5 Kesalahan Promosi Bisnis yang Mungkin Tidak Disadari

04-06-2022 13:34:07, Dibaca: 1635

Apa itu Promosi?

Promosi adalah salah satu komponen penting dalam sebuah bisnis yang dilakukan guna menjangkau calon pelanggan serta menjaga loyalitas pelanggan. Promosi menurut Kompas didefinisikan sebagai kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk memberikan informasi seputar produk barang atau jasa kepada masyarakat luas dan meningkatkan minat beli konsumen. Promosi yang dilakukan secara optimal akan berpengaruh positif terhadap penjualan produk.

Namun, apakah berbagai promosi yang telah Anda lakukan sudah tepat sasaran ataukah malah menyebabkan biaya operasional membengak? Berikut ini kesalahan-kesalahan promosi yang mungkin terjadi.

1. Kurangnya Riset dan Strategi

Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan promosi karena sama seperti ketika membuat sebuah produk, promosi yang Anda berikan haruslah yang memberikan solusi dan manfaat bagi audiens yang dituju. Sesudah Anda melakukan riset, selanjutnya tentukan strategi pemasaran Anda mencakup media dan cara apa yang akan Anda gunakan. Apakah Anda akan melakukan soft selling ataukah hard selling. Bagaimana juga strategi Anda dalam menyampaikan produk, apakah dengan ekspresi marah seperti yang sedang populer belakangan ini ataukah dengan ekspresi lainnya.

Anda mungkin tertarik Ini 8 Fitur ERZAP POS yang Berguna bagi Pemilik Bisnis Retail

2. Pemasaran terlalu Umum

Ketika menciptakan sebuah produk, tentunya perlu ada differensiasi produk agar barang atau jasa Anda tampak berbeda dari yang lain dan dapat disesuaikan untuk target market tertentu. Pemasaran pun juga demikian, Anda perlu menentukan target audience Anda dan media apa yang biasanya digunakan oleh target Anda tersebut. Anda juga perlu mempertimbangkan konten seperti apa yang akan Anda tampilkan. Misalnya pendekatan apa yang Anda pilih dari 5 Emotional Advertising Appeals, antara lain fear, humor, abrasive advertising, sex in advertising, dan audience participation. Apakahh Anda akan membuat konten berunsur humor ataukah fear karena beda jenis produk beda pula pendekatannya. Jenis konten yang berhasil untuk produk atau usaha tertentu belum tentu dapat diterapkan di usaha Anda.

3. Branding Produk belum Jelas

Branding produk yang belum jelas akan menyebabkan konsumen bingung ketika melihat promosi produk Anda. Kira-kira kepada siapa produk Anda ditujukan, misalnya jika produk Anda ditargetkan untuk satu niche market tertentu, branding dan promosi yang Anda lakukan haruslah sesuai dengan niche market tersebut agar citra produk Anda konsisten di mata konsumen. Apabila Anda menggunakan KOL (Key Opinion Leader) atau influencer, perhatikan citra dan pandangan masyarakat terhadap KOL atau influencer tersebut karena mereka akan merepresentasikan produk Anda. Pastikan pula endorser yang Anda pilih sudah memahami garis besar produk Anda.

4. Melupakan CTA (Call to Action)

Terdapat berbagai fitur yang dapat Anda gunakan ketika melakukan promosi di platform digital. Sebut saja fitur QnA pada Instagram Story maupun komentar di postingan. Anda dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan membuat konten yang mendorong konsumen untuk menjawab postingan Anda sehingga engagement Anda turut meningkat. Apabila sudah ada yang berpartisipasi, berilah apresiasi dimulai dari membalas komentar mereka atau apresiasi lain yang disesuaikan.

5. Biaya Pemasaran tidak Dihitung Matang

Biaya pemasaran bisa dihitung sebagai fixed cost maupun variable cost. Anda perlu menghitung biaya pemasaran di awal sehingga Anda dapat mencapai tingkat keuntungan yang dikehendaki. Perhitungan biaya untuk jenis promosi seperti buy 1 get 1 atau beli X diskon Y akan cukup membingungkan jika dihitung secara manual. Namun dengan bantuan sistem POS seperti ERZAP POS dapat memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan laporan sehingga ketika Anda menerapkan promosi tersebut, kasir Anda dapat dengan sigap melayani konsumen tanpa perlu repot menghitung pendapatan penjualan serta stok produk. Modul promosi ERZAP juga dapat membantu Anda mengatur promosi jangka panjang yang akan berjalan otomatis sesuai tanggal dan waktu yang Anda atur. Apa saja fitur promosi ERZAP? Klik di sini untuk tahu lebih lanjut.

Itu tadi 5 kesalahan promosi yang kerap terjadi. Tentukanlah jenis promosi apa yang sesuai dengan produk Anda agar kegiatan pemasaran Anda tidak sia-sia. Selamat mencoba!

 

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Software Ini Bantu Manajemen Bisnis Anda menjadi 100% Lebih Baik

09-06-2022 - Dibaca: 1841 kali.
Software ini akan membantu Anda mengelola bisnis Anda. Hemat waktu dan praktis!
Baca selengkapnya...

Tutorial Proses PO dengan Fitur Penerimaan Barang PO

30-01-2023 - Dibaca: 2027 kali.
proses PO dengan fitur baru Erzap yaitu Fitur Penerimaan Barang PO
Baca selengkapnya...

Pembayaran Hutang & Piutang menggunakan Cek/Giro Mundur

03-04-2019 - Dibaca: 27056 kali.
Tutorial berikut menjelaskan cara membayar hutang & piutang menggunakan Cek/Giro mundur
Baca selengkapnya...

Menginputkan data produk/bahan, membuat data suplier dan sales pada ERZ4P

31-10-2017 - Dibaca: 6866 kali.
Usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup
Baca selengkapnya...

Penerapan sederhana ERZ4P pada industri Catering - Solusi Menu Tanpa Stok

24-10-2017 - Dibaca: 7042 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri Catering yang dimana user dapat menjual menu tanpa menggunakan stok serta dapat mencatat pembelian bahan ke Suplier.
Baca selengkapnya...

5 Kesalahan Promosi Bisnis yang Mungkin Tidak Disadari - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Promosi, POS, ERP, Marketing, Promotion, Marketing Strategy, Promotion Strategy, Tips Promosi

Sudah sering promosi, tetapi produk belum laku juga? Ini beberapa kesalahan yang mungkin luput dari perhatian Anda.