Tutorial Stok Opnam dengan Metode FIFO

21-06-2023 14:30:41, Dibaca: 1059

Tutorial Stok Opnam dengan Metode FIFO

Stok Opnam adalah salah satu langkah penting dalam manajemen inventaris yang harus dilakukan secara teratur untuk memastikan akurasi persediaan barang di lapangan. Salah satu metode yang umum digunakan dalam stok opnam adalah FIFO (First In First Out). Metode ini memastikan bahwa barang yang masuk pertama kali ke gudang juga akan keluar pertama kali umumnya digunakan saat penjualan dilakukan.

Konsep penjualan FIFO juga dapat diterapkan pada stok opnam, dimana barang yang pertama kali masuk ke gudang akan diprioritaskan untuk pertama kali keluar dari gudang. Konsep FIFO dapat membantu perusahaan dalam mengelola persediaan barang lebih efektif dan akurat. Dengan mengikuti urutan barang yang masuk, Anda dapat menerapkan strategi manajemen stok yang tepat, seperti menghindari penumpukan barang lama di gudang atau mengurangi risiko kerugian akibat barang yang kedaluwarsa atau merosot harganya.

Kali ini kami akan memberikan tutorial tentang cara melakukan stok opnam dengan metode FIFO. Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan dapat mengelola stok yang lebih efisien dan menghindari kerugian.

Adapun isi tutorial sebagai berikut : 

Daftar Isi.
1. Menu Stok Opnam
2. Studi Kasus : Stok Opnam dengan Metode Formulir SO
 2.1. Buat Formulir SO
 2.2. Pengisian Hasil SO
 2.3. Koreksi Hasil SO
3. Hasil Studi Kasus 

1. Menu Stok Opnam

Anda dapat melakukan Stok Opnam, dengan mengakses menu Inventori, pilih Stok Opnam, dan klik Buat Formulir SO.

Anda akan masuk ke halaman Metode Stok Opnam, di halaman ini terdapat dua piilihan Metode dalam melakukan stok opnam pada Erzap :

  1. Metode Scan Barcode : Anda akan diminta untuk memasukkan barcode barang atau nama barang dan secara langsung memasukkan stok aktual kedalam sistem.
  2. Metode Formulir SO : Anda akan diminta untuk membuat formulir data barang yang akan di Stok Opnam, Formulir yang sudah dibuat kemudian di print dan diisikan secara manual.

Note.
Informasi lebih lengkap tentang cara melakukan stok opnam dengan metode scan barcode maupun juga metode formulir SO dapat Anda lihat melalui tutorial berikut:
1. Metode Scan Barcode : Tutorial Stock Opname dengan Metode Scan Barcode
2. Metode Formulir SO
: Stock Opnam dengan Metode Formulir 

2. Studi Kasus : Stok Opnam dengan Metode Formulir SO

Studi Kasus dalam tutorial ini adalah Stok Opnam dengan Metode Formulir SO.

Contoh produk yang akan digunakan studi kasus ini memiliki 2 Harga Modal yang berbeda dengan supplier yang berbeda juga. Perhatikan gambar berikut pada bagian Harga Supplier/Modal.

Note.
Dilihat dari kolom "Diperbaharui", Harga Modal yang di kolom pertama adalah stok yang pertama kali masuk sedangkan kolom kedua adalah stok yang terbaru atau terakhir. 

2.1. Buat Formulir SO

Produk tersebut diatas akan diproses stok opnam untuk mengetahui kondisi stok secara akurat, untuk melakukan stok opnam, Anda dapat mengakses menu Inventori, pilih Stok Opnam, dan klik Buat Formulir SO.

Lalu klik Metode Formulir SO.

Anda akan masuk ke halaman Pembuatan Formulir Stok Opnam, di halaman ini Anda dapat memilih Gudang yang akan dilakukan proses stok opnam, Grup untuk memudahkan pencarian produk, Kategori dan Merek dari produk yang ingin di stok opnam.

Ketika sudah memilih gudang dan pencarian yang sesuai, klik ikon Search.

Sistem akan menampilkan Daftar Barang yang sesuai dengan kriteria pencarian yang ditentukan.

Ketika sudah sesuai, klik ikon Simpan.

Anda akan diarahkan ke halaman Formulir Stok Opnam, Anda bisa print formulir tersebut dengan klik ikon Print maupun download via PDF dengan klik ikon Document.

 

2.2. Pengisian Hasil SO

Anda harus melakukan Pengisian Hasil SO, jika menggunakan Metode Formulir SO untuk mengisi stok aktual dari produk tersebut. Akses menu Inventori, pilih Stok Opnam, dan klik Pengisian Hasil SO, untuk memulai proses Pengisian Hasil SO.

Anda akan masuk ke halaman Daftar Pengisian Stok Opnam, di halaman ini Anda dapat menggunakan filter pencarian seperti Nomor Stok Opnam, Tanggal Stok Opnam, dan juga Gudangnya dan klik Filter, lalu ketika sudah mencari formulir yang akan diisi klik Proses.

Anda akan masuk ke halaman Pengisian Stok Opnam, pada halaman ini Anda dapat mengisikan pelaksana stok opnam, dan tanggal pelaksanaan dari stok opnam, setelah itu Anda dapat mengisi jumlah stok aktual di kolom stok aktual.

Note.
Proses pengisian stok opnam ini BELUM merubah stok pada sistem.

Kemudian klik ikon Simpan.

Anda akan diarahkan ke halaman Koreksi Stok Opnam, di halaman ini tertera Hasil SO, Stok yang tercatat pada sistem sebelum SO, dan Perbedaan antara Hasil SO dan Stok Sistem.

 

2.3 Koreksi Hasil SO

Langkah berikutnya Anda dapat melakukan koreksi stok opnam dengan mengakses menu Inventori, pilih Stok Opnam, lalu klik Koreksi Hasil SO untuk merubah stok pada sistem.

Anda akan masuk ke halaman Daftar Koreksi SO, di halaman ini Anda dapat menggunakan filter pencarian seperti Nomor Stok Opnam, Tanggal Stok Opnam, dan juga Gudangnya dan klik Filter, lalu ketika sudah mencari formulir yang akan diisi klik Proses.

Anda akan masuk ke halaman Koreksi Stok Opnam, untuk memilih Metode FIFO klik tombol FIFO pada bagian kanan halaman, lalu masukan nama Pengkoreksi dan juga Tanggal Koreksi Stok Opnam serta Jumlah Koreksi tersebut.

Note.
Pada Koreksi Stok Opnam dengan Metode FIFO, Anda hanya perlu memasukan nominal TOTAL STOK dari gudang. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam mencatat dan mengontrol stok dalam gudang Anda.

Sebagai perbandingan, Koreksi Stok Opnam dengan metode DETAIL, akan menampilkan Harga Modal dan Supplier asal barang tersebut. Stok Opnam dengan Metode Detail adalah Metode Stok Opnam yang digunakan di Erzap sebelumnya, dimana produk WAJIB tertera harga modalnya. Berikut adalah contoh tampilan dari Koreksi Stok Opnam dengan metode DETAIL.

Melanjutkan proses Koreksi Hasil SO dengan metode FIFO, klik Simpan jika sudah mengisi Jumlah Koreksi.

Anda akan diarahkan ke halaman Formulir Daftar Perbedaan Stok Opnam, di halaman ini tertera informasi formulir tersebut dengan Nilai Persediaan Sebelum dan Sesudah Koreksi serta Selisih hasil dari Nilai Persediaan tersebut. Anda dapat print formulir ini dengan klik tombol Print maupun Download via PDF dengan klik tombol Document.

 


3. Hasil Studi Kasus

Hasil dari Studi Kasus tersebut dapat dilihat digambar bawah ini dimana Stok dari Supplier A dengan Harga Modal Rp.6.900 berkurang dikarenakan menggunakan metode FIFO dimana Stok tersebut masuk terlebih dahulu.

Keterangan dari Koreksi Stok Opnam juga dapat Anda lihat dari Aktifitas Stok, seperti gambar berikut. Terdapat keterangan Koreksi Stok Opnam pada kolom Jenis yang menandakan ada pergerakan kondisi stok karena proses Koreksi Stok Opnam.

Note.
Anda dapat akses Aktifitas Stok dengan klik angka pada Total Stok.
 

Q: Bagaimana jika stok aktual lebih besar daripada jumlah stok pada Erzap ?

Answer: Dapat diperhatikan pada gambar dibawah, terdapat selisih 20pcs dari stok aktual dimana stok aktual berjumlah 40pcs dengan jumlah stok pada sistem Erzap yang berjumlah 20pcs. Stok aktual lebih besar daripada jumlah stok pada sistem.

Kemudian dilakukan koreksi stok pada halaman Koreksi Stok Opnam seperti gambar berikut.

Pada Formulir Daftar Perbedaan Stok Opnam, dapat diperhatikan gambar dibawah ini terdapat selisih sebesar Rp.142.000. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan nilai persediaan sebelum dan setelah koreksi stok.

Dapat diperhatikan di gambar berikut ini, pada Manajemen Data Produk bagian Harga Modal, dimana stok dari supplier PT. Yakin Maju dimana adalah barang yang terakhir masuk, stoknya akan bertambah.


Sekian artikel untuk Tutorial Stok Opnam dengan Metode FIFO, Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis anda!

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Software Ini Bantu Manajemen Bisnis Anda menjadi 100% Lebih Baik

09-06-2022 - Dibaca: 1735 kali.
Software ini akan membantu Anda mengelola bisnis Anda. Hemat waktu dan praktis!
Baca selengkapnya...

Tutorial Stock Opname dengan Metode Scan Barcode

09-11-2019 - Dibaca: 27234 kali.
Stock Opname adalah kegiatan penghitungan barang secara fisik atas persediaan barang yang telah tercatat di ERZ4P. Secara umum, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena user akan benar-benar terjun secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ERZ4P meyediakan Fitur Stock Opname yang dapat membantu penyesuaian antara stok fisik dan stok sistem.
Baca selengkapnya...

Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik

29-05-2018 - Dibaca: 6989 kali.
Penerapan Sederhana ERZ4P pada industri Studio Musik
Baca selengkapnya...

Tahapan Produksi Bisnis Manufaktur

12-04-2022 - Dibaca: 2284 kali.
Modul Produksi ERZAP bantu proses produksi Anda menjadi lebih optimal. Klik artikel ini.
Baca selengkapnya...

Sinkronisasi Shopee

12-12-2020 - Dibaca: 6694 kali.
Apa? Anda masih Edit produk lewat Seller Center Shopee? Apa anda sudah tau dengan Erzap anda dapat Edit Produk dan Stok Shopee via Erzap? Lho memangnya bisa ya ?! Bisa dong! Check Tutorial ini dan pelajari lebih lanjut!
Baca selengkapnya...

Tutorial Stok Opnam dengan Metode FIFO - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

inventori,stok opnam,stok,fifo, sistem inventori, manajemen inventori, metode fifo, first in first out, untuk toko retail, sistem erp terintegrasi, omnichannel

Stok Opnam adalah salah satu langkah penting dalam manajemen inventaris yang harus dilakukan secara teratur untuk memastikan akurasi persediaan barang di lapangan. Salah satu metode yang umum digunakan dalam stok opnam adalah FIFO (First In First Out).Metode ini memastikan bahwa barang yang masuk pertama kali ke gudang juga akan keluar pertama kali saat penjualan dilakukan.