN, pengelolaan dan pencatatan produk dengan Serial Number dapat dilakukan dengan optimal. Silahkan hubungi PIC Anda masing-masing untuk informasi lebih lanjut. Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis Anda!


Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

5 Kesalahan Promosi Bisnis yang Mungkin Tidak Disadari

04-06-2022 - Dibaca: 1549 kali.
Sudah sering promosi, tetapi produk belum laku juga? Ini beberapa kesalahan yang mungkin luput dari perhatian Anda.
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Tipe Penjualan Pada Erzap ERP

21-07-2018 - Dibaca: 7135 kali.
Penjualan adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan melalui berbagai metode atau tipe. Erzap ERP memiliki fitur di dalam membuat tipe-tipe penjualan produk yaitu
Baca selengkapnya...

Penerapan Cashback untuk Penjualan Star Seller Shopp

23-04-2019 - Dibaca: 7030 kali.
Untuk Star Seller Shopee, setiap penjualan yang dilakukan akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1 persen. Hal ini menyebabkan Customer membayar total faktur sesuai dengan nota, tetapi nominal yang diterima oleh Penjual adalah nominal yang sudah dipotong biaya administrasi Shopee.
Baca selengkapnya...

Tutorial Cetak Label Rak Dengan Erzap Label Designer

13-10-2022 - Dibaca: 3985 kali.
Membuat label rak pada umumnya cukup merepotkan dan memakan banyak waktu dalam proses pengerjaannya. Terlebih lagi harga produk yang dipengaruhi oleh berbagai jenis promo sering berubah-ubah sehingga menuntut proses pembuatan label rak yang cepat dan akurat.
Baca selengkapnya...

Kenali Apa Itu Fraud dan Dampaknya Bagi Perusahaan

25-06-2022 - Dibaca: 7307 kali.
Fraud dapat diartikan sebagai tindakan “kecurangan” biasanya terjadi pada suatu organisasi baik itu dari perusahaan maupun organisasi lainnya seperti koperasi, rumah sakit, dan lain sebagainya.
Baca selengkapnya...

Prosedur Tukar Unit Menggunakan Fitur Tukar SN pada Sistem Toko HP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

tukar sn, tukar serial number, serial number, erzap manajemen serial number

Penukaran SN dilakukan karena beberapa faktor contohnya seperti produk rusak. Berikut ini merupakan prosedur yang lakukan untuk menukar Serial Number produk dengan menu pembelian dan penjualan pada Erzap ERP.