Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik

29-05-2018 12:03:56, Dibaca: 875



 

Bidang usaha yang satu ini dari jaman dahulu hingga kini masih menjadi kebutuhan pokok bagi para pemusik baik itu mereka yang profesional ataupun pemusik amatir yang ingin menyalurkan hobi atau sekedar bermain musik bersama band atau solo. Studio Musik merupakan suatu bidang usaha yang lebih mengedepankan produk jasa bagi pelanggannya tapi tidak menutup kemungkinan juga menjual produk, contohnya : Snack, Minuman bahkan alat musik.

Pada tutorial ini kami akan membahas proses penerapan ERZ4P pada Studio Musik, tutorial ini akan menggunakan 6 data produk yang akan kami bagi menjadi 3 produk Jasa dan 3 produk non jasa/produk yang menggunakan stok.

Setelah membuat data produk, kami akan menjelaskan prosedur untuk membuat Invoice Penjualan, dan di akhir artikel kami akan menjelaskan tentang cara melihat laporan Rekap Penjualan.

Adapun produk yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah:

Produk Jasa:

  1. Paket Studio (3 Jam)
  2. Paket Studio (2 Jam)
  3. Sewa Studio Musik

Produk Non Jasa:

  1. Minimuman Soda
  2. Wafer
  3. Gitar Akustik

 

Tutorial ini akan dibagi menjadi 3 tahapan yaitu:

  1. Membuat Data Produk
  2. Membuat Invoice Penjualan
  3. Melihat Laporan Rekap Penjualan

Detail dari 3 langkah diatas adalah sebagai berikut.

 


MEMBUAT DATA PRODUK


Membuat data produk pada ERZ4P adalah langkah utama yang perlu dilakukan, dan disini adalah point utama untuk mengatur produk tersebut, agar dapat dilakukan transaksi nantinya pada modul penjualan dan pembelian tanpa harus menggunakan stok.

Berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Setelah anda masuk ke akun ERZ4P anda, maka akseslah menu Data Master > Produk > Satu data/Banyak Data.


     
  2. Pada halaman pembuatan 'Data Produk', inputkanlah data yang sesuai dengan tabel, mulai dari Nama produk, satuan, Kategori, Sub kategori, jangan lupa berikan tanda pada kolom "Tanpa Stok / Jasa" yang akan memberikan efek produk tersebut dapat digunakan bertransaksi tanpa harus menggunakan Stok.



    (*Note : Hilangkan tanda pada kolom "Tanpa Stok/Jasa" bila produk tersebut adalah berbentuk barang yang akan dijual dengan inventori/stok yang tercatat di sistem)

     
  3. Lalu simpanlah hasil kerja anda pada halaman tersebut dengan mengklik ikon disket di sebelah kiri/atas seperti gambar yang telah kami tandai.
     
  4. Untuk Produk dengan Stok maka anda wajib menginputkan datanya di Data Master Produk, contohnya adalah seperti gambar dibawah ini.

    (*Note : Kosongkan tanda pada semua kolom bila produk tersebut adalah berbentuk barang yang akan dijual dengan inventori/stok yang tercatat di sistem)
     
  5. Lalu simpan datanya dan langkah selanjutnya adalah menambah stok untuk barang-barang diatas menggunakan modul Pembelian.
     


MEMBUAT INVOICE PENJUALAN


ERZ4P memiliki 2 cara melakukan transaksi penjualan yaitu dengan modul POS & Faktur penjualan.

(*Note: Kali ini akan kita simulasikan penjualan menggunakan modul faktur penjualan)

Cara menggunakan Faktur Penjualannya adalah sebagai berikut :

  1. Akses menu Penjualan > Faktur Penjualan > Buat Baru. (seperti gambar dibawah)


     
  2. Isikan Outlet, Gudang, Termin, Tanggal Faktur, dll (kolom dengan tanda *merah adalah wajib isi). Lalu isikan Daftar Barangnya sesuai transaksi.


     
  3. Tekan gambar disket atau F2 di bagian kiri/atas sistem untuk menyimpan data. Maka akan muncul Popup ini


     
  4. Silahkan pilih untuk proses cetak/print nota penjualannya. 


     
  5. Proses transaksi penjualan telah tersimpan dan selanjutnya kita akan melihatnya di laporan rekap penjualan.
     


MELIHAT LAPORAN REKAP PENJUALAN


Berikut adalah cara melihat laporan rekap penjualan harian maupun laporan rekap penjualan total. Langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  1. Akses Menu Penjualan > Laporan > Rekap Penjualan/Rekap Penjualan Hari Ini.


     
  2. Setelah itu klik tanda "kaca pembesar" disebelah kiri/atas dan jangan lupa tentukan outletnya.


     
  3. Setelah itu akan tampak Rekap Penjualan untuk transaksi penjualan diatas. Disini kami menggunakan "Rekap Penjualan Hari Ini" agar detail penjualannya lebih mudah untuk dimengerti. Anda juga bisa mencoba modul "Rekap Penjualan" jika ingin melihat secara total transaksi anda.


     
  4. Pada modul laporan Rekap Penjualan anda bisa memfilter beberapa kategori pencarian data, diantaranya : Outlet, Gudang, Pelanggan, No.Faktur, Periode, Termin, jenis Pembayaran, dan banyak lagi.
     
  5. Selamat mencoba dan kami ucapkan terima kasih telah membaca tutorial dari kami.

Sekian tutorial 'Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik' dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.  

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.

 

 

 

Penerapan Singkat Erzap pada Fitness Center

12-07-2018 - Dibaca: 686 kali.
Tutorial ini akan memberikan penjelasan singkat tentang metode penerapan Erzap pada Fitness Center
Baca selengkapnya...

Membuat Nota Penjualan pada Sistem Penjualan Toko HP

10-02-2018 - Dibaca: 8077 kali.
Nota adalah bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai. Nota dibuat oleh pedagang dan diberikan kepada pembeli. Biasanya nota dibuat rangkap dua, satu lembar untuk pembeli dan lembaran kedua untuk penjual
Baca selengkapnya...

Mentransfer Dana Antar Kas Dan Bank

25-10-2017 - Dibaca: 1022 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada transfer dana dari kas ke bank dengan menggunakan fitur transaksi kas yang terdapat pada menu.
Baca selengkapnya...

Penambahan Harga Jual Berdasarkan Tipe Penjualan : Studi Kasus Penjualan via Go-Food

31-10-2018 - Dibaca: 426 kali.
Pada ERZ4P anda dapat menambahkan harga jual khusus untuk penjualan via Go-Food tanpa mengubah harga jual asli dengan menggunakan fitur Tipe Penjualan. Pada Tutorial ini kami akan menjelaskan Penambahan Harga Jual Berdasarkan Tipe Penjualan.
Baca selengkapnya...

Pendistribusian Minyak Kutus-Kutus dengan Sistem Erzap

03-10-2018 - Dibaca: 575 kali.
Tanpa kehadiran distributor, outlet outlet anda pasti akan sulit untuk melakukan pengadaan barang, karena distributor adalah jembatan penghubung antara usaha anda dan pabrik. Menjadi distributor bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terutama di bagian pendataan dan pembukuan. Anda memerlukan sebuah sistem untuk menghandle pendataan dari segala kegiatan yang ada seperti pengadaan, penjualan, monitoring stok, dan pembukuan. Tetapi dengan menggunakan Sistem ERZAP, Distributor tidak perlu risau, karena dengan penerapan Sistem ERZAP dapat mempermudah anda dalam melakukan pendataan kegiatan tersebut
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik