Penerapan Penjualan Air Isi Ulang pada ERZAP

06-02-2019 15:58:11, Dibaca: 7888

Air Isi Ulang memang salah satu kebutuhan yang essensial, baik di rumah, di kantor, dimanapun itu. Menyadari penting nya menyediakan produk ini. hampir seluruh Toko Sembako, Mini Market dan toko toko kebutuhan pokok lainnya selalu menyiapkan stok Air Isi Ulang dalam jumlah besar.

Pada Tutorial kali ini kami akan menjelaskan penerapan Penjualan Air Isi Ulang dengan Sistem Erzap

Note : Tutorial ini juga dapat diaplikasikan pada Penjualan Gas Tabung

 

Terdapat 3 tahap dalam tutorial ini, yaitu;

A. Membuat Data Produk

B. Penerapan Pembelian

C. Penerapan Penjualan

 


A. Membuat Data Produk


Anda akan membuat 3 Produk : Galon, Air Isi Ulang, Air Isi Ulang + Galon

Galon

Galon disini adalah jumlah Galon yang tersedia pada Toko anda, baik berisi maupun kosong, Galon ini juga dapat anda jual bila Toko anda menyediakan pembelian galon kosong.

Air Isi Ulang

Adalah Galon yang berisi Air. Pembelian dan Penjualan Air Isi Ulang tidak akan mengurangi Stok Galon, tetapi hanya mengurangi Stok Air Isi Ulang itu sendiri.

Air Isi Ulang + Galon

Air dan Galon ini adalah gabungan dari Galon dan Air Isi Ulang. Air plus Galon ini digunakan saat Customer anda membeli galon pertama kali (Tanpa pengisian ulang).

 

Membuat Data Produk Galon


1. Akses Data Master > Produk > Satu Data

2. Isi Informasi Produk seperti pada contoh dibawah.Sesuaikan harga jual Galon pada Toko anda

Lalu Simpan Data dengan mengklik ikon save disamping kiri


 

Membuat  Data Produk Air Isi Ulang


1. Akses Data Master > Produk > Satu Data

2. Isi Informasi Produk seperti pada contoh dibawah.Sesuaikan harga jual Air Isi Ulang pada Toko anda

Lalu Simpan Data dengan mengklik ikon save disamping kiri

 

Membuat  Data Produk Air Isi Ulang + Galon


1. Akses Data Master > Produk > Satu Data

2. Isi Informasi Produk seperti pada contoh dibawah.Sesuaikan harga jual Air Isi Ulang + Galon pada Toko anda

 

3. Pada Opsi Sifat Produk, pilih Opsi Produk Berupa Paket/Menu.

4. Lalu isi kolom Komposisi Paket dengan data produk Galon dan Air Isi Ulang yang sudah anda buat sebelumnya.

5. Lalu Simpan Data dengan mengklik ikon save disamping kiri

 

Selesai, dan anda dapat menggunakan ketiga data tersebut pada Penjualan


B. Penerapan Pembelian


Sebagai Contoh, Outlet kami Erzap Denpasar, mengorder Galon dari Supplier sebanyak 15 buah dan dari 10 Galon tersebut diisi dengan Air Isi Ulang.

Jadi pada Sistem, Kami menginputkan 15 Galon dan 10 Air Isi Ulang.

Jumlah Galon kosong yang ada pada Toko adalah selisih dari Galon dan Air, yang pada saat ini terdapat sebanyak 5 buah pada Erzap Denpasar


C. Penerapan Penjualan


Sebagai contoh kembali, Customer kami bernama Bambang hendak membeli AIr Isi Ulang. Karena tidak memiliki Galon kosong dari rumah, Bambang harus membeli Air Isi Ulang plus dengan Galonnya

Jadi pada SIstem, yang dinputkan adalah Air Isi Ulang + Galon

Keesokan hari, Bambang membeli AIr Isi Ulang kembali di Outlet kami. Karena sudah membawa Galon Sendiri, Bambang hanya menukar Galon kosong nya dengan Galon yang berisi Air Isi Ulang.

Jadi pada Sistem, yang perlu diinputkan pada Penjualan adalah Air Isi Ulang

Dengan ini, Stok galon anda akan tetap dan tidak berubah, melainkan hanya stok Air Isi Ulangnya saja yang berkurang. 

Sekian Tutorial " Penerapan Penjualan Air Isi Ulang pada ERZAP " dari kami, Selamat Mencoba !!

Belum menggunakan Erzap? Coba Gratis sekarang!

 

 

Pemindahan Barang antar Cabang pada Sistem Toko Handphone dan Komputer

14-02-2018 - Dibaca: 7818 kali.
Sistem Erzap menyediakan solusi untuk masalah pengelolaan Cabang dengan dukungan fitur Multi-Outlet yang sangat memungkinkan anda untuk mengakses seluruh data outlet dalam satu sistem yang terintegrasi. Pada Tutorial ini kami akan membahas salah satu fitur yang kerap digunakan dalam pengelolaan Inventori toko Handphone, yaitu Fitur Pemindahan Barang antar Cabang
Baca selengkapnya...

Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P

25-10-2018 - Dibaca: 10657 kali.
Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan Erzap ERP, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem Erzap ERP dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem Erzap ERP, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.
Baca selengkapnya...

Tutorial Purchase Order (PO) pada ERZAP

19-11-2019 - Dibaca: 9354 kali.
Dalam Bisnis yang terbilang menengah keatas, pencatatan PO bisa menjadi kegiatan yag krusial. Karena pada pasalnya, pencatatan PO pada Bisnis anda akan menentukan persediaan penjualan untuk waktu mendatang. Ribuan jumlah barang dan ratusan jenis barang dapat menyita waktu bila dikerjakan secara manual tanpa bantuan Sistem, ditambah lagi dokumen fisik yang berisi informasi PO rentan tidak terarsip dengan baik. Untuk meningkatkan efisiensi kerja, ERZAP menyediakan fitur PO yang dapat membantu pencatatan pemesanan barang dari Supplier. Bagaimana cara kerja dan penggunaan fitur tersebut akan kami bahas pada Tutorial berikut. 
Baca selengkapnya...

Tutorial Klaim Garansi Servis Erzap

12-05-2023 - Dibaca: 1679 kali.
Fitur ini dirancang untuk semakin melengkapi Modul Servis Elektronik Erzap, serta khusus untuk membantu pelaku usaha bisnis di bidang elektronik agar dapat memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggan mereka dengan memberikan garansi terhadap jasa servis yang diberikan. Ketika pelanggan membawa barang elektronik mereka untuk diservis, akan ada risiko bahwa setelah proses servis selesai, barang tersebut masih mengalami kerusakan yang sama atau bahkan kerusakan lain yang terkait dengan servis sebelumnya. Untuk mengatasi masalah ini, Erzap menyediakan fitur klaim garansi yang memungkinkan pelanggan mengajukan klaim jika barang tetap rusak setelah servis.
Baca selengkapnya...

Instalasi Erzap Android pada PC menggunakan Emulator Nox Player

01-05-2019 - Dibaca: 10191 kali.
Erzap juga memiliki POS versi Android yang dapat menghandle Transaksi dengan cepat dan efektif.  POS versi Android Erzap hanya dapat digunakan pada OS Android, akan tetapi anda dapat menggunakan POS Erzap Android ini pada PC melalui Emulator karena Erzap Android dapat digunakan secara efektif menggunakan Keyboard pada PC Kasir anda
Baca selengkapnya...

Penerapan Penjualan Air Isi Ulang pada ERZAP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

jualan galon dengan sistem

Air Isi Ulang memang salah satu kebutuhan yang essensial, baik di rumah, di kantor, dimanapun itu. Menyadari penting nya menyediakan produk ini. hampir seluruh Toko Sembako, Mini Market dan toko toko kebutuhan pokok lainnya selalu menyiapkan stok Air Isi Ulang dalam jumlah besar.