Punya Bisnis Manufaktur? Simak Pentingnya ERP bagi Bisnis Anda!

21-04-2022 16:54:41, Dibaca: 1020

PUNYA BISNIS MANUFAKTUR? SIMAK PENTINGNYA ERP BAGI BISNIS ANDA!

Bisnis Manufaktur di Indonesia

Bisnis manufaktur adalah jenis usaha yang mengolah barang mentah menjadi barang jadi. Dilansir dari BPS, jumlah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur di Indonesia baik skala menengah maupun besar berjumlah sekitar 29 ribu perusahaan. Sektor manufaktur merupakan sektor industri yang turut memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia, terlebih selama masa pandemi. Pada kuartal II 2021 lalu, BKPM mencatat kontribusi sektor manufaktur pada 2021 lalu terhadap PDB nasional adalah sebesar 17,34%. Dalam mengelola bisnis manufaktur, dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu pebisnis agar fungsi pengawasan dan kontrol dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif, yakni ERP. ERP adalah software manajemen bisnis yang dapat membantu Anda karena data dari departemen yang berbeda saling terintegrasi sehingga pengawasan dapat dilihat dari back office. Simak pentingnya ERP bagi bisnis Anda berikut ini!

Baca juga Tahapan Produksi Bisnis Manufaktur

ERP untuk Bisnis Manufaktur

1. Kontrol dan Pengawasan Jarak Jauh

Penggunaan sistem ERP dapat membantu Anda untuk mengontrol dan mengawasi proses produksi dari jauh. Hal ini disebabkan oleh data yang saling terintegrasinya antar departemen. Anda cukup mengakses back office dari software ERP yang Anda gunakan ketika ingin memastikan ketersediaan stok barang, perhitungan biaya, pajak dan penjualan serta absensi pegawai.

2. Kelola Inventory Lebih Mudah dan Cepat

Sistem ERP memungkinkan Anda dalam memeriksa persediaan bahan baku, barang setengah jadi, maupun barang jadi dari jauh sehingga Anda tidak perlu repot mengeceknya satu per satu dengan datang ke gudang atau toko. Modul Inventory akan sangat membantu Anda ataupun bagian Gudang untuk mengantisipasi hambatan dalam produksi seperti misalnya bahan baku kurang atau stok habis. Biasanya sistem ERP sudah terhubung dengan mesin POS sehingga ketika ada penjualan, data ketersediaan produk akan otomatis berkurang.

Baca juga  Kelola Inventory Bisnis dengan Sistem ERP

\

3. Modul Produksi bantu Anda Mengawasi Proses Produksi

BOM atau Bill of Materials adalah hal penting yang tidak boleh luput dalam proses produksi. Alasannya, BOM ini menjadi acuan bagi tim produksi karena terdapat informasi produksi seperti daftar kebutuhan bahan mentah dan biaya yang diperlukan. Apabila BOM tidak sesuai, proses produksi dan perhitungan HPP tentu akan terganggu. ERP dalam proses produksi digunakan untuk meminimalisir human error dalam pencatatan BOM karena dalam ERP perhitungan dilakukan secara otomatis setiap kali ada produksi dan penjualan yang terjadi.

4. Memudahkan Manajemen SDM

Pada sistem ERP, Anda dapat menemukan modul pegawai yang berisikan data absensi pegawai. Anda dapat mengatur shift kerja pegawai, bonus, denda, upah lembur, dan berbagai keperluan pegawai lainnya melalui data yang ada di sistem. Perhitungan gaji pegawai menjadi lebih cepat karena secara otomatis dihitung oleh sistem ketika pegawai melakukan absensi.

Baca juga Tingkatkan Produktivitas Karyawan untuk Kelangsungan Bisnis Anda

5. Laporan Keuangan Tersusun Otomatis Dalam memilih ERP

Anda perlu memperhatikan apakah software ERP tersebut juga dilengkapi dengan modul Akuntansi. Software ERP yang telah dilengkapi modul Akuntansi akan sangat membantu Anda dalam melakukan pembukuan atau pencatatan laporan keuangan karena Anda tidak perlu menghitung dan memasukkan satu per satu akun ke dalam laporan.

Baca juga Solusi Pencatatan Keuangan yang Cepat. Lengkap dan Akurat untuk Bisnis Anda

KELOLA BISNIS MANUFAKTUR DENGAN ERZAP

Memahami kebutuhan pebisnis, ERZAP ERP telah dilengkapi dengan berbagai modul yang dapat Anda manfaatkan guna memudahkan manajemen bisnis manufaktur Anda. Adapun modul ERZAP yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, antara lain:

  1. Modul Akuntansi yang lengkap dan sesuai dengan SAK (Standar Akuntansi Keuangan) untuk mempermudah Anda membuat Laporan Keuangan

  2. Modul Inventory yang dilengkapi perhitungan stok otomatis, stok opnam, rekap stok, produksi barang, multi gudang, dan menu lainnya untuk mengecek persediaan di berbagai outlet, gudang, dan cabang toko terpisah

  3. Modul CRM untuk mengelola pelanggan Anda sekaligus mengatur customer loyalty program 

  4. Modul Payroll mempermudah Anda mengurus data pegawai, absensi dan komponen gaji lainnya sehingga menghemat waktu Anda memproses gaji pegawai

  5. Modul Promosi membantu Anda dalam mengatur promosi toko baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang

  6. Modul Pembelian untuk mencatat data pembelian barang dari supplier dan pembelian konsinyasi 

  7. Modul Penjualan yang terhubung dengan mesin POS dan mencatat data penjualan. Modul penjualan ERZAP juga dilengkapi dengan faktur pajak sehingga Anda dapat mengurus pajak penjualan melalui ERZAP juga.

 

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

Melakukan Proses Multi Outlet Pada ERZAP

10-11-2017 - Dibaca: 5936 kali.
Proses multi outlet di ERZ4P meliputi pada bagian - bagian berikut : Melakukan Penjualan Produk, Melihat Grafik Penjualan Produk, Melihat Laba Rugi Penjualan
Baca selengkapnya...

Punya Bisnis Tempat Makan? Berikut Ini Pajak yang Harus Anda Ketahui!

03-01-2022 - Dibaca: 2608 kali.
Punya Restoran di Bali? Dapatkan software ERP ERZAP untuk manajemen bisnis Anda! Sudah terintegrasi dengan sistem Akunting dan POS.
Baca selengkapnya...

Jangan Sampai Terlewat! Ini 7 Produk Terlaris saat Natal!

20-12-2022 - Dibaca: 1599 kali.
Natal dan pergantian tahun 2023 sudah semakin dekat. Yuk, manfaatkan momen ini untuk meningkatkan penghasilan Anda!
Baca selengkapnya...

Penerapan Konsinyasi Penjualan pada Erzap

30-10-2017 - Dibaca: 14192 kali.
Berikut adalah tutorial penerapan sederhana ERZ4P pada industri fashion yang dimana user dapat melakukan sistem konsinasi pada penjualan
Baca selengkapnya...

Tutorial Ringkas Penulisan Nama Produk Pada Nota Penjualan

06-05-2023 - Dibaca: 1196 kali.
Nama produk memiliki beragam fungsi penting dalam bisnis. Fungsi utama dari nama produk dari sisi pelaku bisnis adalah untuk mempermudah pencarian data produk dalam sistem inventori. Penulisan nama produk secara detail seperti nama, warna, ukuran serta keterangan lain seperti kode khusus akan sangat membantu manajemen dalam melakukan pencarian dan mendapatkan data secara cepat. Namun sering kali pelanggan atau pembeli tidak memerlukan penulisan nama yang detail pada nota pembelian.
Baca selengkapnya...

Punya Bisnis Manufaktur? Simak Pentingnya ERP bagi Bisnis Anda! - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

ERP, Manufaktur, Produksi, Bisnis Manufaktur, ERP Manufaktur

Anda punya bisnis manufaktur dan sedang mempertimbangkan ERP? Simak pentingnya ERP bagi bisnis Anda di sini!