Software Ini Bantu Manajemen Bisnis Anda menjadi 100% Lebih Baik

09-06-2022 22:49:35, Dibaca: 1736

Apa itu manajemen bisnis?

Manajemen bisnis dilansir dari Gramedia adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring pada sebuah bisnis untuk mengoptimalkan sumber daya agar mencapai tujuan bisnis tertentu. Tanpa manajemen bisnis yang baik, suatu bisnis akan cenderung mengalami banyak kendala karena kurangnya perencanaan dan pengawasan dalam menjalankan bisnis tersebut. Kegiatan manajemen bisnis di era ini sebagian besar sudah didukung oleh teknologi sehingga dapat memudahkan proses pengelolaannya. Adapun bentuk teknologi yang digunakan dapat berupa penggunaan perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu pemilik ataupun PIC (person in charge) untuk melakukan kontrol dan pengawasan terhadap bisnisnya tanpa terbatas ruang dan waktu. Perangkat lunak yang biasa digunakan adalah software ERP. 

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem yang digunakan untuk mengintegrasikan beberapa sumber daya dalam mengelola manajemen bisnis. Software ERP dapat diterapkan pada bisnis apapun, antara lain restoran, toko retail, dan bisnis penyedia jasa. Software tersebut mampu menghubungkan departemen yang berbeda pada satu sistem yang sama sehingga orang yang memiliki akses dapat melihat kinerja masing-masing departemen melalui back office. Berikut ini contoh tampilan back office ERZAP ERP beserta modul-modulnya.

Baca juga 5 Kesalahan Promosi Bisnis yang Mungkin Tidak Disadari

Apa saja fungsi modul-modul tersebut untuk bisnis Anda? Simak beberapa penjelasannya berikut ini.

Modul-Modul ERZAP

1. Modul Pelanggan (CRM)

CRM atau customer relationship management termasuk hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis karena pelanggan yang setia dapat meringankan biaya pemasaran yang Anda keluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Customer retention adalah strategi pebisnis dalam mempertahankan pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi. Beberapa cara yang dilakukan untuk mengelola CRM adalah dengan membuat program loyalitas pelanggan berupa membership atau poin pembelian dan melakukan personalisasi ketika memberikan pelayanan seperti melalui email marketing. ERZAP memiliki beberapa fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengelola pelanggan, antara lain.

  • Newsletter : untuk menyebarkan informasi promo maupun produk kepada pelanggan umum via email
  • Setting Ucapan : untuk memberikan ucapan hari raya, hari besar, ataupun hari ulang tahun kepada pelanggan tertentu
  • Email Blast : menyebarkan informasi kepada pelanggan berdasarkan kategori, misalnya kepada member
  • Poin Pelanggan : poin pelanggan akan tercatat setiap kali pelanggan tersebut melakukan transaksi di tempat Anda. Poin tersebut dapat dilihat pada nota pembelian yang dapat ditukarkan dengan produk atau dikonversikan menjadi rupiah sebagai salah satu metode pembayaran.
  • Deposit Pelanggan : fitur ini memungkinkan pelanggan untuk menabung kembalian yang didapat sehingga tabungan kembalian tersebut dapat digunakan saat kembali berbelanja di tempat Anda.

Anda mungkin tertarik Intip 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan agar Bisnis Anda tetap Jaya!

2. Modul Inventori (Inventory)

Anda punya banyak outlet dan gudang yang berbeda? Jangan khawatir, Anda dapat mengecek stok masuk dan keluar dari outlet dan gudang yang berbeda dengan modul inventori ERZAP karena kami memiliki fitur Multi Gudang. Ketika Anda melakukan transfer stok dari berbagai cabang Gudang, data dari masing-masing gudang saling terhubung sehingga jika ada perubahan stok di salah satu gudang, stok pada sistem akan menyesuaikan dengan data lapangan. Fitur Stok Otomatis pada ERZAP ERP juga dapat membantu Anda dalam melakuakn perhitungan stok karena data stok akan otomatis berkurang setiap terjadi transaksi. Apabila bisnis Anda juga mencakup produksi barang, ERZAP menyediakan fitur BOM untuk memudahkan proses produksi Anda seperti daftar bahan dan total biaya yang diperlukan. Modul ini juga menyediakan berbagai laporan inventory secara otomatis, yakni rekap konversi barang, rekap koreksi stok, rekap stok keluar, rekap minimum stok, detail rekap stok konsinyasi pembelian dan penjualan, dan laporan lainnya.

3. Modul Pembelian

Modul ini berfungsi untuk mencatat transaksi Anda dengan supplier. Beberapa fitur yang dapat Anda gunakan, antara lain.

  • Faktur Pembelian
  • Pemesanan Barang (PO)
  • Penerimaan Faktur Pajak
  • Potongan Pembelian
  • Penurunan Harga Beli
  • Pembelian Konsinyasi
  • Retur Pembelian
  • Cetak dan Rekap Faktur Pajak
  • dan lainnya.

Modul pembelian juga menyedian berbagai laporan rekap pembelian secara otomatis berdasarkan aktivitas transaksi Anda sehingga Anda dapat menghemat waktu dalam menyusun laporan. Laporan tersebut, antara lain laporan rekap pemesanan barang, rekap pembelian, rekap retur pembelian, rekap utang, rekap konsinyasi pembelian, rekap faktur pajak, dan statistik per supplier maupun produk.

4. Modul Penjualan

Modul Penjualan telah terintegrasi dengan sistem POS ERZAP, maka dari itu data transaksi penjualan akan tercatat otomatis pada sistem dan dapat diakses pada back office. Anda dapat membuat faktur penjualan meliputi faktur pajak keluaran dengan modul penjualan ini. Modul Promosi juga dapat Anda akses melalui menu ini. Laporan-laporan yang disediakan oleh modul ini adalah sebagai berikut.

  • Rekap pesanan penjualan
  • Rekap penjualan
  • Rekap penjualan hari ini
  • Rekap retur penjualan
  • Rekap piutang
  • Rekap konsinyasi penjualan
  • Rekap komisi sales
  • Rekap Fatur Pajak
  • Data statistik untuk sales, pelanggan, dan produk

5. Akunting

ERZAP ERP telah dilengkap oleh software Akunting yang sesuai dengan SAK (Standar Akuntansi Keuangan) untuk membantu proses pembukuan dan laporan keuangan Anda. Data penjualan yang diperoleh dari POS ERZAP terhubung dengan back office ERZAP sehingga Anda tidak perlu melakukan rekap penjualan secara manual. Laporan yang dihasilkan oleh modul Akunting, antara lain sebagai berikut.

  • Buku Besar
  • Laba Rugi
  • Perubahan Modal
  • Neraca
  • Rekap Beban
  • Rekap Laporan

6. Modul Pegawai (HRM)

HRM adalah aspek yang tidak kalah penting dari CRM karena kinerja pegawai Anda turut mencerminkan citra bisnis Anda. Modul pegawai mencakup berbagai kebutuhan pengelolaan pegawai mulai dari absensi, bonus hingga gajian. Fitur payroll ERZAP memudahkan Anda memproses gaji pegawai secara cepat karena komponen gaji seperti denda, upah lembur, kasbon, dan komponen lainnya sudah tercatat otomatis di sistem setelah Anda mengatur data pegawai di awal. Data pegawai dapat Anda atur secara terperinci berdasarkan divisi, kelompok, dan shift masing-masing pegawai. Aplikasi ERZAP Teams menyediakan fitur QR Code dan GPS untuk memfasilitasi absensi pegawai baik WFH maupun WFO. ERZAP juga memiliki fitur komisi sales bagi Anda yang menerapkan sistem komisi dengan dua jenis komisi, yakni total faktur dan total laba.

7. Modul Manajemen Produk 

Modul produk ini memfasilitasi Anda untuk melakukan pendataan produk secara rinci, bahkan untuk produk jasa sekalipun. Berikut ini fitur-fitur pada modul produk yang dapat Anda gunakan.

  • Produk Jasa
  • Produk PPN dan Non PPN
  • Produk berupa Paket
  • Produk berupa Bahan
  • Produk Paling Laku
  • Produk Kurang Laku
  • Kategori Produk
  • dan lainnya.

8. Modul Promosi

Anda dapat mengatur promosi produk berdasarkan hari, tanggal, dan waktu tertentu dengan modul promosi ERZAP. Keunggulannya, promosi yang sudah Anda atur jauh-jauh hari tersebut akan berjalan otomatis ketika waktunya tiba sehingga Anda tidak perlu repot mengaturnya setaip saat toko Anda melakukan promosi. Fitur promosi ini juga memudahkan Anda dalam pencatatan penjualan karena stok dan penjualan yang dipengaruhi promosi akan otomatis terpotong tanpa perlu dipisahkan perhitungannya secara manual. Temukan tutorial penggunaan fitur promosi ERZAP di sini.

Selain delapan modul yang disebutkan di atas, ERZAP juga menyediakan fitur lain yang dapat membantu Anda agar manajemen bisnis Anda menjadi lebih baik. Ayo daftar sekarang dengan klik tombol di bawah ini.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Benarkah Cloud ERP Lebih Baik Dibandingkan On Premise dan Hybrid ERP?

26-07-2022 - Dibaca: 1138 kali.
Benarkah Cloud ERP lebih hemat biaya dan memiliki segudang kelebihan dibandingkan jenis ERP yang lain? Temukan jawabannya di artikel ini!
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Plafon Piutang Pelanggan

05-07-2023 - Dibaca: 522 kali.
Dalam bisnis, pengaturan keuangan yang efektif sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas kas perusahaan. Salah satu strategi yang dapat membantu dalam hal ini adalah dengan menerapkan plafon piutang pelanggan. Plafon piutang pelanggan adalah batas kredit yang ditetapkan bagi pelanggan untuk membatasi jumlah utang yang dapat mereka akumulasikan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Izin Cuti & Libur Erzap ERP

07-12-2023 - Dibaca: 277 kali.
Sebagai sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Erzap memiliki peran yang penting dalam mendukung manajemen cuti karyawan. Fitur Izin cuti dan libur memberikan kemudahaan kepada perusahaan untuk mengelola secara efisien proses pengajuan cuti. Berikut adalah Tutorial fitur izin cuti dan libur Erzap ERP.
Baca selengkapnya...

Pengelolaan & Pembelian Aset pada ERZAP

03-05-2019 - Dibaca: 7710 kali.
Pada update terbaru ini Erzap memiliki Fitur Modul Aset, dimana dengan fitur ini anda dapat mengelola Aset, terutama Aset Tetap, pada Usaha anda.
Baca selengkapnya...

5 Rahasia Sukses Bisnis PPOB

25-05-2022 - Dibaca: 1407 kali.
ERZAP PPOB menyediakan produk PPOB yang dapat Anda akses secara GRATIS melalui POS Android ERZAP.
Baca selengkapnya...

Software Ini Bantu Manajemen Bisnis Anda menjadi 100% Lebih Baik - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

ERP, Software ERP, Sistem ERP, Manajemen Bisnis, Business Management, CRM, HRM

Software ini akan membantu Anda mengelola bisnis Anda. Hemat waktu dan praktis!