Mengatur Hutang Pembelian & Piutang Penjualan

12-01-2018 16:57:25, Dibaca: 575

Hutang dan piutang adalah dua hal yang erat kaitannya dengan sebuah usaha. Pada ERZ4P telah disediakan fiktur untuk mengatur hutang dan piutang, anda dapat mengakses fiktur tersebut dengan cara buka menu Akunting. ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur hutang dan piutang pada ERZ4P, untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

A. Hutang Pembelian

B. Piutang Penjualan

 

 

 


A. Hutang Pembelian



Hutang adalah sesuatu yang dipinjam oleh seseorang atau badan usaha yang biasanya berbentuk materi, uang ataupun jasa. Di ERZ4P anda dapat membayar hutang dengan 3 cara seperti bayar tunai, cek, dan giro. Sebagai contoh kami akan membayar hutang pembelian menggunakan bayar tunai, langkah- langkahnya sebagai berikut :

Bayar Tunai
Bayar tunai merupakan pembayaran yang dilakukan pada saat terjadinya transaksi jual beli, berikut adalah cara bayar tunai di ERZ4P.

  1. Akseslah menu Akunting > Hutang Pembelian > Pembayaran Hutang


     
  2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik “proses” pada tanda panah seperti gambar dibawah.

     
  3. Kemudian inputkan semua data yang telah disediakan seperti, 'Jenis Pembayaran', 'Kas/bank', serta berapa biaya yang harus 'Dibayar'.

     
  4. Selanjutnya klik ikon simpan.


     
  5. Berikut ini merupakan Rincian Transaksi yang ditampilkan ERZ4P.

     

     

Cek & Giro

Cek merupakan sarana yang digunakan untuk menarik atau mengambil uang dari rekening giro sedangkan Giro merupakan simpanan pada bank yang penarikannya dapat setiap saat dengan menggunakan cek atau surat perintah pembayaran lain atau dengan cara pemindah bukuan. sebagai contoh kami akan membayar hutang dengan cek. berikut langkah - langkahnya :
 

  1. Akseslah menu Akunting > Hutang Pembelian > Pembayaran Hutang


     
  2. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik “proses” pada tanda panah seperti berikut ini.

     

     
  3. Selanjutnya inputkan semua data yang telah disediakan seperti, *Jenis Pembayaran, *Kas/bank,  *Dibayar, *No Referensi, *Tanggal Giro/Cek, *Tanggal Cair.


     
  4. Setelah itu klik ikon simpan.


     
  5. Berikut merupakan Rincian Transaksi yang ditampilkan ERZ4P.



     
  6. Terakhir, jika anda ingin mengatur hutang pembelian menggunakan Giro anda bisa mengikuti tutorial diatas, karena untuk Cek dan Giro menggunakan cara yang hampir sama hanya dibedakan pada jenis pembayarannya.



NOTE : Di menu ini anda bisa melihat dan mengecek informasi - informasi yang disediakan. Berikut adalah penjelasannya :

1 = No Voucher yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan Data Jurnal yang berisi informasi ketika anda telah membayar hutang dan anda dapat mencetak atau mengirimkannya via email.

2 = No Faktur yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan invoice pembelian / nota pembelian yang dapat anda cetak, ubah kedalam PDF ataupun mengirimkannya via Email.

3 = Asal Faktur yang dimana anda klik maka ERZ4P akan menampilkan informasi data dari suplier

 

 

 

 


B. Piutang Penjualan


 

 


Piutang adalah sesuatu yang dipinjamkan oleh seseorang atau badan usaha ke orang lain atau usaha lain berbentuk materi, uang ataupun jasa. Anda bisa mengatur piutang pada ERZ4P dengan 3 cara yaitu Bayar Tunai, Cek, dan Giro. Sebagai contoh kami akan mengatur piutang penjualan bayar tunai. Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.


 Bayar Tunai

  1. Akseslah menu Akunting > Piutang Penjualan > Penerimaan Piutang

     

     
  2. Selanjutnya akan muncul seperti di bawah ini, lalu klik “proses” seperti yang ditunjuk oleh tanda panah di bawah ini

     

     
  3. Setelah memilih proses, kemudian inputkan semua data yang telah disediakan seperti *Jenis Pembayaran, *Kas/Bank, serta *Dibayar seperti gambar berikut.

     

     
  4. Kemudian klik ikon simpan yang ada disebelah kiri untuk memprosesnya, dan jika ingin mencetak bukti pembayaran silahkan klik ikon “Bukti Pembayaran” tersebut. 

     

     
  5. Dibawah ini merupakan rincian transaksi Bayar Tunai yang ditampilkan ERZ4P.

      

     
  6. Selesai.

Cek & Giro

Mengatur piutang dengan Cek dan Giro caranya hampir sama yang membedakan hanya pada Jenis Pembayarannya. Sebagai contoh disini kami menggunakan cek untuk mengatur piutang penjualan, Berikut adalah langkah - langkahnya :

  1. Akseslah menu Akunting > Piutang Penjualan > Penerimaan Piutang

     

     
  2. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik “proses”.

     

     
  3. Selanjutnya isilah data berikut ini dengan lengkap dan benar seperti *Jenis Pembayaran : (Cek), *Kas/Bank, *Dibayar, *No Referensi, *Tanggal Giro/Cek, dan *Tanggal Cair.


     
  4. Setelah itu klik ikon simpan yang ada disebelah kiri untuk memprosesnya, dan bila anda ingin melihat atau mencetak bukti pembayaran klik ikon “Bukti Pembayaran”.


     
  5. Berikut merupakan Rincian Transaksi menggunakan Cek yang ditampilkan ERZ4P.


     
  6. Bila anda ingin mengatur piutang penjualan menggunakan Giro anda bisa mengikuti tutorial diatas.
     
  7. Selesai.

    NOTE : Di menu ini anda bisa melihat dan mengecek informasi - informasi yang disediakan. Berikut adalah penjelasannya :

    1 = No Voucher yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan Data Jurnal yang berisi informasi ketika anda telah mengatur piutang penjualan dan anda dapat mencetak atau mengirimkannya via email.

    2 = No Faktur yang ketika anda klik maka ERZ4P akan menampilkan invoice penjualan / nota penjualan yang dapat anda cetak, ubah kedalam PDF ataupun mengirimkannya via Email.

    3 = Asal Faktur yang dimana anda klik maka ERZ4P akan menampilkan informasi data dari pelanggan. 



     

Sekian tutorial 'Mengatur Hutang & Piutang' dari kami, dan jika dirasa ada pertanyaan lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami pada kontak yang telah disediakan pada halaman ERZ4P, Terima Kasih.

Belum punya akun ERZ4P ? daftarkan usaha anda sekarang juga.

Penerapan Metode Tukar Tambah pada ERZ4P

12-11-2018 - Dibaca: 109 kali.
Beberapa penjualan mungkin terjadi ketidakcocokan antara customer dengan produk. Mungkin karena customer berubah pikiran tentang barang yang dibelinya atau karena barang tersebut nyatanya rusak dan tidak cocok dengan kehendak customer anda. Dan satu solusinya adalah dengan meretur barang. Tetapi, prosedur Retur digunakan mengembalikan barang yang sudah dibeli customer ke pihak toko/outlet. Nah, bagaimana bila customer ingin mengembalikan barang yang dibeli dan membeli barang baru yang harga nya lebih tinggi dari barang yang dikembalikan ??
Baca selengkapnya...

Menggunakan Menu POS Pada penjualan

20-10-2017 - Dibaca: 545 kali.
Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai.Fitur ini membantu kasir untuk menghitung total harga barang  dengan cepat sehingga customer tidak menunggu lama untuk pembayaran
Baca selengkapnya...

Membuat Akun Kas pada Sistem ERZ4P

23-07-2018 - Dibaca: 279 kali.
Akun Kas atau cash account yaitu akun yang berisi perincian jumlah uang kas yang masuk ataupun yang keluar, pencatatan ini akan menunjukkan sisa uang kasyang harus ada.
Baca selengkapnya...

Menginputkan data produk/bahan, membuat data suplier dan sales pada ERZ4P

31-10-2017 - Dibaca: 345 kali.
Usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup
Baca selengkapnya...

Mentransfer Dana Antar Kas Dan Bank

25-10-2017 - Dibaca: 692 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada transfer dana dari kas ke bank dengan menggunakan fitur transaksi kas yang terdapat pada menu.
Baca selengkapnya...

Contact

(0361) 467 603

info@erzap.com

Mengatur Hutang Pembelian & Piutang Penjualan - ERZ4P Software Program Kasir Toko dengan Akuntansi dan POS Android

hutang piutang, tunai, cek dan giro

Hutang adalah sesuatu yang dipinjam oleh seseorang atau badan usaha yang biasanya berbentuk materi, uang ataupun jasa.