Pentingnya Implementasi Akunting Bagi Usha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

29-08-2022 22:50:00, Dibaca: 926

Free US Dollar Bills Stock Photo

Apakah Implementasi Akuntansi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Itu Penting?

Kata akuntansi berasal dari bahasa inggris, yaitu accounting, yang artinya menghitung. Orang yang melakukan kegiatan akuntansi disebut dengan Akuntan. 

Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi merupakan proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak yang menggunakan informasi tersebut.

Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian yang setidaknya bersifat finansial dan penafsiran hasil-hasilnya. 

Secara umum, akuntansi merupakan suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli dalam bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. 

Bagaimana Pentingnya Implementasi Akuntansi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah?

Free A Person Holding Black Desk Calculator Stock Photo

Saat ini, pemerintah tengah menggencarkan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). UMKM berpotensi membangun ekonomi nasional yang kuat, karena UMKM memiliki jumlah yang sangat banyak, dan merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) serta penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia. Namun, para pelaku sering kali tidak mengimplementasikan dengan melakukan pencatatan akuntansi, karena pada umumnya mereka merasa bahwa pencatatan akuntansi cukup sulit untuk dilakukan dalam sebuah usaha kecil serta memakan uang dan waktu yang cukup banyak. Sedangkan, pencatatan akuntansi sendiri memiliki dampak yang besar bagi UMKM ke depannya. Berikut akan dijelaskan mengenai pentingnya implementasi dengan melakukan pencatatan akuntansi bagi UMKM; 

  1. Pengimplementasian yang dilakukan dengan pencatatan akuntansi sangat penting dilakukan pada sebuah usaha, baik usaha kecil, menengah, maupun besar, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pengimlentasian akuntansi yang diimplementasikan dengan melakukan pencatatan dilakukan agar tidak terjadi hilangnya modal akibat menggunakan uang hasil usaha untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan aktivitas operasional usaha.
     
  2. Adanya pengimplementasian yang dilakukan dengan pencatatan akuntansi, maka seluruh bukti transaksi usaha dapat dicatat dengan baik dan terstruktur sehingga dapat membuat usaha menjadi lebih berkembang.
     
  3. Pengimplementasian dengan melakukan pencatatan akuntansi juga memiliki manfaat bagi berbagai pihak. Bagi pihak internal, laporan keuangan dari hasil pencatatan akuntansi dapat digunakan sebagai alat pengendali (pengontrol) keuangan. Adanya pencatatan akuntansi perusahaan dapat dengan mudah mengontrol beban (biaya) pengeluaran dari aktivitas operasional usaha.
     
  4. Pengimplementasian akuntansi ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengalokasikan dana secara tepat. Tanpa adanya pengimplementasian akuntansi, maka para pelaku UMKM akan mengalokasikan dana sesuai keinginan sendiri sehingga dapat menimbulkan kerugian dalam suatu usaha.
     
  5. Laporan keuangan dari hasil pengimplementasian yang dilakukan dengan pencatatan akuntansi juga dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengetahui laba/rugi dan kondisi usaha. Jika mengetahui laba/rugi serta kondisi usaha, maka para pemilik UMKM dapat menganalisis penyebab laba/rugi usaha tersebut. 

Baca Juga Rahasia Penjualan Stabil, Yuk Cari Tahu Tentang Customer Retention!

Bagaimana Implementasi Akuntansi Pada ERZAP

Erzap merupakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang juga sebagai implementasi akuntansi menyediakan fitur akuntansi yang terintegrasi yang mencatat seluruh aktivitas keuangan secara otomatis, seperti dari pembelian stok, manajemen stok, hingga penjualan produk semua akan tercatat secara otomatis oleh fitur akuntansi yang terintegrasi ini. Sehingga fitur ini sangat membantu para pelaku UMKM dalam melakukan sebuah usaha, seperti mengalokasikan dananya secara tepat dan tidak mengalami kerugian dalam suatu usaha, fitur ini juga dapat membantu pelaku UMKM mengetahui laba/rugi serta kondisi usaha, disamping itu fitur ini juga membantu mencatat seluruh bukti transaksi dengan baik dan terstruktur sehingga dapat membuat usaha menjadi lebih berkembang. 

Ketahui Melihat Laporan Buku Besar dan Melihat Laporan Pada ERZAP 

Tertarik mengetahui lebih lanjut? Ayo daftar sekarang!

Free Trial 14 Hari tanpa Kartu Kredit

 

 

 

 

 

Tutorial Manajemen Penempatan Barang Pada Rak Erzap ERP

12-01-2024 - Dibaca: 439 kali.
Manajemen penempatan barang pada rak adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian penataan serta penyusunan barang atau produk pada rak atau penyimpanan di suatu tempat. Tujuan dari manajemen penempatan barang pada rak adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam penyimpanan, pengambilan, dan pengelolaan barang. Erzap ERP menghadirkan solusi dengan pengembangan fitur manajemen penempatan barang pada rak, memberikan klien-klien Erzap kemampuan untuk secara efisien merencanakan, mengorganisir, dan mengendalikan penempatan serta penyusunan barang di dalam sistem.
Baca selengkapnya...

Menginputkan data produk/bahan, membuat data suplier dan sales pada ERZ4P

31-10-2017 - Dibaca: 6866 kali.
Usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup
Baca selengkapnya...

Ingin Tahu Mengenai Laporan Laba Rugi?

09-09-2022 - Dibaca: 1248 kali.
Laporan laba rugi (income statement atau profit and loss statement) merupakan laporan finansial suatu perusahaan dalam periode tertentu yang berisikan data-data pendapatan serta beban yang ditanggung oleh perusahaan yang kemudian menghasilan laba/rugi bersih suatu perusahaan.
Baca selengkapnya...

Tutorial Laporan Neraca Saldo Erzap ERP

17-10-2023 - Dibaca: 578 kali.
Neraca saldo adalah dokumen penting dalam bidang akuntansi yang memberikan gambaran tentang posisi keuangan suatu entitas pada suatu titik waktu tertentu. Sebagai sistem ERP terintegrasi, Erzap ERP menghadirkan format lengkap pembukuan serta pencatatan keuangan sehingga Anda tidak perlu lagi mengelola banyak data secara manual pada setiap akhir periode. Dengan adanya laporan neraca saldo yang otomatis terstruktur, pemangku kepentingan dapat membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan data keuangan yang akurat dan terperinci, memberikan dasar yang kuat untuk strategi bisnis yang efisien dan berkelanjutan.
Baca selengkapnya...

Pembayaran Hutang & Piutang menggunakan Cek/Giro Mundur

03-04-2019 - Dibaca: 27056 kali.
Tutorial berikut menjelaskan cara membayar hutang & piutang menggunakan Cek/Giro mundur
Baca selengkapnya...

Pentingnya Implementasi Akunting Bagi Usha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) - ERZAP - SISTEM ERP TERINTEGRASI

Akuntansi, Implementasi Akuntansi, Penulisan Akuntansi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM)

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. Saat ini, pemerintah tengah menggencarkan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). UMKM sendiri berpotensi membangun ekonomi nasional yang kuat karena jumlahnya sangat banyak, dan merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) serta penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia. Namun, para pelaku UMKM sering kali tidak mengimplementasikan dengan melakukan pencatatan akuntansi karena umumnya mereka merasa bahwa pencatatan akuntansi cukup sulit untuk dilakukan dalam sebuah usaha kecil serta memakan uang dan waktu yang cukup banyak. Padahal, pencatatan akuntansi sendiri memiliki dampak yang besar bagi UMKM ke depannya.