Menggunakan Menu POS Pada penjualan

20-10-2017 16:38:31, Dibaca: 2969


Dalam dunia bisnis, Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai.Fitur ini membantu kasir untuk menghitung total harga barang  dengan cepat sehingga customer tidak menunggu lama untuk pembayaran.Untuk fitur POS ini saya pecah menjadi 2 tutorial antara lain :

Pengenalan Fitur Pos


Sebelum menggunakan fitur POS, sebelumnya anda harus tahu apa arti dari simbol simbol dan gunanya. Dengan mengetahui apa guna dari simbol simbol yang ada dalam fitur ini dapat memudahkan untuk menghitung kembalian atau total pembelanjaan dari barang yang dibeli customer. Ada beberapa simbol yang akan saya beritahu antara lain dibawah ini :

 

fitur ini berguna untuk mencari produk/barang yang dicari dengan menyertakan nama produk  di kolom.

dalam gambar diatas ada beberapa icon disebelah kanan kolom pencaraian guna dari icon tersebut adalah :

  • icon  berguna untuk menentukan kategori produk untuk mempersingkat pecarian barang secara manual.
  • icon  berguna untuk  melihat data pelanggan atau juga bisa membuat data tentang pelanggan baru.
  • icon  berguna untuk memudahkan sccrol produk/barang, fitur ini membantu anda jika anda tidak memakai mouse.

 

4 fitur ini berada di atas keranjang barang,menu ini digunakan untuk mengatur pelanggan dll.

  • Tipe berguna untuk memilih tipe penjualan barang/produk.Ada 2 tipe penjualan yaitu dine in atau take away.
  • Sales berguna untuk memilih nama sales yang melayani customer. Jika customer memliki keluhan maka jadi manager/owner bisa tahu siapa yang melayani.
  • Meja berguna untuk memilih meja kosong unntuk tamu yang baru datang.
  • Tamu berguna untuk menghitung jumlah tamu yang datang sehingga bisa disesuaikan dengan meja yang tersedia.

 

fitur simpan bisa digunakan untuk menyimpan data barang/produk dengan cara dicetak melalui printer.
 

 

Fitur ini digunakan jika produk  ada potongan harga.Anda bsa menggunaknnya dengan cara klik bagian yang di tandai merah lalu klik bagian potongan harga.
 

 

Cara menggunakan Fitur POS


  1. Pertama-tama akseslah ke erzap.com terlebih dahulu lalu pilih menu POS. Selanjutnya anda bisa memilih bagian Outlet, gudang dan centang bagian yang ingin dipilih.


     
  2. Dibagian ini anda hanya perlu memilih barang yang di pesan oleh customer. Jika pesanan nya lebih dari 1 maka bisa di klik sebanyak pesanannya, lalu klik bayar.


     
  3. setelah klik bayar maka akan muncul halaman ini, disini anda harus mengisi data berupa Termin, Jenis Pembayaran dan kas/bank lalu klik selanjutnya.


     
  4. Setelah itu masukkan digit pembelian sesuai uang yang diberikan customer, lalu klik bayar.


     
    Sekian tutorial "Menggunakan Menu POS Pada penjualan" dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

    Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


Fungsi Aktifitas Produk ERZ4P

12-10-2017 - Dibaca: 1545 kali.
Fungsi dari aktifitas produk adalah untuk melihat histori dari produk sedari awal produk tersebut masuk hingga ke stok terkini, wecara detail dan terperinci.
Baca selengkapnya...

MANAJEMEN SERIAL NUMBER/IMEI UNTUK TOKO HANDPHONE & ELEKTRONIK

24-01-2018 - Dibaca: 3379 kali.
Memuat daftar barang yang akan digunakan dalam proses produksi. anda bisa memberikan informasi detil mengenai jenis bahan dan kuantitas yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah produk yang harus diproduksi pada surat order produksi.
Baca selengkapnya...

Membatasi Akses Data Sementara pada POS RESTO 

14-11-2018 - Dibaca: 855 kali.
Pembatasan akses untuk menghapus Data Orderan pada Data Sementara dapat dilakukan pada ERZAP dengan memberi PIN pada POS. Dengan ini, kesalahan seperti terhapusnya Data Orderan baik disengaja maupun tidak sengaja dapat diminimalisir. Simak tutorial berikut untuk mengetahui cara mengaktifkan fitur PIN pada POS ERZ4P
Baca selengkapnya...

Tutorial Purchase Order (PO) pada ERZAP

19-11-2019 - Dibaca: 273 kali.
Dalam Bisnis yang terbilang menengah keatas, pencatatan PO bisa menjadi kegiatan yag krusial. Karena pada pasalnya, pencatatan PO pada Bisnis anda akan menentukan persediaan penjualan untuk waktu mendatang. Ribuan jumlah barang dan ratusan jenis barang dapat menyita waktu bila dikerjakan secara manual tanpa bantuan Sistem, ditambah lagi dokumen fisik yang berisi informasi PO rentan tidak terarsip dengan baik. Untuk meningkatkan efisiensi kerja, ERZAP menyediakan fitur PO yang dapat membantu pencatatan pemesanan barang dari Supplier. Bagaimana cara kerja dan penggunaan fitur tersebut akan kami bahas pada Tutorial berikut. 
Baca selengkapnya...

Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P

25-10-2018 - Dibaca: 1569 kali.
Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan ERZ4P, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem ERZ4P dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem ERZ4P, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Menggunakan Menu POS Pada penjualan - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

menu pos, penjualan, erzap

Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai.Fitur ini membantu kasir untuk menghitung total harga barang  dengan cepat sehingga customer tidak menunggu lama untuk pembayaran