Tutorial Setting Printer EPSON LX dan LQ Series

15-12-2017 15:51:22, Dibaca: 156288




 


Printer merupakan alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik.
Berikut ini kita akan membahas tentang cara setting pinter EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310.

 

Instal Driver dan Setting Printer 


Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mengatur ukuran kertas Driver Printer Dot Matrix yang berada pada 'Control Panel' komputer anda, dan berikut adalah langkah - langkahnya.

  1. Bukalah 'Control Panel' pada Komputer anda kemudian akseslah 'Hardware and Sound' lalu klik 'Device and Printer'.


     
  2. Klik kanan pada printer lalu pilih 'Printer Preferences'.


     
  3. Pergilah ke bagian 'User Defined Paper' lalu buat baru nama dari pengaturan kertas yang di inginkan pada bagian 'New Name' sebagai contoh kami menggunakan nama profile 'Faktur A5' setelah itu atur ukuran kertas menjadi 'Width 21.00' dan 'Height 13.97' kemudian klik 'Save' seperti dibagian yang telah ditandai untuk menyimpan pengaturan tersebut lalu klik 'OK'


     
  4. Setelah pembuatan profile pengaturan kertas kini saatnya untuk menerapkannya ke beberapa bagian. Bukalah kembali 'Printer Preferences' dengan cara yang sama dengan langkah sebelumnya, lalu pada bagian 'Layout' klik 'Advanced'



    Pilih Profile pengaturan kertas yang telah anda buat sebelumnya pada bagian 'Paper Size' sebagai contoh kami memilih 'Faktur A5' untuk pengaturan kertas yang telah kami buat kemudian klik 'OK'.



    dan ketika anda diarahkan kembali ke 'Printer Preferences' lalu klik 'OK' sekali lagi

     
  5. Atur juga pada bagian 'Device Setting' dengan cara Klik kanan pada Printer yang sama lalu pilih 'Printer Properties'. Kemudian pergilah ke bagian 'Device Setting' kemudian pilihlah profile yang telah anda buat sebelumnya pada bagian 'Manual Feed' sebagai contoh kami memilih 'Faktur A5' yang telah kami buat, setelah itu klik 'OK'.


     
  6. Gunakan browser 'Mozilla Firefox' agar hasil cetak maksimal
     
  7. ketika anda melakukan proses print pastikan settingan kertas sudah sesuai dengan settingan printer anda
    dengan cara tekan/klik tombol 'Properties' yang sudah ditandai garis merah.


     
  8. Setelah itu tekan/klik tombol 'Advanced' pada bagian pojok kanan bawah

     
  9. Pastikan ukuran kertas anda sudah 'Faktur A5', bila ukuran kertas masih dalam format 'Letter' ubahlah menjadi 'Faktur A5', kemudian tekan/klik tombol 'Ok' yang sudah di tandai garis merah.

    *Note: Berikut ini adalah format awal dari ukuran kertas 

  10. Login pada Akun Erzap anda, lalu akses Administrator > General Setting. Setelah masuk ke General Setting, centang opsi " Menggunakan Printer Dot Matrix pada Penjualan " pada bagian Option Setting

Setelah itu, simpan pengaturan yang sudah anda ubah dengan mengklik ikon disket pada bagian kiri.

Setting Printer Default EPSON

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama atur posisi pengait kertas pada printer sesuai ukuran kertas dan letak pengait tepat ditengah.


     
  2.  Kemudian tekan tombol LF/FF dan Load/Eject secara bersamaan, tunggu sampai terdengar bunyi 'beep' dari printer, setelah itu lepas.


     
  3. Setelah itu buka penutup printer dan disana akan ditampilkan beberapa menu setting yang bisa kita ubah.


     
  4. Kemudian tekan tombol 'Load/Eject' sekali lagi untuk memulai setting printer
     



    *Note: berikut adalah tampilan awal dari setting printer
     
  5. Setelah itu tekan tombol 'LF/FF' sebanyak 6 kali sampai anda menemukan 'Manual Feed Wait Time' , kemudian tekan tombol 'Load/Eject' untuk mengubah waktu dari 1,5 sec menjadi 0,5 sec.


    *Note: berikut adalah tampilan setting default printer


    *Note: berikut adalah tampilan sesudah diubah
     
  6. Selanjutnya tekan kembali tombol LF/FF sebanyak 17 kali untuk mencari 'Auto Tear Off', kemudian tekan kembali tombol 'Load/Eject' untuk mengubah 'Auto Tear Off' menjadi 'On'.


    *Note: berikut adalah tampilan setting default printer



    *Note: berikut adalah tampilan sesudah diubah
     
  7. Setelah semua langkah-langkah tersebut sudah dilakukan simpanlah hasil settingan tadi dengan cara menekan kembali tombol 'LF/FF' dan 'Load/Eject' secara bersamaan.


     
  8. Berikut ini adalah hasil cetak Printer EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310 menggunakan browser 'Mozilla Firefox'.

      

     

 


Sekian tutorial "Setting Printer EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310 " dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.


Penambahan Topping untuk Menu pada ERZAP RESTO

23-01-2019 - Dibaca: 1335 kali.
Setiap Customer, tepatnya menyangkut tentang hidangan, tentu memiliki selera tersendiri. Itu sebabnya beberapa Restoran menyediakan Hidangan dengan pilihan mempersonalisasi hidangan tersebut sesuai selera Customer yang juga dikenal sebagai Topping ( Adds-On ). Contohnya seperti memberi penawaran hidangan dengan Ekstra Keju, Ekstra Telur, atau Ekstra Saus. Tetapi, Penambahan Topping ini tentunya akan dikenakan biaya tambahan juga.
Baca selengkapnya...

Menggunakan Fitur Hitung Kas pada Erzap

26-06-2019 - Dibaca: 1316 kali.
Fitur ini umumnya akan digunakan oleh Kasir setiap selesai Shift/Closing, dimana Kasir akan menghitung Kas Fisik hasil penjualan atau Kas Kecil, dan menginputkan hasil perhitungan tersebut ke dalam Sistem.lalu Admin akan memeriksa hasil dari perhitungan kas tersebut, apakah ada selisih atau tidak. Bila terjadi selisih, Admin hendaknya meginfokan ke Kasir untuk menghitung kembali Kas Kecil yang jumlahnya selisih tersebut.
Baca selengkapnya...

Tutorial Purchase Order (PO) pada ERZAP

19-11-2019 - Dibaca: 1299 kali.
Dalam Bisnis yang terbilang menengah keatas, pencatatan PO bisa menjadi kegiatan yag krusial. Karena pada pasalnya, pencatatan PO pada Bisnis anda akan menentukan persediaan penjualan untuk waktu mendatang. Ribuan jumlah barang dan ratusan jenis barang dapat menyita waktu bila dikerjakan secara manual tanpa bantuan Sistem, ditambah lagi dokumen fisik yang berisi informasi PO rentan tidak terarsip dengan baik. Untuk meningkatkan efisiensi kerja, ERZAP menyediakan fitur PO yang dapat membantu pencatatan pemesanan barang dari Supplier. Bagaimana cara kerja dan penggunaan fitur tersebut akan kami bahas pada Tutorial berikut. 
Baca selengkapnya...

Mentransfer Dana Antar Kas Dan Bank

25-10-2017 - Dibaca: 2202 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada transfer dana dari kas ke bank dengan menggunakan fitur transaksi kas yang terdapat pada menu.
Baca selengkapnya...

3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P

04-08-2017 - Dibaca: 9731 kali.
3 tips jitu untuk memulai aplikasi ERZ4P. 1. Buat data master produk anda dengan cara mengakses menu Data Master > Produk > Buat Satu Data.
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Tutorial Setting Printer EPSON LX dan LQ Series - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

setting printer erzap, printer erzap bermasalah, tutorial erzap, laba rugi erzap, penjualan erzap, pos erzap, point of sales erzap, erz4p, www.erz4p.com

Print Nota / Invoice di erzap bisa dilakukan, namun perlu beberapa settingan untuk mengatur ukuran kertas, dan berikut adalah tutorial yang membahas Setting Printer EPSON LX-300 / LX300+ / LX-310 .