Menggunakan Menu POS Pada penjualan

20-10-2017 16:38:31, Dibaca: 11046


Dalam dunia bisnis, Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai.Fitur ini membantu kasir untuk menghitung total harga barang  dengan cepat sehingga customer tidak menunggu lama untuk pembayaran.Untuk fitur POS ini saya pecah menjadi 2 tutorial antara lain :

Pengenalan Fitur Pos


Sebelum menggunakan fitur POS, sebelumnya anda harus tahu apa arti dari simbol simbol dan gunanya. Dengan mengetahui apa guna dari simbol simbol yang ada dalam fitur ini dapat memudahkan untuk menghitung kembalian atau total pembelanjaan dari barang yang dibeli customer. Ada beberapa simbol yang akan saya beritahu antara lain dibawah ini :

 

fitur ini berguna untuk mencari produk/barang yang dicari dengan menyertakan nama produk  di kolom.

dalam gambar diatas ada beberapa icon disebelah kanan kolom pencaraian guna dari icon tersebut adalah :

  • icon  berguna untuk menentukan kategori produk untuk mempersingkat pecarian barang secara manual.
  • icon  berguna untuk  melihat data pelanggan atau juga bisa membuat data tentang pelanggan baru.
  • icon  berguna untuk memudahkan sccrol produk/barang, fitur ini membantu anda jika anda tidak memakai mouse.

 

4 fitur ini berada di atas keranjang barang,menu ini digunakan untuk mengatur pelanggan dll.

  • Tipe berguna untuk memilih tipe penjualan barang/produk.Ada 2 tipe penjualan yaitu dine in atau take away.
  • Sales berguna untuk memilih nama sales yang melayani customer. Jika customer memliki keluhan maka jadi manager/owner bisa tahu siapa yang melayani.
  • Meja berguna untuk memilih meja kosong unntuk tamu yang baru datang.
  • Tamu berguna untuk menghitung jumlah tamu yang datang sehingga bisa disesuaikan dengan meja yang tersedia.

 

fitur simpan bisa digunakan untuk menyimpan data barang/produk dengan cara dicetak melalui printer.
 

 

Fitur ini digunakan jika produk  ada potongan harga.Anda bsa menggunaknnya dengan cara klik bagian yang di tandai merah lalu klik bagian potongan harga.
 

 

Cara menggunakan Fitur POS


  1. Pertama-tama akseslah ke erzap.com terlebih dahulu lalu pilih menu POS. Selanjutnya anda bisa memilih bagian Outlet, gudang dan centang bagian yang ingin dipilih.


     
  2. Dibagian ini anda hanya perlu memilih barang yang di pesan oleh customer. Jika pesanan nya lebih dari 1 maka bisa di klik sebanyak pesanannya, lalu klik bayar.


     
  3. setelah klik bayar maka akan muncul halaman ini, disini anda harus mengisi data berupa Termin, Jenis Pembayaran dan kas/bank lalu klik selanjutnya.


     
  4. Setelah itu masukkan digit pembelian sesuai uang yang diberikan customer, lalu klik bayar.


     
    Sekian tutorial "Menggunakan Menu POS Pada penjualan" dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.
     

    Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi ke Erzap.

    Coba Gratis Sekarang!

Tutorial Purchase Order (PO) pada ERZAP

19-11-2019 - Dibaca: 5988 kali.
Dalam Bisnis yang terbilang menengah keatas, pencatatan PO bisa menjadi kegiatan yag krusial. Karena pada pasalnya, pencatatan PO pada Bisnis anda akan menentukan persediaan penjualan untuk waktu mendatang. Ribuan jumlah barang dan ratusan jenis barang dapat menyita waktu bila dikerjakan secara manual tanpa bantuan Sistem, ditambah lagi dokumen fisik yang berisi informasi PO rentan tidak terarsip dengan baik. Untuk meningkatkan efisiensi kerja, ERZAP menyediakan fitur PO yang dapat membantu pencatatan pemesanan barang dari Supplier. Bagaimana cara kerja dan penggunaan fitur tersebut akan kami bahas pada Tutorial berikut. 
Baca selengkapnya...

CARA MENGINPUTKAN RESI EKSPEDISI PADA MODUL PENJUALAN

20-04-2018 - Dibaca: 11011 kali.
Nomor resi adalah nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa logistik / ekspedisi. Umumnya berupa lembaran kertas dengan nomor seri tertentu. Pada nomor resi umumnya tercantum beberapa informasi terkait pengiriman diantaranya, nama dan alamat tujuan, nama dan alamat pengirim, tanggal pengiriman, isi paket, nilai barang, jenis layanan, ongkos kirim dan lain-lain.
Baca selengkapnya...

Membuat Data Pegawai pada Erzap

15-06-2020 - Dibaca: 5269 kali.
Pendataan Pegawai juga penting untuk kebutuhan informasi operasional dan penggajian khususnya pada Usaha Menengah sampai Enterprise. Pendataan ini tentunya akan cukup sulit dikelola dan diakses bila masih dilakukan secara manual tanpa bantuan Sistem Informasi dan Teknologi. Maka untuk mempermudah proses pendataan Pegawai, Erzap menciptakan fitur Manajemen Data Pegawai dimana pada fitur ini anda dapat menginput informasi seputar Pegawai pada Perusahaan anda. Pada Tutorial kali ini kami akan menjelaskan cara mengelola Data Pegawai pada Sistem ERP Erzap.
Baca selengkapnya...

Penerapan Potongan MDR Otomatis

24-12-2020 - Dibaca: 2506 kali.
Sistem Erzap dapat mencatat Transaksi EDC ini menjadi Piutang dan mencatat Beban MDR secara otomatis. Yup! Otomatis! Bagaimana penerapaan Penjualan dengan Potongan MDR di Erzap? Simak metode nya pada Tutorial ini.
Baca selengkapnya...

Membuat Akun Beban pada Sistem ERZ4P

23-07-2018 - Dibaca: 5591 kali.
Beban merupakan bentuk pengurang dari pendapatan yang akan menghasilkan laba bersih sebelum pajak pada laporan laba/rugi.Untuk melakukan proses membuat akun beban pada ERZ4P maka ikutilah langkah - langkah berikut ini
Baca selengkapnya...

Menggunakan Menu POS Pada penjualan - ERZAP - Inovasi Tanpa Henti

menu pos, penjualan, erzap

Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai.Fitur ini membantu kasir untuk menghitung total harga barang  dengan cepat sehingga customer tidak menunggu lama untuk pembayaran