5 Sektor Industri di Bali yang Sustainable setelah Pandemi!

22-10-2022 21:54:10, Dibaca: 1083

Situasi Ekonomi Bali 2022

Melansir data dari Bank Indonesia, perekonomian Bali di tahun 2022 mengalami perbaikan sejak pandemi melanda. Hal ini ditunjukkan dari pertumbuhan ekonomi Bali pada kuartal I dan II yang menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni 1.45% dan 3.04% (yoy). Perbaikan perekonomian Bali didukung oleh penyelenggaraan event berskala nasional dan internasional yang diadakan di provinsi tersebut sehingga terdapat peningkatan konsumsi dan investasi. Selain itu, relaksasi kebijakan pemerintah terkait PPKM, PPDN, dan PPLN turut membantu pertumbuhan ekonomi Bali di masa pemulihan ini. Terlepas dari isu resesi dunia terutama di tahun 2023, pebisnis masih dapat memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi Bali. Berikut 7 sektor industri di Bali yang dapat Anda pertimbangkan!

Macam-macam Industri di Bali yang Menguntungkan

1. Barang Kebutuhan Pokok

Perkiraan pakar ekonomi mengenai resesi global tahun 2023 serta inflasi dunia yang sedang tinggi mendekati penghujung tahun 2022 ini menyebabkan harga barang kebutuhan pokok yang dikenal dengan sembako mengalami kenaikan akibat inflasi. Namun, ajaibnya sektor usaha ini tetap bertumbuh bahkan selama pandemi melanda di Indonesia. Ketika pandemi mulai menerjang di tahun 2020, barang-barang kebutuhan pokok malah mengalami peningkatan penjualan terutama untuk penjualan secara online. Selain faktor kebutuhan primer, peningkatan ini juga disebabkan oleh adanya kebijakan PPKM yang membatasi mobilitas masyarakat sehingga sebagian besar mengandalkan platform online untuk membeli barang kebutuhan mereka.

2. Food and Beverages

Makan dan minum adalah kebutuhan primer manusia. Kendati demikian, jenis makanan yang dijual serta harga yang diberikan juga perlu diperhatikan sebab di masa krisis orang-orang dengan ekonomi menengah sampai menengah bawah yang paling terdampak cenderung mencari alternatif termurah untuk berhemat. Sektor industri ini juga termasuk 5 industri yang membaik di tahun 2022.

3. Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Krisis ekonomi akibat pandemik menyebabkan orang-orang terkena PHK massal. Isu pengangguran sejak lama juga telah menjadi masalah yang belum kunjung terselesaikan. Sejatinya Indonesia tidak kekurangan lapangan pekerjaan, tetapi kekurangan orang yang memenuhi kriteria yang diharapkan perusahaan. Melihat hal tersebut, penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dirinya agar dapat bersaing di pasar kerja. Selama pandemi, bermunculan kursus-kursus digital yang berkembang pesat. Hal ini menandakan kebutuhan akan pendidikan dan pelatihan meningkat sejak pandemi. Peningkatan kebutuhan tersebut juga didukung oleh hasil survey yang dilakukan oleh Databoks yang menunjukkan 37.5% perusahaan di sektor pendidikan beroperasi kembali.

4. Kebutuhan Rumah Tangga dan Elektronik

Sistem kerja yang berubah menjadi WFH (Work from Home) dan WFA (Work from Anywhere) menyebabkan para pekerja lebih sering berada di rumah. Adaptasi sistem kerja ini berujung pada peningkatan kebutuhan elektronik seperti gadget, perangkat komputer, earphone, powerbank, dan lainnya.

5. Produk Kebersihan dan Kesehatan

Sekalipun masyarakat Indonesia sudah kembali ke kehidupan ‘normal’, kesadaran akan kesehatan semakin terbentuk akibat pandemi ini. Ditambah lagi bermunculan virus-virus lain yang meskipun tidak seramai Covid-19, tetapi dapat menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Karenanya, produk-produk kesehatan tetap berada dalam kebutuhan wajib dan termasuk sektor yang bertahan baik saat pandemi maupun endemi.

Anda mungkin tertarik Konsekuensi Krisis Eropa Pada Financial Report di Indonesia

2 Tips Jitu Menghadapi Persaingan Bisnis setelah Pandemi: Digitalisasi Bisnis

Mengintegrasikan teknologi digital ke dalam sistem bisnis dan membuka toko online dapat menjadi solusi untuk menghadapi kompetitor. Berikut adalah 2 tips jitu dalam menghadapi persaingan bisnis menggunakan ERZAP setelah pandemi!

1. Mengintegrasikan IT dalam sistem bisnis

Integrasi IT dalam bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan software ERP agar manajemen bisnis menjadi lebih cepat dan mudah. Software ERP seperti ERZAP menghubungkan berbagai departemen bisnis sehingga pemilik bisnis dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan kontrol dan pengawasan sekalipun memiliki gudang dan outlet yang berbeda.

2. Membuka toko online

Penjualan online cenderung lebih hemat bagi pengusaha yang baru merintis sebab dapat menghemat biaya untuk sewa toko fisik. Namun bagi yang telah memiliki toko fisik sebelumnya, toko online dapat membantu meningkatkan awareness yang berujung pada peningkatan penjualan karena dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Namun sama seperti penjualan offline, diperlukan manajemen bisnis yang baik dalam mengelola toko di setiap platform e-commerce yang digunakan. Perlu juga mempermudah konsumen dalam mencari produk Anda. ERZAP menyediakan katalog gratis yang dapat mempermudah konsumen dalam pencarian produk secara online. Selain katalog, ERZAP juga memungkinkan sinkronisasi antar marketplace sehingga informasi antar platform e-commerce yang Anda gunakan dapat saling terhubung. Memahami beragam kebutuhan pebisnis tersebut, ERZAP memiliki OLZAP untuk membantu Anda mengatur informasi produk serta mengetahui pencairan dana melalui satu sistem agar pemilik bisnis tidak perlu mengecek platform-platform tersebut satu per satu. Lebih efisien dan efektif bukam?

Ayo berlangganan ERZAP sekarang demi wujudkan manajemen bisnis yang lebih baik!

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Pembelian Konsinyasi

21-11-2018 - Dibaca: 13515 kali.
Pembelian Konsinyasi atau yang lebih dikenal dengan Titip Jual adalah salah satu bentuk pengadaan barang yang kerap digunakan pada usaha jenis Retail. Ini karena konsinyasi lebih menguntungkan kedua belah pihak (Supplier sebagai Konsinyor dan Toko sebagai Konsinyi) dibandingkan dengan pengadaan barang secara Beli-Putus. Pada sistem ERZ4P, Pembelian Konsinyasi dapat diterapkan. Ini dikarenakan ERZAP menyediakan opsi Konsinyasi pada saat pembuatan Faktur Pembelian.
Baca selengkapnya...

Melihat Laporan Buku Besar

12-01-2018 - Dibaca: 6780 kali.
Buku Besar adalah buku yang berisi kumpulan akun yang ada dalam laporan keuangan. Buku ini mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada masing-masing akun. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan ke Buku Besar secara berkala.
Baca selengkapnya...

Cara Memproses Penerimaan Piutang Menggunakan Metode Import Data

03-08-2018 - Dibaca: 7161 kali.
Piutang merupakan salah satu unsur dari aktiva lancar dalam neraca perusahaan yang timbul akibat adanya penjualan barang, jasa atau pemberian kredit terhadap debitur yang pembayaran pada umumnya diberikan dalam tempo 30 hari sampai dengan 90 hari. ERZ4P memiliki beberapa fitur di dalam melakukan pelunasan piutang ini antara lain :
Baca selengkapnya...

Melihat Rekap Stok Detail per Serial Number/IMEI pada Sistem Toko HP

14-02-2018 - Dibaca: 6554 kali.
Laporan rekap stok digunakan user untuk melihat data persediaan berserta jumlah barang dari suatu gudang/outlet dan serial number
Baca selengkapnya...

LANGKAH - LANGKAH PEMBUATAN JURNAL

17-10-2017 - Dibaca: 13116 kali.
jurnal merupakan karya tulis ilmiah yang memilik isi pembahasan yang cukup luas dengan isi yang padat, Dengan tiap halaman memiliki pembahasan yang berisi.
Baca selengkapnya...

5 Sektor Industri di Bali yang Sustainable setelah Pandemi! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Bisnis, Tips Bisnis, Bisnis Bali, bisnis pandemi, solusi bisnis, bisnis kekinian

Terpikir untuk membuka bisnis di Bali? Berikut beberapa sektor industri yang dapat berlangsung jangka panjang!