Ketahui 3 Jenis Software ERP: On Premise, Cloud, dan Hybrid ERP

27-07-2022 22:18:36, Dibaca: 3118

Apa itu Software ERP?

Software ERP adalah perangkat lunak yang digunakan dalam pengelolaan manajemen bisnis. Sistem ERP ini mengintegrasikan berbagai divisi sehingga kinerjanya dapat dikontrol dan diawasi melalui back office. Terdapat 3 jenis ERP, yakni On Premise, Cloud, dan Hybrid ERP. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai ketiganya.

Pengertian On Premise, Cloud dan Hybrid ERP

1. On Premise

On Premise ERP merupakan bentuk ERP yang paling konvensional dan tradisional. Software ERP jenis ini biasanya dibayar satu kali berupa pembelian lisensi. Namun dalam jangka panjang, tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat dan memperbaharui software tersebut. Perusahaan harus siap mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat yang menjadi tempat software tersebut dipasang. Tidak hanya hardware, tetapi juga perlu menyiapkan database karena data perusahana pada on premise ERP akan disimpan di server lokal perusahaan. Biasanya perusahaan berskala besar yang menggunakan ERP jenis ini.

2. Cloud

Jenis ERP ini tidak membutuhkan pembelian lisensi seperti on premise karena data perusahaan disimpan pada cloud yang disediakan oleh penyedia server. Untuk mengakses cloud ERP pun tidak perlu menggunakan perangkat tertentu, Anda dapat mengaksesnya melalui situs web.

3. Hybrid ERP

Sesuai dengan namanya, Hybrid ERP merupakan kombinasi dari on premise dan cloud ERP. ERP jenis hybrid dapat digunakan baik ketika ada akses internet maupun tidak. Sistem akan otomatis menggunakan jenis on premise ketika koneksi internet sedang tidak stabil dan kembali pada cloud ERP setelah internet sudah tersedia.

Anda mungkin tertarik: Benarkah Cloud ERP Lebih Baik Dibandingkan On Premise dan Hybrid ERP?

Perbandingan On Premise, Cloud dan Hybrid ERP

Berikut perbandingan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis ERP

  On Premise ERP Cloud ERP Hybrid ERP
Kelebihan

1. Fleksibel, dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis

2. Keamanan data lebih terjamin

3. Seluruh kontrol terdapat di tangan perusahaan

1. Biaya lebih hemat dibandingkan 2 jenis lainnya sehingga cocok untuk usaha kecil dan menengah

2. Dapat diakses di manapun dan kapanpun selama ada koneksi internet karena data diakses melalui web

3. Tidak perlu hardware tambahan, data disimpan di cloud milik vendor 

4. Tidak perlu mendatangkan vendor saat ingin upgrade software

5. Tidak terlalu membutuhkan tim IT khusus

1. Otomatis beralih pada sistem on premise maupun cloud sesuai dengan konektivitas internet

2. Dapat diakses ketika internet ada maupun sedang terputus

3. Upgrade lebih mudah

4. Lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

 

Kekurangan

1. Biaya relatif mahal

2. Membutuhkan tim IT khusus

3. Jika server lokal perusahaan mengalami masalah, data ERP berpotensi untuk hilang

1. Kontrol tidak sepenuhnya di tangan perusahaan karena vendor ikut mengurus software update

2. Bergantung pada kestabilan internet

1. Biaya lebih mahal dibandingkan Cloud ERP

2. Lebih cocok digunakan untuk usaha menengah ke atas

Pembelian software ERP mungkin dapat menjadi beban bagi sebuah bisnis karena tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sistem ERP, tetapi software tersebut dapat membantu Anda mengelola manajemen bisnis sehingga lebih efisien dan efektif. Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dengan menggunakan software ERP. Terlebih jika menggunakan cloud ERP karena pengawasan dan kontrol dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. Penggunaan ERP juga dapat memberikan nilai lebih bagi bisnis sebab terdapat banyak kemudahan dan kelebihan yang diberikan oleh sistem ERP. Pilihlah jenis ERP yang sudah mencakup sistem Akunting dan berbagai modul agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli software-software berbeda.

Apabila Anda ingin ERP yang masih terjangkau, tetapi mencakup hampir seluruh keperluan bisnis maka cloud ERP dapat menjadi pilihan. Alasannya selain hemat biaya, data Anda pun tersimpan aman karena tidak tersimpan di server lokal perusahaan. Bayangkan jika server lokal perusahaan mengalami masalah sampai menyebabkan hilangnya data. Data tersebut tidak bisa kembali karena perangkat yang dipasangi software ERP juga bermasalah. Lain halnya dengan cloud ERP yang menyimpan data pada server cloud, apapun yang terjadi pada perangkat Anda tidak akan mengganggu data bisnis karena aksesnya pun dilakukan melalui web.

Salah satu cloud ERP yang mencakup berbagai keperluan bisnis adalah ERZAP ERP. ERZAP telah terintegrasi dengan berbagai divisi dan dapat dilihat oleh orang-orang yang memiliki akses di perangkat berbeda. Sistem ERP yang terintegrasi dengan POS, Akunting, dan modul lainnya akan membantu Anda menghemat biaya. Selain itu, seluruh data dari tiap divisi akan saling terhubung sehingga proses bisnis dari hulu ke hilir dapat terekam dan diproses otomatis di satu sistem yang sama.

Ketika Anda menggunakan mesin POS ERZAP, data dari POS akan terintegrasi dengan ERP dan modul Akunting sehingga laporan keuangan akan otomatis diproses oleh sistem berdasarkan transaksi yang ada. Begitu pula dengan penghitungan gaji karyawan, ERZAP memiliki ERZAP Teams yang memudahkan Anda memproses gaji pegawai biasa maupun sales dengan berbagai komponen. Cukup masukkan komponen gaji dan data pegawai kemudian sistem akan menghitung gaji pegawai setiap bulannya berdasarkan absen dan komisi yang didapat. Sangat hemat waktu bukan?

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Punya Bisnis Tempat Makan? Berikut Ini Pajak yang Harus Anda Ketahui!

03-01-2022 - Dibaca: 2857 kali.
Punya Restoran di Bali? Dapatkan software ERP ERZAP untuk manajemen bisnis Anda! Sudah terintegrasi dengan sistem Akunting dan POS.
Baca selengkapnya...

Kenali Apa Itu Fraud dan Dampaknya Bagi Perusahaan

25-06-2022 - Dibaca: 8174 kali.
Fraud dapat diartikan sebagai tindakan “kecurangan” biasanya terjadi pada suatu organisasi baik itu dari perusahaan maupun organisasi lainnya seperti koperasi, rumah sakit, dan lain sebagainya.
Baca selengkapnya...

Melihat Laporan Buku Besar

12-01-2018 - Dibaca: 7450 kali.
Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan akun yang ada dalam laporan keuangan. Buku ini mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing akun. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan ke Buku Besar secara berkala.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Fitur Stok Keluar

10-03-2020 - Dibaca: 4878 kali.
Untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan Stok seperti yang disebutkan, Erzap menghadirkan Fitur Stok Keluar, yang berfungsi untuk mengurangi Stok diluar penjualan dan otomatis mencatat pembukuan terkait Stok yang berkurang tersebut.
Baca selengkapnya...

Tutorial Cetak Shipping Label Marketplace

17-03-2023 - Dibaca: 1399 kali.
Proses pengiriman produk pada platform Marketplace atau toko online tidak hanya terbatas dari packing dan pengiriman saja, tetapi juga termasuk membuat shipping label. Shipping Label atau bisa disebut juga dengan Label Pengiriman adalah label yang berisi informasi pengiriman seperti alamat pengirim dan penerima, kode pos, nomor pesanan, dan lain-lain.
Baca selengkapnya...

Ketahui 3 Jenis Software ERP: On Premise, Cloud, dan Hybrid ERP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Sistem ERP, kesalahan ERP, Software ERP, Manajemen Bisnis, Jenis ERP,

Bingung dengan 3 jenis ERP ini? Temuukan perbandingannya di artikel ini!