Menggunakan Fitur Stok Masuk

27-07-2018 11:08:37, Dibaca: 3373

Stok akan otomatis bertambah lewat Pembelian. Namun ada juga kondisi dimana anda akan mendapatkan Stok Produk diluar dari

Stok Masuk

Stok Masuk adalah fitur yang digunakan untuk menambah Stok Produk yang didapatkan diluar kegiatan Pembelian. Dengan ini, Stok akan masuk ke Sistem tanpa menyebabkan Hutang atau berkurangnya Kas dan tercatat pembukuannya.

Kapan Menggunakan Stok Masuk?

Stok Masuk digunakan pada saat anda mendapatkan Stok Produk diluar dari Pembelian. Contoh anda dapat Barang Bonus dari Supplier misalnya.

Mengapa Stok Tersebut Harus Tetap Dimasukan ke Sistem?

Bila tidak dicatat, Stok Sistem dan Stok Fisik tidak akan sesuai. Sebagai tambahan, Nilai Persediaan, Kas, Modal juga tidak akan akurat dalam Pembukuan.  

Bagaimana cara menggunakan Stok Masuk? Simak Tutorial dibawah ini. 

Table of Content

A. Fitur Stok Masuk

B. Melihat Laporan Akunting

 


A. Fitur Stok Masuk


Stok Masuk dapat digunakan untuk menginputkan Stok Produk yang didapat dari luar Pembelian. Jadi. menggunakan Stok Masuk akan menyebabkan Stok bertambah tanpa menyebabkan Hutang ataupun mengurangi kas.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Akses Inventori > Stok Masuk > Buat Baru

2. Laman Pencatatan Stok Masuk akan tampil. Inputkan informasi terkait Stok Masuk pada kolom-kolom yang tersedia.

3. Pilih Outlet yang akan menerima Stok

4. Pilih Gudang dari Outlet yang menerima Stok

5. Pilih Supplier yang memberi anda Stok tersebut.

6. Inputkan Tanggal Stok tersebut masuk.

7. Inputkan Nama/Barcode Produk

8. Inputkan Jumlah Stok dari Produk yang masuk.

9. Inputkan Harga Modal

10. Klik Ikon Disket untuk menyimpan Data

11. Setelah tersimpan, Erzap akan menerbitkan Nota Stok Masuk.

12. Lalu pada Aktifitas Stok akan tercatat History Stok Masuk.

 

 


B. Melihat Laporan Akunting


Setelah Stok Masuk berhasil diinputkan, Erzap akan otomatis mencatat Jurnal dan Pembukuan atas kegiatan tersebut. Yep, Otomatis! Disinilah istimewa nya Erzap.

Berikut kami lampirkan Laporan Akunting yang diterbitkan secara otomatis oleh Sistem Erzap.

Erzap akan otomatis menerbitkan Jurnal atas transaksi tersebut.

  • Total dari Harga Modal produk yang dimasukan akan membuat pertambahan nilai pada Akun Stok Masuk
  • Stok Masuk akan menambahkan nilai Modal Awal.

Jurnal

Laporan Laba Rugi

Akun Stok Masuk akan mengalami pertambahan Nilai sesuai dengan Harga Modal produk yang masuk.

Nilai Persediaan Barang

Nilai Persediaan akan otomatis bertambah sesuai dengan Total Harga Modal dari Produk yang dimasukan.


Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap.

Coba Gratis Sekarang!

Tutorial Aset Jual

25-07-2020 - Dibaca: 1719 kali.
Kini Erzap telah merilis update berupa fitur Aset Jual, dimana pada fitur ini, anda dapat melakukan Penghapusan/Penjualan atas Aset Tetap yang sebelumnya sudah tercatat pada Sistem. Proses Penjualan Aset ini terbilang cukup singkat karena memiliki kemiripan dengan proses Penjualan Produk pada Faktur Penjualan, namun perbedaanya terletak pada Akun yang terpengaruh atas penjualan Aset tersebut pada Laporan Neraca dan Laba Rugi
Baca selengkapnya...

Detail Cara Menambahkan Produk Baru di ERZ4P Untuk Industri Pakaian & Fashion

19-07-2018 - Dibaca: 2703 kali.
Di dalam industri fashion sangat penting menambahkan data produk ke dalam sistem untuk mengetahui persediaan barang dagang dan transaksi dalam suatu perusahaan. ERZ4P memiliki beberapa fitur di dalam menambahkan atau membuat produk baru dalam industri pakaian fashion ini antara lain
Baca selengkapnya...

Pendistribusian Minyak Kutus-Kutus dengan Sistem Erzap

03-10-2018 - Dibaca: 3883 kali.
Tanpa kehadiran distributor, outlet outlet anda pasti akan sulit untuk melakukan pengadaan barang, karena distributor adalah jembatan penghubung antara usaha anda dan pabrik. Menjadi distributor bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terutama di bagian pendataan dan pembukuan. Anda memerlukan sebuah sistem untuk menghandle pendataan dari segala kegiatan yang ada seperti pengadaan, penjualan, monitoring stok, dan pembukuan. Tetapi dengan menggunakan Sistem ERZAP, Distributor tidak perlu risau, karena dengan penerapan Sistem ERZAP dapat mempermudah anda dalam melakukan pendataan kegiatan tersebut
Baca selengkapnya...

Faktur Pajak Masukan

21-09-2020 - Dibaca: 910 kali.
Mencatat Faktur Pajak Masukan itu Sulit Tanpa Bantuan Sistem! Dalam sebuah perusahaan baik dagang maupun jasa akan mengalami kesulitan dalam mencatat Faktur Pajak Masukan, mengapa begitu ? Karena Perusahaan tidak melakukan Pembelian terhadap satu Supplier (PKP) saja, namun dari banyak Supplier. Ditambah lagi, satu Supplier saja dapat melakukan banyak Penjualan ke Perusahaan anda dimana Penjualan dari mereka ini akan mengharuskan anda menerbitkan banyak Faktur Pajak Masukan. Maka dari itu dibutuhkan bantuan Sistem seperti Erzap contohnya. Fungsinya untuk melacak, mendata, dan memproses sekian banyak Faktur Pajak Masukan dari berbagai Supplier. Dalam Tutorial kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang memproses Faktur Pajak Masukan pada Sistem Erzap yang tentunya dapat anda lakukan dengan praktis !
Baca selengkapnya...

Melihat Laporan Buku Besar

12-01-2018 - Dibaca: 4207 kali.
Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan akun yang ada dalam laporan keuangan. Buku ini mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing akun. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan ke Buku Besar secara berkala.
Baca selengkapnya...

Menggunakan Fitur Stok Masuk - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

Menggunakan Fitur Stok Masuk, apa itu stok, stok adalah, jenis jenis stok, stok, stock

Stok masuk merupakan proses penyesuaian stock dengan menambahkan kuantiti barang. Hal ini sama halnya dengan proses Penyesuaian Stok namun lebih spesifikasi pada penambahan kuantiti suatu barang / item.