Tutorial Membuat Akun Bank Pada ERZAP

23-07-2018 16:59:04, Dibaca: 9070

Tutorial Membuat Akun Bank Pada Erzap

Dalam proses transaksi jual-beli, ada berbagai macam tipe pembayaran seperti tunai maupun non-tunai dengan memilih akun bank tertentu sebagai penentu arus kas masuk maupun keluar.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci langkah-langkah untuk membuat akun bank pada Erzap. Mulai dari pengaturan dasar cara membuat akun bank hingga konfigurasi yang lebih kompleks, kami akan memberikan panduan yang mudah dipahami dan praktis.

Dengan tutorial ini, Anda akan mampu mengintegrasikan akun bank ke dalam Erzap dengan lancar dan efektif, memberikan keuntungan tambahan dalam pengelolaan keuangan perusahaan Anda.

Adapun Isi Tutorial sebagai berikut : 

Daftar Isi :
1. Membuat Akun Bank
2, Manajemen Data Akun Bank
3. Penerapan Penjualan Dengan Akun Bank

1. Membuat Akun Bank

Untuk membuat Akun Bank, Anda dapat mengakses menu Akunting, pilih Akun dan klik Buat Akun Bank.

Anda akan masuk ke menu Perubahan Akun Bank, dan tertera beberapa kolom yang wajib di-isikan sebagai berikut

  1. Outlet : Pilihlah Outlet dimana Akun Bank ini berada (jika lebih dari 1 Outlet)
  2. Kode : Kode untuk pengelompokan pada Akunting, dan akan generate secara otomatis
  3. Nama Akun : Nama dari Akun Bank
  4. Opsi : Adapun beberapa Opsi yang akan di centang sesuai kebutuhan
    1. Digunakan di Penjualan : Akun tersebut digunakan pada Penjualan seperti POS WEB, ERZAP POS, dan juga Menu Faktur Penjualan
    2. Digunakan di Pesanan Penjualan : Akun tersebut digunakan pada menu Pesanan Penjualan
    3. Aktifkan : Akun tersebut akan aktif
  5. Nama Bank : Nama dari Bank tersebut
  6. No.Rekening Bank : Nomor Rekening dari Akun Bank tersebut
  7. AN Bank : Atas Nama pemilik Akun Bank tersebut
  8. Keterangan (Opsional) : Isikan keterangan sesuai kebutuhan

Note.
Ketika Opsi "Digunakan di Penjualan" dicentang, maka akan muncul menu Jenis Pembayaran (Khusus Penjualan)di menu tersebut anda dapat mengatur potongan MDR pada Akun Bank tersebut.


Setelah mengisi semua data-data yang diperlukan, klik icon Simpan.


2. Manajemen Data Akun Bank

Untuk melihat data-data dari Akun Bank yang sudah dibuat, Anda dapat akses menu Akunting, pilih Akun, dan klik Manajemen Data.

Anda akan masuk ke halaman Daftar Perkiraan, disini Anda dapat melihat Akun-Akun yang terdaftar serta anda dapat mencari Akun secara spesifik melalui kolom pencarian di bagian kanan halaman.

 


3. Penerapan Penjualan Dengan Akun Bank

Untuk transaksi Penjualan, Anda dapat memakai Akun Bank yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Note.
Di tutorial ini, kami akan memberikan contoh penjualan via faktur penjualan.

Anda dapat akses menu Penjualan, pilih Faktur Penjualan, lalu klik Buat Baru.


 

Anda akan masuk ke halaman Pencatatan Transaksi Penjualan, di menu tersebut Anda dapat mencatat transaksi penjualan dengan menginputkan Outlet PenjualTermin, dan Daftar Barang yang dibeli oleh customer.

Setelah selesai mencatat transaksi penjualan, klik icon Simpan


Dan akan muncul pop-up pembayaran, pilihlah Jenis Pembayaran serta Akun yang terdaftar dan nominal pembayaran dari customer. Ketika selesai memilih Jenis Pembayaran serta Akunnya, klik Proses.

Setelah klik Proses pada pembayaran, akan muncul pop-up Proses Cetak nota tersebut, Anda dapat mencetak nota tersebut melalui printer yang sudah tersambung ataupun melihat nota secara digital dengan cara klik Lihat Nota atau tekan F8 pada keyboard anda.

Berikut adalah Nota Penjualan dari transaksi penjualan tersebut


Sekian artikel untuk Tutorial Membuat Akun Bank Pada ERZAP, Selamat mencoba! Gunakan fitur ini untuk memaksimalkan Efisiensi dan Efektifitas Bisnis anda!

Belum dapat bantuan Sistem yang Cerdas? Klik tombol dibawah untuk Registrasi.

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Tutorial Setting Printer Epson LX untuk Kertas A5

14-12-2023 - Dibaca: 561 kali.
Kecepatan cetak yang tinggi juga membuatnya cocok untuk situasi di mana produktivitas dan efisiensi operasional merupakan faktor kunci. Printer Epson LX sering digunakan dalam sektor keuangan, ritel, dan industri lainnya di mana pencetakan formulir dan dokumen berulang secara efisien sangat diperlukan. Berikut adalah penjelasan mengenai pengaturan Printer LX untuk kertas A5 pada sistem Erzap ERP.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Fitur Stok Keluar

10-03-2020 - Dibaca: 4202 kali.
Untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan Stok seperti yang disebutkan, Erzap menghadirkan Fitur Stok Keluar, yang berfungsi untuk mengurangi Stok diluar penjualan dan otomatis mencatat pembukuan terkait Stok yang berkurang tersebut.
Baca selengkapnya...

Penambahan Harga Jual Berdasarkan Tipe Penjualan : Studi Kasus Penjualan via Go-Food

31-10-2018 - Dibaca: 5034 kali.
Pada ERZ4P anda dapat menambahkan harga jual khusus untuk penjualan via Go-Food tanpa mengubah harga jual asli dengan menggunakan fitur Tipe Penjualan. Pada Tutorial ini kami akan menjelaskan Penambahan Harga Jual Berdasarkan Tipe Penjualan.
Baca selengkapnya...

Penggunaan Hutang Lain dan Piutang Lain ERZ4P

25-10-2018 - Dibaca: 9883 kali.
Hutang dan Piutang merupakan hal yang sudah tidak lazim lagi di dunia bisnis. Sistem ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik Kreditur maupun Debitur. Walapun menguntungkan, hutang dan piutang yang tidak terdata dalam sebuah usaha dapat menyebabkan kondisi keuangan kacau. Tetapi, bila menggunakan Erzap ERP, Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini. Itu dikarenakan sistem Erzap ERP dapat melakukan pencatatan hutang dan piutang secara detail. Jadi pada sistem Erzap ERP, anda dapat menyusun secara terstruktur, menulusuri histori, dan menganalisa data hutang dan piutang dalam bisnis yang anda kelola.
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Surat Penawaran Penjualan pada ERZAP

08-07-2023 - Dibaca: 291 kali.
Surat penawaran merupakan hal yang penting dalam proses bisnis untuk mengajukan tawaran produk atau layanan kepada calon pelanggan atau pembeli. Dalam tutorial ini, kami akan membantu Anda dalam membuat surat penawaran dan langsung terintegrasikan ke penjualan maupun pesanan penjualan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Membuat Akun Bank Pada ERZAP - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Program Cara Membuat Akun Bank Pada ERZ4P

Di dalam proses transaksi pasti kita menggunakan tipe penjualan seperti langsung ataupun tak langsung. Jika langsung maka kita bisa menggunakan tunai, sedangkan tak langsung kita bisa menggunakan kartu kredit ataupun dengan bank. Nah berikut akan dijelaskan cara membuat akun bank dengan sistem ERZ4P. ERZ4P memiliki fitur di dalam membuat akun bank yaitu