Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik

29-05-2018 12:03:56, Dibaca: 5511



 

Bidang usaha yang satu ini dari jaman dahulu hingga kini masih menjadi kebutuhan pokok bagi para pemusik baik itu mereka yang profesional ataupun pemusik amatir yang ingin menyalurkan hobi atau sekedar bermain musik bersama band atau solo. Studio Musik merupakan suatu bidang usaha yang lebih mengedepankan produk jasa bagi pelanggannya tapi tidak menutup kemungkinan juga menjual produk, contohnya : Snack, Minuman bahkan alat musik.

Pada tutorial ini kami akan membahas proses penerapan ERZ4P pada Studio Musik, tutorial ini akan menggunakan 6 data produk yang akan kami bagi menjadi 3 produk Jasa dan 3 produk non jasa/produk yang menggunakan stok.

Setelah membuat data produk, kami akan menjelaskan prosedur untuk membuat Invoice Penjualan, dan di akhir artikel kami akan menjelaskan tentang cara melihat laporan Rekap Penjualan.

Adapun produk yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah:

Produk Jasa:

  1. Paket Studio (3 Jam)
  2. Paket Studio (2 Jam)
  3. Sewa Studio Musik

Produk Non Jasa:

  1. Minimuman Soda
  2. Wafer
  3. Gitar Akustik

 

Tutorial ini akan dibagi menjadi 3 tahapan yaitu:

  1. Membuat Data Produk
  2. Membuat Invoice Penjualan
  3. Melihat Laporan Rekap Penjualan

Detail dari 3 langkah diatas adalah sebagai berikut.

 


MEMBUAT DATA PRODUK


Membuat data produk pada ERZ4P adalah langkah utama yang perlu dilakukan, dan disini adalah point utama untuk mengatur produk tersebut, agar dapat dilakukan transaksi nantinya pada modul penjualan dan pembelian tanpa harus menggunakan stok.

Berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Setelah anda masuk ke akun ERZ4P anda, maka akseslah menu Data Master > Produk > Satu data/Banyak Data.


     
  2. Pada halaman pembuatan 'Data Produk', inputkanlah data yang sesuai dengan tabel, mulai dari Nama produk, satuan, Kategori, Sub kategori, jangan lupa berikan tanda pada kolom "Tanpa Stok / Jasa" yang akan memberikan efek produk tersebut dapat digunakan bertransaksi tanpa harus menggunakan Stok.



    (*Note : Hilangkan tanda pada kolom "Tanpa Stok/Jasa" bila produk tersebut adalah berbentuk barang yang akan dijual dengan inventori/stok yang tercatat di sistem)

     
  3. Lalu simpanlah hasil kerja anda pada halaman tersebut dengan mengklik ikon disket di sebelah kiri/atas seperti gambar yang telah kami tandai.
     
  4. Untuk Produk dengan Stok maka anda wajib menginputkan datanya di Data Master Produk, contohnya adalah seperti gambar dibawah ini.

    (*Note : Kosongkan tanda pada semua kolom bila produk tersebut adalah berbentuk barang yang akan dijual dengan inventori/stok yang tercatat di sistem)
     
  5. Lalu simpan datanya dan langkah selanjutnya adalah menambah stok untuk barang-barang diatas menggunakan modul Pembelian.
     


MEMBUAT INVOICE PENJUALAN


ERZ4P memiliki 2 cara melakukan transaksi penjualan yaitu dengan modul POS & Faktur penjualan.

(*Note: Kali ini akan kita simulasikan penjualan menggunakan modul faktur penjualan)

Cara menggunakan Faktur Penjualannya adalah sebagai berikut :

  1. Akses menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat Baru. (seperti gambar dibawah)


     
  2. Isikan Outlet, Gudang, Termin, Tanggal Faktur, dll (kolom dengan tanda *merah adalah wajib isi). Lalu isikan Daftar Barangnya sesuai transaksi.


     
  3. Tekan gambar disket atau F2 di bagian kiri/atas sistem untuk menyimpan data. Maka akan muncul Popup ini


     
  4. Silahkan pilih untuk proses cetak/print nota penjualannya. 


     
  5. Proses transaksi penjualan telah tersimpan dan selanjutnya kita akan melihatnya di laporan rekap penjualan.
     


MELIHAT LAPORAN REKAP PENJUALAN


Berikut adalah cara melihat laporan rekap penjualan harian maupun laporan rekap penjualan total. Langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  1. Akses Menu Penjualan > Laporan > Rekap Penjualan/Rekap Penjualan Hari Ini.


     
  2. Setelah itu klik tanda "kaca pembesar" disebelah kiri/atas dan jangan lupa tentukan outletnya.


     
  3. Setelah itu akan tampak Rekap Penjualan untuk transaksi penjualan diatas. Disini kami menggunakan "Rekap Penjualan Hari Ini" agar detail penjualannya lebih mudah untuk dimengerti. Anda juga bisa mencoba modul "Rekap Penjualan" jika ingin melihat secara total transaksi anda.


     
  4. Pada modul laporan Rekap Penjualan anda bisa memfilter beberapa kategori pencarian data, diantaranya : Outlet, Gudang, Pelanggan, No.Faktur, Periode, Termin, jenis Pembayaran, dan banyak lagi.
     
  5. Selamat mencoba dan kami ucapkan terima kasih telah membaca tutorial dari kami.

Sekian tutorial 'Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik' dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.  

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap.

Coba Gratis Sekarang!

 

 

 

Tutorial Pengiriman Barang Erzap

04-11-2019 - Dibaca: 2848 kali.
Beberapa pengusaha memperluas pasar dengan memperluas segmentasi geografis bisnisnya, biasanya dengan membuka cabang. Tetapi membuka cabang baru untuk memperluas pasar bukan hal yang mudah. Cara alternatif, namun efektif adalah dengan penerimaan penjualan untuk customer diluar kota menggunakan metode pengiriman barang yang disediakan oleh Jasa Ekspedisi.
Baca selengkapnya...

Faktur Pajak Masukan

21-09-2020 - Dibaca: 2826 kali.
Mencatat Faktur Pajak Masukan itu Sulit Tanpa Bantuan Sistem! Dalam sebuah perusahaan baik dagang maupun jasa akan mengalami kesulitan dalam mencatat Faktur Pajak Masukan, mengapa begitu ? Karena Perusahaan tidak melakukan Pembelian terhadap satu Supplier (PKP) saja, namun dari banyak Supplier. Ditambah lagi, satu Supplier saja dapat melakukan banyak Penjualan ke Perusahaan anda dimana Penjualan dari mereka ini akan mengharuskan anda menerbitkan banyak Faktur Pajak Masukan. Maka dari itu dibutuhkan bantuan Sistem seperti Erzap contohnya. Fungsinya untuk melacak, mendata, dan memproses sekian banyak Faktur Pajak Masukan dari berbagai Supplier. Dalam Tutorial kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang memproses Faktur Pajak Masukan pada Sistem Erzap yang tentunya dapat anda lakukan dengan praktis !
Baca selengkapnya...

Kenali 8 Fitur WhatsApp Bisnis untuk Para Pebisnis

03-07-2022 - Dibaca: 304 kali.
Belum beralih ke WhatsApp Buesiness? Ini nih, 8 fitur yang bisa berguna bagi bisnis Anda.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Fitur PPOB Erzap

23-12-2019 - Dibaca: 3746 kali.
Sebagian besar Individu sudah pernah menggunakannya tanpa disadari, namun belum mengetahui istilah dan definisi PPOB. Pada dasarnya, PPOB adalah sebuah sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Dalam hal ini, pembayaran yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game. 
Baca selengkapnya...

5 Kesalahan Penggunaan ERP yang Sering Terjadi

14-01-2022 - Dibaca: 856 kali.
Sedang mempertimbangkan sistem ERP? Simak artikel ini agar Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan penggunaan ERP yang sering terjadi.
Baca selengkapnya...

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik