Menggunakan Menu POS Pada penjualan

20-10-2017 16:38:31, Dibaca: 7421


Dalam dunia bisnis, Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai.Fitur ini membantu kasir untuk menghitung total harga barang  dengan cepat sehingga customer tidak menunggu lama untuk pembayaran.Untuk fitur POS ini saya pecah menjadi 2 tutorial antara lain :

Pengenalan Fitur Pos


Sebelum menggunakan fitur POS, sebelumnya anda harus tahu apa arti dari simbol simbol dan gunanya. Dengan mengetahui apa guna dari simbol simbol yang ada dalam fitur ini dapat memudahkan untuk menghitung kembalian atau total pembelanjaan dari barang yang dibeli customer. Ada beberapa simbol yang akan saya beritahu antara lain dibawah ini :

 

fitur ini berguna untuk mencari produk/barang yang dicari dengan menyertakan nama produk  di kolom.

dalam gambar diatas ada beberapa icon disebelah kanan kolom pencaraian guna dari icon tersebut adalah :

  • icon  berguna untuk menentukan kategori produk untuk mempersingkat pecarian barang secara manual.
  • icon  berguna untuk  melihat data pelanggan atau juga bisa membuat data tentang pelanggan baru.
  • icon  berguna untuk memudahkan sccrol produk/barang, fitur ini membantu anda jika anda tidak memakai mouse.

 

4 fitur ini berada di atas keranjang barang,menu ini digunakan untuk mengatur pelanggan dll.

  • Tipe berguna untuk memilih tipe penjualan barang/produk.Ada 2 tipe penjualan yaitu dine in atau take away.
  • Sales berguna untuk memilih nama sales yang melayani customer. Jika customer memliki keluhan maka jadi manager/owner bisa tahu siapa yang melayani.
  • Meja berguna untuk memilih meja kosong unntuk tamu yang baru datang.
  • Tamu berguna untuk menghitung jumlah tamu yang datang sehingga bisa disesuaikan dengan meja yang tersedia.

 

fitur simpan bisa digunakan untuk menyimpan data barang/produk dengan cara dicetak melalui printer.
 

 

Fitur ini digunakan jika produk  ada potongan harga.Anda bsa menggunaknnya dengan cara klik bagian yang di tandai merah lalu klik bagian potongan harga.
 

 

Cara menggunakan Fitur POS


  1. Pertama-tama akseslah ke erzap.com terlebih dahulu lalu pilih menu POS. Selanjutnya anda bisa memilih bagian Outlet, gudang dan centang bagian yang ingin dipilih.


     
  2. Dibagian ini anda hanya perlu memilih barang yang di pesan oleh customer. Jika pesanan nya lebih dari 1 maka bisa di klik sebanyak pesanannya, lalu klik bayar.


     
  3. setelah klik bayar maka akan muncul halaman ini, disini anda harus mengisi data berupa Termin, Jenis Pembayaran dan kas/bank lalu klik selanjutnya.


     
  4. Setelah itu masukkan digit pembelian sesuai uang yang diberikan customer, lalu klik bayar.


     
    Sekian tutorial "Menggunakan Menu POS Pada penjualan" dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.
     

    Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap.

    Coba Gratis Sekarang!

LANGKAH - LANGKAH PEMBUATAN JURNAL

17-10-2017 - Dibaca: 9980 kali.
jurnal merupakan karya tulis ilmiah yang memilik isi pembahasan yang cukup luas dengan isi yang padat, Dengan tiap halaman memiliki pembahasan yang berisi.
Baca selengkapnya...

Tutorial Fitur Stock Opname pada Erzap

12-11-2019 - Dibaca: 1555 kali.
Kesulitan Stock Opname ?? Tenang, Sistem kami bisa bantu proses Stock Opname di outlet Anda, lebih cepat, lebih akurat
Baca selengkapnya...

CARA MENGINPUTKAN RESI EKSPEDISI PADA MODUL PENJUALAN

20-04-2018 - Dibaca: 6695 kali.
Nomor resi adalah nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa logistik / ekspedisi. Umumnya berupa lembaran kertas dengan nomor seri tertentu. Pada nomor resi umumnya tercantum beberapa informasi terkait pengiriman diantaranya, nama dan alamat tujuan, nama dan alamat pengirim, tanggal pengiriman, isi paket, nilai barang, jenis layanan, ongkos kirim dan lain-lain.
Baca selengkapnya...

Proses Gaji dengan Erzap

17-06-2020 - Dibaca: 1778 kali.
Gajian adalah momen yang paling ditunggu oleh pegawai pada perusahaan manapun. Momen yang umumnya terjadi sebulan sekali ini meliputi proses pembayaran upah atas pekerjaan yang telah dilaksanakan pegawai. Walaupun menyenangkan untuk para pegawai, kegiatan ini cukup rumit untuk bagian HRD/Personalia dan Akunting, terutama jika dilakukan secara manual tanpa bantuan Sistem. Sebab pada Perusahaan level menengah keatas, Gajian tidak hanya mencatat Gaji Pokok, namun juga Bonus, Uang Lembur, Tunjangan, Kasbon dan lain-lain. Untuk mempermudah proses penggajian pegawai, Erzap me-release fitur Penggajian Pegawai pada tahun 2018. Kini Erzap telah melakukan Update pada fitur Manajemen Data Pegawai dan juga fitur Penggajian untuk pencatatan pembukuan dan rekap yang lebih akurat dan lebih detail.
Baca selengkapnya...

Pembayaran Hutang & Piutang menggunakan Cek/Giro Mundur

03-04-2019 - Dibaca: 16939 kali.
Tutorial berikut menjelaskan cara membayar hutang & piutang menggunakan Cek/Giro mundur
Baca selengkapnya...

Menggunakan Menu POS Pada penjualan - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

menu pos, penjualan, erzap

Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai.Fitur ini membantu kasir untuk menghitung total harga barang  dengan cepat sehingga customer tidak menunggu lama untuk pembayaran