Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P

25-10-2018 12:40:57, Dibaca: 5500

Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan ERZ4P, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem ERZ4P dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem ERZ4P, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan Fitur Hutang Lain dan Piutang Lain pada ERZ4P

Tutorial ini akan dibagi menjadi dua tahap yaitu

A. Penggunaan Hutang Lain 

B. Penggunaan Piutang Lain

C, Melihat Jurnal

 

 


A. Penggunaan Hutang Lain


Hutang Lain adalah fitur ERZ4P untuk menginputkan hutang selain/diluar hutang dagang. Karena dengan fitur ini anda dapat menginputkan nominal uang dari hutang yang bersangkutan. Hutang Lain biasanya digunakan untuk memasukan pinjaman modal kedalam sistem.

Berikut ini adalah langkah langkah untuk menginputkan Hutang Lain pada ERZ4P

 

1. Akses Akunting > Hutang Lain

2. Buat data Kreditur terlebih dahulu. Data Kreditur dapat memudahkan anda untuk menulusuri sumber dari sebuah hutang. Klik Tambah Kreditur

3. Isikan data dari Kreditur, Nama wajib diisi sedangkan No Telepon dan Alamat opsional. Lalu klik Simpan

4. Bila Data Kreditur berhasil disimpan, Data tersebut akan muncul pada Daftar Kreditur. Selanjutnya, Klik Kelola untuk menginputkan data hutang dari Kreditur tersebut

Akan ada beberapa pembahasan pada Kelola Hutang Kreditur yaitu

  • Penambahan Hutang
  • Pembayaran Hutang
  • Rincian Transaksi

 

Penambahan Hutang

5. Untuk menambahkan hutang, klik Tambah Hutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari Hutang yang akan diinputkan.

6. Klik ikon disket untuk menyimpan data

Pembayaran Hutang

7. Untuk pembayaran hutang, klik Kurangi Hutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari pembayaran hutang.

8. Klik ikon disket untuk menyimpan data

Rincian Transaksi

9. Data Debet dan Kredit dari Hutang yang sudah anda inputkan dapat dilihat pada Rincian Transaksi.

10. Anda dapat melihat sisa Hutang pada Daftar Kreditur tepatnya di kolom Sisa Hutang 

 


B. Penggunaan Piutang Lain


Sama halnya dengan Hutang Lain, Piutang Lain adalah fitur ERZ4P untuk menginputkan piutang selain/diluar piutang penjualan. Karena dengan fitur ini anda dapat menginputkan nominal uang dari piutang yang bersangkutan. Piutang Lain biasanya digunakan untuk memasukan pemberian pinjaman uang ke pegawai.

Cara menginputkan Piutang Lain tidak jauh berbeda dengan menginputkan Hutang Lain. Langkah langkah adalah sebagai berikut

1. Akses Akunting > Piutang Lain

2. Buat data Debitur terlebih dahulu. Data Debitur dapat memudahkan anda untuk menulusuri sumber dari sebuah Piutang. Klik Tambah Debitur

3. Isikan data dari Debitur, Nama wajib diisi sedangkan No Telepon dan Alamat opsional. Lalu klik Simpan

4. Bila Data Debitur berhasil disimpan, Data tersebut akan muncul pada Daftar Debitur. Selanjutnya, Klik Kelola untuk menginputkan data piutang dari Debitur tersebut

Akan ada beberapa pembahasan pada Kelola Piutang Lain yaitu

  • Penambahan Piutang
  • Pembayaran Transaksi
  • Rincian Transaksi

 

Penambahan Piutang

5. Untuk menambahkan piutang, klik Tambah Hutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari Piutang yang akan diinputkan.

6. Klik ikon disket untuk menyimpan data

Pembayaran Piutang

7. Untuk pembayaran piutang, klik Kurangi Piutang pada Jenis Penyesuaian. Lalu inputkan Jenis Pembayaran, Kas yang digunakan, dan Jumlah nominal dari pembayaran piutang

8. Klik ikon disket untuk menyimpan data

9. Data Debet dan Kredit dari Piutang yang sudah anda inputkan dapat dilihat pada Rincian Transaksi. 

10. Anda dapat melihat Sisa Hutang pada Daftar Kreditur tepatnya di kolom Sisa Hutang. 

 


C. Melihat Jurnal


Hutang Lain dan Piutang Lain yang anda inputkan sebelumnya akan tercatat secara detail di dalam Jurnal. Untuk melihat Jurnal anda dapat mengakses Akunting > Jurnal > Manajemen Data

Read Also : Mengatur Hutang Pembelian & Piutang Penjualan

 

Sekian tutorial 'Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P' dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap.

Coba Gratis Sekarang!

 

 

 

 

 

 

Fitur Duplikasi Penjualan ERZAP

18-01-2019 - Dibaca: 2405 kali.
Anda mungkin kerap menjumpai customer anda membeli barang/produk yang sama setiap mereka berbelanja di Outlet anda. Kasir anda mungkin hafal dengan daftar belanjaan customer tersebut, tetapi bukankah sedikit membosankan untuk menginput orderan yang sama setiap harinya dari orang yang sama ?? Maka dari itu, kali ini ERZAP merilis fitur Duplikat Penjualan. Dengan Fitur ini, anda dapat melakukan penjualan yang sudah pernah dilakukan tanpa harus menginput produk satu persatu lagi.
Baca selengkapnya...

Fitur Deposit Pelanggan

31-07-2020 - Dibaca: 1153 kali.
Melancarakan Inovasi Tanpa Henti ! Kini Erzap telah mengembangkan Modul CRM dengan menambahkan fitur Deposit Pelanggan. Fitur ini berfungsi untuk menginputkan nilai deposit yang dapat diakumulasi dan digunakan oleh Pelanggan anda untuk bertransaksi.
Baca selengkapnya...

Penjualan Dengan Diskon Bertingkat

14-09-2017 - Dibaca: 5868 kali.
Penjualan dengan diskon bertingakt biasanya di gunakan pada saat membuat sebuah promo yang dapat di isi pada saat pembuatan invoice / faktur penjualan.
Baca selengkapnya...

Penjualan Dengan Harga Jual Per Jenis Pelanggan

02-08-2018 - Dibaca: 3747 kali.
Di Dalam dunia bisnis penjualan, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis pelanggan, terdapat banyak jenis pelanggan antara lain, distributor, reseller dan customer. Nah pada artikel berikut akan dijelaskan bagaimana penerapan penjualan per jenis pelanggan dalam sistem ERZ4P antara lain :
Baca selengkapnya...

Faktur Pajak Masukan

21-09-2020 - Dibaca: 1283 kali.
Mencatat Faktur Pajak Masukan itu Sulit Tanpa Bantuan Sistem! Dalam sebuah perusahaan baik dagang maupun jasa akan mengalami kesulitan dalam mencatat Faktur Pajak Masukan, mengapa begitu ? Karena Perusahaan tidak melakukan Pembelian terhadap satu Supplier (PKP) saja, namun dari banyak Supplier. Ditambah lagi, satu Supplier saja dapat melakukan banyak Penjualan ke Perusahaan anda dimana Penjualan dari mereka ini akan mengharuskan anda menerbitkan banyak Faktur Pajak Masukan. Maka dari itu dibutuhkan bantuan Sistem seperti Erzap contohnya. Fungsinya untuk melacak, mendata, dan memproses sekian banyak Faktur Pajak Masukan dari berbagai Supplier. Dalam Tutorial kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang memproses Faktur Pajak Masukan pada Sistem Erzap yang tentunya dapat anda lakukan dengan praktis !
Baca selengkapnya...

Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

Hutang Piutang

Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan ERZ4P, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem ERZ4P dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem ERZ4P, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.