5 Kesalahan Penggunaan ERP yang Sering Terjadi

14-01-2022 19:25:24, Dibaca: 1829

 

5 KESALAHAN PENGGUNAAN ERP YANG SERING TERJADI

Pernah dengar tentang sistem ERP? Atau mungkin Anda sedang berpikir untuk menggunakan sistem ERP pada bisnis Anda? ERP dilansir dari Kompasiana adalah software manajemen bisnis yang fungsinya untuk merekam dan mengelola seluruh data dari aktivitas bisnis Anda. ERP sangat berguna untuk manajemen bisnis, tetapi penggunaan yang kurang optimal malah akan menghilangkan esensi dari penggunaan ERP. Oleh karena itu, sebelum Anda benar-benar menerapkan sistem ERP tersebut ada baiknya Anda membaca artikel ini agar kesalahan-kesalahan penggunaan ERP dapat Anda hindari. Berikut pembahasannya!

 

1. Kurang Pemahaman terhadap Kebutuhan Bisnis Anda

Ketika Anda hendak memilih sistem ERP, pastikan dengan penggunaan sistem tersebut memang dapat membantu manajemen bisnis Anda menjadi lebih efisien. Program yang Anda pilih harusnya memudahkan Anda dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh manajemen bisnis Anda bukannya malah menghambat. Jangan pula tergiur dengan sistem ERP yang menawarkan harga di bawah harga pasar karena ada keamanan sistem yang perlu Anda pertimbangkan.

2. Kurangnya Komitmen untuk Memperbaiki Manajemen

Apabila Anda sudah memutuskan untuk menggunakan sistem ERP, Anda dan karyawan Anda harus berkomitmen untuk memperbaiki manajemen bisnis Anda bersama-sama karena dalam penggunaan sistem tersebut yang terlibat bukan satu dua orang saja melainkan bisa saja melibatkan beberapa pekerja dari departemen yang berbeda. Komitmen yang kurang akan menghambat proses implementasi ERP karena ada beberapa orang yang enggan untuk berubah menggunakan sistem modern tersebut.

3. Tidak Memahami Fitur yang Tersedia

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan sistem ERP, Anda harus memastikan bahwa Anda dan beberapa karyawan utama telah mengetahui kegunaan fitur-fitur ERP agar dapat mengoptimalkan penggunaan sistem ERP tersebut. Untuk itu, perlu ada pelatihan bagi karyawan agar karyawan Anda terbiasa menggunakan sistem ERP.

4. Kurang Pelatihan untuk Karyawan yang Terlibat Langsung dalam Implementasi ERP

Anda sudah mengadakan pelatihan, tetapi karyawan Anda masih sulit memahami cara kerja sistem ERP? Bisa jadi pelatihan yang Anda berikan kurang cukup dan perlu ada evaluasi dari setiap pelatihan supaya Anda dapat memperhatikan karyawan-karyawan mana yang sekiranya butuh pelatihan lebih dibandingkan yang lain mengingat jangka waktu belajar tiap orang berbeda. Karyawan yang terlibat tidak melulu dari bagian IT, bagian sales dan Gudang pun mungkin saja ikut serta dalam penggunaan ERP.

5. Tidak Menggunakan Sistem yang Tepat

Pemilihan sistem ERP yang salah dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan kebutuhan bisnis. Jika Anda tidak memahami apa yang dibutuhkan bisnis Anda, akan sulit menerka fitur apa saja yang sebenarnya Anda butuhkan untuk mendukung manajemen bisnis Anda.

Baca juga perbedaan Pajak Restoran dan PPN di artikel ini

ERZAP, SISTEM ERP YANG TEPAT UNTUK ANDA

ERZAP ERP memiliki beragam macam fitur yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan bisnis Anda termasuk beberapa fitur yang belum ada di sistem ERP lain. Jika Anda belum pernah menggunakan ERZAP ERP, simak kegunaan sistem ERZAP berikut ini!

1. Sistem ERP ERZAP telah terhubung dengan sistem POS yang dapat Anda gunakan secara offline

Anda pernah kehilangan data karena internet Anda down saat menyimpan data secara online? Dengan menggunakan sistem ERP ERZAP, Anda tidak perlu khawatir karena sistem POS ERZAP dapat menyimpan data secara offline. Ketika sudah terhubung kembali dengan internet, data-data dari sistem POS tersebut akan secara otomatis terekam di back office dan seluruh sistem ERP ERZAP.

2. Sistem ERP yang terintegrasi dengan software Akunting

Transaksi dari mesin kasir, supplier, dan pihak-pihak lainnya dalam bisnis Anda akan tercatat secara otomatis pada sistem ERZAP sehingga proses pembukuan Anda menjadi lebih mudah dan cepat. Akun-akun pada software Akunting ERZAP juga sudah sesuai dengan SAK (Standar Akuntansi Keuangan).

3. Fitur Inventori yang lengkap

Apabila Anda sering kewalahan dalam mengelola persediaan barang Anda. maka fitur-fitur ERZAP dapat mempermudah pekerjaan Anda agar Anda dapat menghemat waktu untuk mendata persediaan Anda berdasarkan kategori tertentu. Simak pembahasan Inventori di artikel ini.

4. CRM yang lengkap untuk menyimpan data pelanggan dan kebutuhan program loyalty

ERZAP juga menyediakan fitur CRM bagi Anda untuk mengelola data pelanggan dan memberikan kategori untuk pelanggan tertentu. Tidak hanya informasi data pelanggan, Anda juga dapat mengelola poin pelanggan apabila Anda memiliki program loyalty.

5. Multi Outlet dan Gudang memudahkan proses pendataan stok Anda

Anda staff gudang atau admin gudang? Jika iya, fitur ini akan sangat memudahkan Anda dalam proses pencatatan stok karena ketika ada transfer stok, data dari masing-masing gudang akan saling terintegrasi sehingga Anda tidak perlu mendata ulang untuk sekadar menyesuaikan data stok dari masing-masing gudang. Begitu pula dengan perpindahan stok outlet satu ke outlet lain dengan gudang yang berbeda.

6. Laporan dan Statistik untuk membantu Anda melihat performa penjualan

Ada beberapa laporan yang tersedia, antara lain laporan inventori, laporan pembelian, laporan penjualan, laporan sistem Akunting, laporan pegawai, dan laporan email. Pada laporan pembelian dan penjualan terdapat fitur statistik yang dapat membantu Anda melihat produk mana yang paling laku, pelanggan mana yang paling sering melakukan repeat buying, dan kebutuhan data lainnya. Apabila Anda menerapkan program komisi untuk sales Anda, fitur statistik juga dapat membantu Anda melihat sales mana yang paling tinggi tingkat penjualannya.

7. Praktis Kelola Data Pegawai dengan Payroll Erzap

Anda menerapkan gaji berbasis jam kerja atau harian? Dengan fitur Payroll ERZAP, Anda dapat mengurus gaji karyawan beserta komponennya dengan praktis dan cepat! Sistem ERZAP dapat memproses gaji pegawai yang tersinkronisasi dengan absen pegawai. Denda, upah lembur, sisa kasbon, tunjangan, BPJS Kesehatan dan data-data gaji lainnya juga tercatat otomatis di sistem serta dapat diproses berdasarkan divisi maupun outlet berbeda. Setelah data komponen gaji dimasukkan, selanjutnya tinggal cetak slip gaji. 

8. Absensi Pegawai dan Modul Gaji tersinkronisasi otomatis dengan Erzap Teams

Sehubungan dengan gaji pegawai, tentunya tidak lepas dari absensi. Absensi pegawai yang dilakukan dengan Erzap Teams akan terhubung dengan modul gaji pegawai yang dibahas pada nomor sebelumnya. Pegawai dapat melakukan absensi baik saat WFH maupun WFO dengan proses absen yang menggunakan QR Code dan GPS untuk menghindari 'titip absen'. Baca lebih lanjut tentang absensi pegawai di sini.

9. Sinkron Webstore dan OmniChannel untuk Menghemat Waktu Anda

Lelah mengubah info produk satu per satu di beberapa Marketplace tempat Anda berjualan? Dengan fitur ini, ketika Anda mengubah info produk melalui ERZAP maka seluruh data akan otomatis berubah sehingga Anda dapat menyelaraskan data produk Anda di sistem ERZAP dengan data produk di Marketplace. Lebih hemat waktu bukan?


Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur-fitur yang ada di ERZAP? Daftar sekarang dan rasakan manfaatnya!

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Sinkronisasi Lazada

11-04-2022 - Dibaca: 2242 kali.
Punya Toko di Lazada? Sudah pakai Erzap? Good! Kalo begitu anda sudah siap untuk kelola Toko-toko pada Lazada via Erzap? Check this Tutorial out!
Baca selengkapnya...

Tips Jitu Memulai Erzap

05-10-2020 - Dibaca: 3179 kali.
Pada Tutorial ini kami akan memandu anda menggunakan Sistem Erzap untuk pertama kalinya. Tujuan dari tutorial ini adalah untuk membantu anda memahami bagaimana penggunaan dan cara kerja Sistem erzap pada tahap pemula.
Baca selengkapnya...

Melihat Rekap Stok Detail per Serial Number/IMEI pada Sistem Toko HP

14-02-2018 - Dibaca: 6477 kali.
Laporan rekap stok digunakan user untuk melihat data persediaan berserta jumlah barang dari suatu gudang/outlet dan serial number
Baca selengkapnya...

Tutorial Stock Opname dengan Metode Scan Barcode

09-11-2019 - Dibaca: 26841 kali.
Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ERZ4P meyediakan Fitur Stock Opname yang dapat membantu penyesuaian antara stok fisik dan stok sistem.
Baca selengkapnya...

Bahaya Turnover Karyawan yang Tinggi pada Kinerja Perusahaan

17-08-2022 - Dibaca: 2132 kali.
Pernah mendengar tentang turnover karyawan? Kenali dampaknya bagi perusahaan di sini!
Baca selengkapnya...

5 Kesalahan Penggunaan ERP yang Sering Terjadi - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Sistem ERP, kesalahan ERP, Software ERP, Manajemen Bisnis

Sedang mempertimbangkan sistem ERP? Simak artikel ini agar Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan penggunaan ERP yang sering terjadi.